Comscore Tracker

Diet Anti Gagal dan Latihan Efektif dengan Personal Trainer

Mendongkrak motivasi juga menghindari risiko cedera

Samarinda, IDN Times-Rencana untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran biasanya akan berlangsung suam-suam kuku. Apalagi buat mereka yang punya aktivitas sangat padat, pasti akan menyerah di tengah jalan.

Akhirnya skema diet pun gagal total dan pola hidup sehat tertunda. Jika demikian, ada baiknya Anda yang hendak diet untuk menggunakan personal trainer (PT) atau pelatih pribadi. PT bisa Anda jumpai di pusat kebugaran, mereka bertugas untuk memotivasi dan melancarkan kegiatan olahraga.

"Motivasi saat diet sangat diperlukan. Selain dari orang terdekat, Anda perlu PT untuk mengatur pola hidup sehat secara benar serta secara konsisten beri semangat. Namun perlu diingat, ya, motivasi dari PT juga akan mental kalau dalam diri sendiri tidak kuat tekad untuk sehat," ungkap Ayunda Ramadhani, dosen psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. 

1. Memperkuat motivasi, olahraga jadi semangat

Diet Anti Gagal dan Latihan Efektif dengan Personal Trainerpixabay/blackmachinex

Peran seorang trainer kala olah fisik berpengaruh besar terhadap keberhasilan yang hendak dicapai. PT tidak hanya memotivasi, tetapi juga memacu semangat kliennya untuk bisa memiliki badan atletis dan gaya hidup yang sama dengan dia.

"Setiap bertemu, bisa terus menginspirasi. Jadinya punya role model yang nyata setiap kali olahraga. Mereka juga pasti beri arahan teknik yang benar dan terstruktur. Banyak sekali manfaat PT itu,” sambungnya.

Tetapi Ayunda mengingatkan untuk tidak tergesa-gesa menanti turunnya berat badan. Karena akan membuat Anda patah semangat jika berat tidak kunjung turun seperti yang diharapkan.

"Keberhasilan itu relatif dan berbeda-beda. Tidak perlu iri melihat orang lain berhasil dan Anda belum. Fokus dengan tujuan sendiri,” terangnya.

Salah satu faktor keberhasilan dipengaruhi oleh lingkungan. Akan tetapi, kata dia, faktor internal tidak kalah penting. Misalnya PT dan sang kekasih mendukung sepenuhnya agar rajin berolahraga tetapi kemalasan dalam diri cukup besar, maka akan  percuma.

Saat semangat dalam diri kuat dan orang sekitar mendukung penuh, maka keberhasilan untuk punya badan ideal dan pola hidup sehat bisa didapat.

Baca Juga: 5 Channel YouTube Fitness Ini Bisa Bantu Kamu Rajin Olahraga di Rumah

2. Jangan anggap remeh peran trainer

Diet Anti Gagal dan Latihan Efektif dengan Personal Trainercoachmag.co.uk

Kemudian, selain motivasi Anda juga mendapat manfaat lain dari seorang PT yakni membantu  memilih dan mengatur pola makan sesuai anjuran dokter dan kondisi tubuh. Kemudian menjaga postur tubuh agar presisi saat menggunakan alat olahraga di tempat pusat kebugaran.

"Seringkali beberapa orang pergi nge-gym tetapi belum tahu betul cara menggunakannya dengan benar. Hingga hal ini menyebabkan risiko cedera cukup besar," ungkap Eddy Calter pelatih di Rai Fitness Samarinda.

Dia menyayangkan beberapa orang menganggap remeh peran personal trainer saat memutuskan untuk berolahraga di pusat kebugaran. Selain karena biaya dianggap mahal, isu-isu negatif seperti tidak berhasil terkadang jadi alasan. Dia menjelaskan, bagi sebagian orang mengira bila fitness membuat badan menjadi kaku dan rentan cedera.

"Bagi perempuan, mereka takut berotot atau jadi kekar, padahal itu semua tidak benar," lanjutnya.

3. Diet berhasil tiga kali lebih cepat dengan pelatih pribadi

Diet Anti Gagal dan Latihan Efektif dengan Personal Traineronlymyhealth.com

Padahal, lanjutnya, dengan fitness perempuan dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih bugar dan otot-otot kencang, pinggang mengecil, tubuh terlihat ideal. Apalagi mereka memiliki siklus menstruasi, hormon testosteron yang sedikit dan juga bereproduksi. 

"Itu semua membuat tubuh  wanita akan lebih mudah melemah, otot jadi kendor, elastisitas kulit menurun, metabolisme  juga rendah, dan sebagainya. Makanya perlu fitness teratur," sebut Eddy.

Selain mitos tadi, biaya menjadi alasan untuk tidak menggunakan trainer saat nge-gym. Padahal harga yang dikeluarkan untuk sebulan hanya Rp 700 ribu sampai Rp 2 juta per bulan. Hasil yang didapat akan sebanding. Dengan olah fisik gym bersama trainer, Anda dapat mencapai keberhasilan 3-4 kali lipat daripada saat melakukan latihan sendiri. "Jadi, jangan ragu atau takut. Kami pasti kasih yang terbaik untuk klien," tutupnya.

Baca Juga: Waspada, Peralatan Gym Ternyata Jadi Tempat Bersarangnya Kuman!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya