Comscore Tracker

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudara

Kenali tanda-tandanya dan jangan ragu memeriksakan diri

Kanker payudara merupakan the silent lady killer atau pembunuh diam-diam yang menjadi jenis kanker nomor satu terbanyak diderita oleh perempuan Indonesia. Data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia per Januari 2019, setidaknya 42 dari 100.000 penduduk menderitanya. Tingkat kematian karena kanker tersebut pun cukup tinggi, yaitu 17 per 100.000 orang.

Gejala utama yang bisa terlihat adalah munculnya benjolan pada daerah di sekitar payudara. Namun banyaknya hal yang bisa menjadi penyebab masalah tersebut, terkadang para wanita pun mengabaikannya. 

Untuk itu, kita harus mengetahui apa saja gejala yang berpotensi untuk muncul beriringan dengan benjolan tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Berubahnya tekstur kulit di sekitar payudara

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarathelist.com

Perkembangan sel kanker payudara bisa menyebabkan perubahan pada tekstur kulit. Contohnya adalah area di sekitar puting menjadi kasar, bersisik, dan kemerahan. Atau bisa juga menyebabkan area tertentu terasa lebih tebal daripada lainnya. 

National Cancer Institute menyatakan bahwa pasien juga merasakan adanya perubahan suhu menjadi lebih hangat daripada biasanya. Terkadang kulit juga terlihat seperti terserang eksem. Namun tanda ini tidak dialami semua orang. Hanya penderita kanker payudara langka jenis Paget yang mengalaminya. 

2. Payudara atau puting sering terasa sakit

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarausnews.com

Benjolan yang muncul di sekitar payudara biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun sebagian pasien mengeluhkan hal ini. Rasanya berbeda dengan yang kamu alami saat haid. 

Nyeri yang muncul biasanya disebabkan karena ada tumor yang mendorong jaringan sehat di dalam payudara. Inflamasi karena sel kanker pun dapat menyebabkannya. Maka dari itu, ketika kamu merasakan sakit yang tidak wajar, segera hubungi dokter.

3. Puting mengeluarkan cairan

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarafineartamerica.com

Jika kamu tidak sedang hamil atau menyusui tapi ada cairan yang keluar dari putingmu, kamu patut mencurigainya. Jenis cairannya pun beragam. Mulai dari yang kental, berair, berwarna putih, kuning, hijau, atau bahkan merah.

Mayo Clinic mengatakan hal ini terjadi karena biasanya sel kanker mulai berkembang di area sekitar puting. Akhirnya kelenjar yang memproduksi ASI pun terpengaruh dan mengeluarkan cairan. Walaupun tidak selalu disebabkan oleh kanker, kondisi ini menunjukkan adanya ketidaknormalan pada payudaramu.

4. Kulit terasa seperti kulit jeruk

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarathelist.com

Dilansir dari Cancer.gov, perubahan tekstur kulit payudara adalah tanda bahwa inflamasi sedang terjadi. Sel kanker yang menyebabkannya dapat digolongkan sebagai sel yang agresif. 

Mereka menumpuk cairan getah bening di area payudara sehingga mengakibatkan pembengkakan dan teksturnya berlubang. Dokter biasa menyebut perubahan ini sebagai “peau d’orange” karena penampilannya mirip dengan kulit jeruk.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Kanker Serviks yang Wanita Harus Tahu

5. Perubahan kelenjar getah bening

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudaractfassets.net

Kelenjar getah bening adalah kumpulan jaringan sistem imun yang berfungsi untuk menyaring cairan dan menangkap sel yang berbahaya untuk tubuh. Ketika seseorang memiliki sel kanker, ia akan merasakan pembengkakan pada daerah sekitar ketiak, itu adalah tempat di mana kelenjar getah bening berada. 

Dilansir dari Medical News Today, pembengkakan menandakan bahwa sel kanker sudah mulai menyebar. Kelenjar getah bening adalah tempat pertama yang diinfeksinya. Setelah itu, bagian lain yang kemungkinan terdampak adalah daerah sekitar tulang selangka. 

6. Perubahan berat badan secara tiba-tiba

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarascitecheuropa.eu

Menurut American Cancer Society, kenaikan dan penurunan berat badan yang mendadak dan tidak ada sebabnya adalah tanda awal dari kanker. Walaupun perubahan tersebut kemungkinan tidak berhubungan dengan kanker, kamu harus tetap waspada.

Coba telusuri lagi adakah kebiasaan makan atau aktivitas fisik yang mungkin menyebabkannya. Jika tidak, kamu harus amati gejala-gejala lain yang mengiringinya.

7. Inversi pada puting

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarapregnology.com

Kanker payudara bisa menyebabkan perubahan sel-sel yang ada di dalam puting. Pada sebagian kasus, puting akan mengalami pembalikan sehingga masuk ke dalam payudara atau yang dikenal sebagai inversi. Perubahan ini juga biasa dialami wanita yang sedang haid. Namun ketika kamu menyadari adanya ketidakwajaran, kamu harus mengamati gejala lain yang muncul.

8. Masalah pada pencernaan

Perempuan Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Kanker Payudarathelist.com

Konstipasi adalah masalah yang normal dan umum dialami semua orang. Namun dalam beberapa kasus ini juga bisa menjadi tanda dari perkembangan sel kanker di dalam tubuh, termasuk kanker payudara. 

Dilansir dari jurnal yang dipublikasikan oleh PubMed Central tahun 2010, konstipasi dan masalah pencernaan bisa disebabkan oleh naiknya tingkat estrogen, salah satu faktor risiko kanker payudara.

Perempuan yang buang air besar setidaknya tiga kali dalam sehari punya risiko kanker payudara yang lebih rendah dibanding yang mengalami sembelit.

Baca Juga: Ketahui 7 Fakta Fibroadenoma, Tumor Jinak di Payudara 

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You