Comscore Tracker

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelas

Kebiasaan sepele bisa bikin telinga terganggu

Telinga merupakan anggota tubuh yang seringkali luput dari perhatian. Padahal organ yang satu ini juga perlu untuk dirawat. Jika salah perlakuan, bisa-bisa pendengaran jadi terganggu.

Di Amerika sendiri berdasarkan advancehearing.com, dua dari 10 orang dewasa di sana mengalami gangguan pendengaran. Itu berarti sekitar 38 juta warga Amerika sana memiliki pendengaran yang tidak sempurna. Tentu saja banyak hal yang menyebabkan hal itu, tetapi setidaknya ada enam penyebab umum selain penuaan yang dapat terjadi pada keseharian kita.

1. Sering korek kuping

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelashealth.heraldtribune.com

Telinga terasa gatal atau tak nyaman, seringkali membuat kita ingin mengoreknya dengan cotton bud atau benda lainnya.

Dengan menggunakan korek kuping atau objek apapun untuk membersihkan telingamu itu sangatlah berbahaya dan dapat melukai gendang telinga. Hal ini sangat menyakitkan dan dapat mempengaruhi pendengaranmu.

Baca Juga: 10 Cara Simpel Meredakan Ngilu Sakit Gigi

2. Obat

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelasunsplash.com/simonevdk

Gangguan pendengaran ternyata bukan hanya disebabkan dari luar tetapi juga dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Dinamakan obat ototoxic, gejala yang kamu peroleh adalah mendapatkan vertigo dan tinnitus. Dalam beberapa waktu pendengaran dapat pulih kembali setelah tidak lagi mengonsumsi obatnya, akan tetapi beberapa dapat mengakibatkan gangguan permanen.

3. Merokok

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelasunsplash.com/deskfire

Terdapat substansi-substansi berbahaya yang ada di rokok, seperti nikotin. Hal itu termasuk oxotoxic yang dapat mengganggu pendengaranmu. Bahkan sekitar 70 persen orang yang merokok memiliki risiko lebih besar untuk kehilangan pendengaran ketimbang non-perokok.

Baca Juga: 10 Cara Simpel Meredakan Ngilu Sakit Gigi

4. Kotoran telinga

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelasyoutube.com Countdown Kingdom

Kotoran telinga yang menumpuk adalah salah satu penyebab umum gangguan pendengaran. Penumpukan ini diakibatkan karena telinga yang tidak dibersihkan.

Untuk mengeluarkan kotoran-kotoran telinga tersebut bisa digunakan obat. Namun untuk yang terbaik, ada baiknya melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter untuk mendapatkan pembersihan yang lebih aman dan maksimal.

5. Headphone

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelasunsplash.com/mehdizadeh

Berdasarkan data dari World Health Organisation (WHO), musik bervolume keras adalah salah satu yang menyebabkan kualitas pendengaran berkurang. Semakin keras volume yang didengarkan, maka semakin pendek pula waktu untuk mendengarkannya.

Contohnya adalah ketika kamu mendengarkan musik dengan volume 60 persen, maka kamu harus mengatur jadwal untuk hanya mendengarkan musik selama 60 menit. Tetapi apabila kamu mendengarkan musik dengan volume maksimum, sebaiknya kamu hanya mendengarkan lima menit per hari saja.

6. Film bioskop

Jangan Abaikan, Ini 6 Penyebab Telinga Tak Bisa Mendengar dengan Jelasunsplash.com/felixmooneeram

Berdasarkan laporan Ear, Nose and Throat Journal, ditemukan bahwa suara-suara yang ada di bioskop ternyata dapat mengurangi kualitas pendengaran. Pernah tercatat tingkat suara tertinggi datang dari film Transformers (133.9 dBA), License to Wed (129.1 dBA) dan The Simpsons Movie (128.6 dBA). FYI, 130 dBA itu setara dengan suara mesin jet dan menariknya dua film tersebut justru mengincar penonton anak-anak.

Kalau kamu merasa kuping gak enak dan sering terdengar suara kresek-kresek dari dalam telinga, bisa jadi itu gejala kamu mengalami gangguan pendengaran karena penyebab-penyebab di atas atau hal lainnya. Segera periksakan dirimu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 7 Hal Ini Bisa Memicu Serangan Jantung 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya