Comscore Tracker

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Ini

Dari penyakit jantung hingga GERD

Puasa Ramadan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Para ilmuwan pun berupaya meneliti dampak puasa terhadap tubuh manusia. 

Sejauh ini, ibadah tersebut terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tingkat stres, menurunkan berat badan, hingga memperbaiki pencernaan. Namun, ternyata tidak sampai di situ saja. Sejumlah studi menemukan bahwa puasa bisa mencegah atau bahkan membantu mengatasi penyakit tertentu. 

Tiga aspek kesehatan yang penting ini bisa dikontrol melalui puasa

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi Ramadan (freepik.com/freepik)

Sebelum membahas topik ini secara lebih lanjut, kamu harus tahu bahwa puasa mampu mengontrol tiga aspek kesehatan yang penting, yaitu tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. 

Dengan menjalankan puasa, kondisi tekanan darah, gula darah, dan kolesterol lebih terjaga dan stabil. Hal ini menjadi temuan dari banyak penelitian medis di seluruh dunia. Jika ketiga aspek itu telah diperbaiki melalui puasa, ada sejumlah penyakit yang bisa dicegah. Berikut ini di antaranya!

1. Penyakit jantung

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi jantung (heart.org)

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Namun, ternyata kamu bisa mencegahnya dengan berpuasa. Studi tahun 2019 yang dilakukan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berjudul "The Benefits of Fasting to Improve Health Conditions and to Prevent Cardiovascular Disease" menyatakan demikian. 

Menurut penelitian tersebut, puasa bisa menyehatkan jantung karena memperbaiki sejumlah kondisi tubuh. Di antaranya menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kondisi pembuluh darah, serta menurunkan kolesterol jahat. Jika semua tanda vital itu baik, risiko penyakit jantung akan menurun dengan sendirinya. 

Studi ini juga membuktikan bahwa puasa bisa memperbaiki kondisi pasien penyakit jantung. Caranya sama, yaitu dengan menstabilkan aspek-aspek yang disebutkan di atas.

2. Stroke

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi stroke (healtheuropa.eu)

Stroke merupakan serangan yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu. Umumnya, hal ini diakibatkan oleh penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Lagi-lagi, ternyata puasa bisa menurunkan risiko kita mengalami kondisi tersebut. 

Studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSCM berjudul "Fasting Can Prevent Various Chronic Disease" mengatakan bahwa puasa mampu meregulasi faktor pemicu stroke hingga risikonya bisa diminimalkan. Mulai dari tekanan darah, tingkat kolesterol, kondisi pembuluh darah, hingga kebiasaan merokok.

Baca Juga: Waspadai 8 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Kelamaan, Yuk Bergerak!

3. Obesitas

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi obesitas (freepik.com/jcomp)

Puasa yang dijalankan dengan baik dapat mencegah obesitas. Hubungan keduanya cukup jelas. Dengan menjalankan puasa, jumlah kalori yang masuk ke tubuh bisa dipangkas asalkan tidak makan berlebihan saat sahur dan buka puasa. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients tahun 2019 menyatakan bahwa puasa Ramadan mampu menurunkan berat badan secara signifikan. Ibadah tersebut juga bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Selain itu, penurunan berat badan dan massa lemak ini lebih signifikan pada orang-orang dengan obesitas. Artinya, bukan hanya mencegah, puasa juga bisa memperbaiki kondisi kelebihan berat badan. 

4. Diabetes

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi cek gula darah (pexels.com/Artem Podrez)

Poin yang satu ini berhubungan erat dengan poin ketiga. Benar, obesitas merupakan salah satu faktor pemicu diabetes yang paling utama. Jika puasa bisa memperbaiki kondisi tersebut, maka risiko penyakit ini pun menurun. Terlebih seperti yang dipaparkan di atas, puasa juga bisa menekan tingkat gula darah. 

Akan tetapi, pasien diabetes harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu saat ingin berpuasa. Dilansir Diabetes UK, pasien yang sedang mengonsumsi obat penurun gula darah berisiko mengalami hipoglikemia saat berpuasa. Tubuh bisa lemas, gemetar, berkeringat, dan kehilangan keseimbangan.

5. Maag dan GERD

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi sakit maag (pexels.com/Polina Zimmerman)

Cukup mengejutkan, tetapi puasa bisa membantu mencegah maag dan GERD. Tak hanya itu, ibadah ini juga mampu memperbaiki kondisi penderita kedua penyakit asam lambung tersebut. 

Studi dalam Acta Medica Indonesiana, The Indonesian Journal of Internal Medicine tahun 2016 menemukan bahwa pasien GERD yang berpuasa mengalami keluhan yang lebih ringan daripada yang tidak. Ternyata puasa bisa memperbaiki kondisi asam lambung agar normal, tidak berlebihan. Ini terjadi karena beberapa hal, di antaranya:

  • Puasa mendorong kita untuk makan dengan teratur;
  • Saat berpuasa, keinginan untuk mengonsumsi makanan pemicu asam lambung menurun. Misalnya makanan pedas, bersantan, dan yang mengandung gas;
  • Kebiasaan merokok diminimalkan;
  • Stres oksidatif menurun;
  • Diri tidak mudah emosi dan stres, keduanya bisa memicu peningkatan asam lambung.

6. Penyakit lain yang bisa dicegah dengan berpuasa

Puasa Ramadan Bermanfaat Cegah dan Atasi 6 Penyakit Iniilustrasi pasien osteoporosis (yourhealth.net.au)

Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa penyakit lain yang bisa dicegah atau diturunkan risikonya dengan berpuasa. Berikut ini di antaranya:

  • Osteoporosis;
  • Hipertensi;
  • Artritis atau radang sendi;
  • Kanker. 

Itulah manfaat puasa Ramadan yang ternyata bisa mengatasi dan mencegah beberapa penyakit. Tidak hanya mendapatkan pahala, tubuh pun makin bugar. Semoga kamu tetap semangat berpuasa, ya!

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa di Bulan Ramadan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya