Comscore Tracker

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmu

Apakah ada tanda-tanda ini di tanganmu?

Tubuh kita bisa menunjukkan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan, salah satunya adalah tangan. Telapak tangan terus berubah mengikuti umurmu yang semakin menua. Perubahan pada telapak tangan itu juga menjadi petunjuk akan adanya gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuhmu.

Dilansir The Bright Side, inilah beberapa perubahan yang bisa kamu amati pada tanganmu, sekaligus kemungkinan penyakit yang bisa didapatkan.

1. Telapak tangan berwarna merah

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmumedicalnewstoday.com

Merahnya telapak tanganmu bisa jadi kamu ada masalah dengan livermu. Dalam kondisi normal, warna merah tersebut hanya terletak pada bagian bawah, dekat pergelangan tangan. Warna merah ini juga bisa merambat hingga jari.

Gejala lainnya adalah warna merah tersebut tampak seperti ruam dan ketika kamu menekan area merah tersebut, warnanya akan berubah menjadi pucat. Selain masalah liver, perubahan hormon dan rheumatoid arthritis juga bisa menjadi penyebab hal tersebut.

2. Telapak tangan yang berkeringat

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmuasiaone.com

Kasus ini bisa dikarenakan kamu memang memiliki organ yang mampu memproduksi keringat berlebih, stres  atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Antiperspirant bisa jadi solusi untuk hal ini. Batasi pula konsumsi alkoholmu dan cobalah untuk bisa mengontrol tingkat stresmu. Meditasi juga bisa menjadi kunci mengatasi hal ini.

3. Tangan yang tidak sensitif dan terasa kesemutan

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmulivingwellmn.com

Untuk orang yang terbiasa bekerja dengan komputer, kasus ini sering terjadi karena saraf sensoris di area tangan tersebut terjepit dalam waktu lama. 

Namun untuk kasus lain, gejala tersebut bisa jadi dikarenakan kamu mengalami masalah anemia, diabetes, sindrom carpal tunnel dan kondisi serius lainnya. Jika kamu sering mengalami hal macam ini tanpa alasan yang jelas, segeralah ke dokter.

4. Tangan kering

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmucna.plus

Tangan kering bisa dikarenakan kurangnya cairan di tubuhmu, alias kamu mengalami dehidrasi. Alasan lainnya adalah masuk ke fase menopause, ketidakefektifan hormon estrogen, hingga kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Cobalah untuk minum lebih banyak dan gunakan krim pelembap kulit. Jika permasalahannya adalah hormon, datanglah ke dokter dan mintalah mengikuti terapi hormon.

5. Tangan gemetar

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmuself.com

Tangan gemetar tentu sangat mengganggu aktivitas, khususnya empat persen orang dewasa di atas 40 tahun. Gejala tangan gemetar tersebut salah satunya adalah karena parkinson.

Namun hal lain yang bisa jadi penyebab tangan gemetar seperti kelenjar tiroid yang overaktif, stres, alkohol dan kafein.

Baca Juga: Kaya Serat, Konsumsi 15 Makanan dan Minuman Ini Bantu Atasi Sembelit

6. Kuku yang retak-retak

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmuyoutube.com Tanya Chaudhary

Retaknya kuku bisa jadi pertanda kurangnya zat besi. Jangan meremehkan hal itu. Zat besi membantumu untuk masalah regenerasi dan penguatan sistem imun. 

Selain itu zat besi juga menjaga indra perasa dan penciumanmu untuk tetap tajam. Ubah pola makanmu dan perbanyak makanan yang mengandung zat besi seperti gandum, kacang-kacangan dan susu serta daging.

7. Jari membengkak

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmubuoyhealth.com

Jangan panik ketika jari-jarimu tiba-tiba berukuran seperti sosis yang sering kamu makan. Jari yang membengkak bisa jadi saat kamu sedang PMS, mengonsumsi terlalu banyak garam, memiliki terlalu banyak cairan tubuh atau dehidrasi. Berhati-hatilah jika bengkak tersebut diikuti rasa pegal,  karena dapat menunjukkan gejala Rheumatoid arthritis.

8. Jari pentung

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmuen.wikipedia.org

Ini juga kondisi jari membengkak, namun bedanya pembengkakan tersebut terjadi pada ujung jari atau kuku. Gejala ini bisa menjadi pertanda adanya kelebihan oksigen di dalam tubuhmu. Bentuk jari yang seperti ini bisa juga menjadi gejala penyakit parah, seperti kanker paru-paru atau bahkan penyakit jantung.

9. Benjolan kuning

Kenali, 9 Tanda di Tangan Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatanmumedicalnewstoday.com

Bisa dikoneksikan dengan tingginya kadar kolesterolmu. Jika kamu memiliki kasus ini dan menggenggam tanganmu, kamu bisa melihat kolesterol yang tersimpan di tangan tersebut. Tanpa adanya penanganan lebih lanjut, kasus ini mampu membunuh penderitanya lewat serangan jantung, karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Itulah sejumlah gejala gangguan kesehatan yang bisa ditunjukkan melalui tangan. Jika mengalami tanda-tanda di atas, ada baiknya segera memeriksakan diri dan mendapatkan penanganan lebih lanjut yang diperlukan.

Baca Juga: Coba Cek, 10 Kondisi Lidah Ini Gambarkan Kondisi Kesehatanmu

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya