Comscore Tracker

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahur

Duh, bisa sebabkan penyakit jantung

Bulan Ramadan ini umat muslim menjalani puasa. Pola makan dan pola tidur pun jadi berubah. Biasanya waktu tidur akan berkurang karena banyak umat yang memanfaatkan waktu lebih banyak untuk ibadah dan bangun lebih awal untuk sahur.

Nah, selesai sahur dan usai menjalankan ibadah salat Subuh, banyak orang yang memilih untuk kembali tidur. Ternyata, kebiasaan ini tak baik, lo. Berikut ini adalah sejumlah risiko kesehatan yang bisa terjadi bila kamu langsung tidur setelah sahur

1. GERD

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi GERD (medanta.org)

Langsung tidur setelah makan bisa membuat makanan yang belum dicerna kembali naik ke kerongkongan. Bila habis makan besar, bangun-bangun kamu akan merasa kembung. Kalau terbiasa begitu, risiko GERD akan meningkat.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam disebabkan oleh gangguan pada otot katup (sfingter) antara lambung dan kerongkongan yang disebut lower esophageal sphincter.

GERD umum dirasakan bila habis makan langsung tidur. Ini karena tubuh belum selesai mencerna makanan. Idealnya, tubuh harus dalam posisi tegak selama proses ini berlangsung.

Gejala GERD meliputi:

  • Sensasi panas yang menusuk di dada atau heartburn
  • Tenggorokan panas
  • Mual
  • Banyak serdawa
  • Sensasi pahit pada mulut

Akibat GERD puasa jadi tidak nyaman. Kamu disarankan untuk menunggu dulu sekitar 3 jam agar makanan dicerna dengan baik, baru tidur.

2. Kualitas tidur terganggu

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi sulit tidur (freepik.com/tirachardz)

Menu makan sahurmu adalah makanan berlemak? Hati-hati, kalau tidur sehabis sahur dengan makanan berlemak, kualitas tidurmu akan terganggu. Memang, sehabis makan umumnya kita mengantuk. Namun, nantinya akan muncul perasaan gelisah, sehingga tidurmu malah tidak nyenyak.

Butuh waktu lebih lama untuk tubuh dapat mencerna makanan padat lemak seperti daging olahan atau gorengan. Oleh karena itu, hindari menu makan yang berlemak, ya, agar tidak memengaruhi kualitas tidur.

Baca Juga: Makanan Nabi Muhammad SAW ketika Sahur dan Berbuka, Menyehatkan

3. Berat badan naik

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah SahurMenimbang berat badan (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

"Jangan tidur sehabis makan, nanti jadi kerbau!"

Bukan berarti kamu berubah jadi kerbau betulan! Hanya saja, memang langsung tidur sehabis makan bisa bikin berat badan naik. Nah, kalau kamu puasa tapi angka timbangan malah bertambah, bisa jadi itu sebabnya.

Penyebabnya adalah karena kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibakar. Ditambah aktivitas fisik yang pasif, langsung tidur usai makan akan menimbun lemak dalam tubuh karena tidak ada pembakaran kalori yang terjadi. Orang-orang dengan riwayat obesitas pun juga rentan.

Penyebab kedua adalah grelin si "hormon lapar". Saat tidur, tubuh memproduksi lebih banyak grelin. Ini ditandai dengan rasa lapar yang dirasakan saat kamu bangun tidur. Akibatnya, di bulan puasa, kamu malah tersiksa menahan lapar, sehingga cenderung makan banyak saat buka puasa. Kalau sudah begitu, berat badan akan naik.

4. Kadar asam lambung meningkat

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilusrasi acid reflux (ercare24.com)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidur sehabis makan terus-terusan bisa mengakibatkan GERD. Hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung karena tubuh belum selesai mencerna makanan. Gejala asam lambung meliputi:

  • Nyeri di sekitar lambung atau perut kiri atas
  • Heartburn

Sekadar informasi, makanan yang kita konsumsi pertama masuk ke tenggorokan, lalu dilumatkan di kerongkongan. Jadi, makanan yang masuk ke lambung sudah bertekstur cair atau pasta. Namun, kalau proses ini tidak selesai, maka makanan masih kasar. Dinding lambung bisa terluka dan memicu asam lambung.

6. Radang tenggorokan

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi radang tenggorokan (freepik.com/freepik)

Salah satu dari gejala lanjutan GERD adalah sensasi panas pada tenggorokan. GERD terjadi lower esophageal sphincter tidak menutup dengan sempurna, sehingga asam lambung naik ke daerah kerongkongan dan tenggorokan.

Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada atau heartburn dan tenggorokan. Bila tidak ditangani secepatnya, maka salah satu gangguan yang terjadi adalah radang tenggorokan.

6. Sembelit

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi sembelit (freepik.com/freepik)

Lambung memerlukan waktu 2-3 jam setelah makan untuk mengosongkan dirinya. Namun, proses ini bisa terhambat bila kamu langsung tidur setelah makan. Bila dibiarkan, maka kamu akan mengalami sulit buang air besar atau sembelit.

Hindari konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan kafein. Sebagai gantinya, masukkan buah-buahan dan sayur pada menu sahur agar pencernaanmu lancar.

7. Penyakit kardiovaskular

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi jantung (nhlbi.nih.gov)

Menuryt American Heart Association (AHA) kebiasaan langsung tidur setelah makan juga berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Dikutip ScienceDaily, AHA mengatakan bahwa makan besar dan langsung tidur dalam waktu kurang dari 2 jam bisa meningkatkan risiko penyakit jantung empat kali lebih besar! Ini karena sepanjang malam, tekanan darah bisa naik, sehingga menyebabkan hipertensi.

Bila hipertensi tetap dibiarkan, maka kondisi ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, strok, hingga kematian dini.

Jadi kapan idealnya tidur setelah sahur?

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi tidur (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Melansir LiveScience, tubuh biasanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencerna dan makanan benar-benar kosong di lambung. Oleh karena itu, jika kamu langsung tidur sebelum waktu itu, pencernaan akan terganggu dan absorpsi nutrisi jadi tidak optimal.

Sebagai saran, isilah jeda waktu tersebut dengan beraktivitas. Setelah salat subuh, kamu bisa mengaji atau melakukan kegiatan lainnya.

Waspadai, 7 Risiko Kesehatan Langsung Tidur setelah Sahurilustrasi sahur (citycentredeira.com)

Konsumsilah makanan tinggi serat seperti buah dan sayur agar pencernaan lancar, dan sebaiknya hindari makanan berlemak seperti makanan yang digoreng atau junk food, atau makanan lainnya yang tinggi kalori yang sulit dicerna.

Itulah sejumlah risiko bahaya langsung tidur setelah sahur. Cobalah lakukan ativitas dan menahan kantuk setelah sahur agar tubuhmu bisa mengolah makanan dengan optimal sehingga tak mengganggu kesehatanmu. Solusi lainnya adalah kamu bisa bangun lebih awal untuk sahur sehingga tubuhmu punya waktu yang cukup untuk mencerna makanan.

Baca Juga: 7 Buah-buahan Favorit Nabi Muhammad SAW, Kaya Gizi dan Manfaat

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya