Comscore Tracker

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuan

Waspadai tanda-tanda ini

Seringkali penyakit berbahaya tak terlihat gejalanya. Sebagian muncul dalam gejala ringan seperti pusing, kembung, atau sakit pada bagian tubuh tertentu. Akibatnya banyak orang memilih mengabaikan tanda-tanda tersebut dan menganggap bahwa ini hal yang biasa terjadi.

Padahal jika gejala tersebut dibiarkan, penyakit akan bertambah parah. Sebab tidak ada penanganan lebih lanjut dilakukan. Berikut ini beberapa tanda pada perempuan yang bisa mengindikasikan beragam penyakit serius.

1. Kembung

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuan101-tips.com

Kembung dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari keracunan, asam lambung, hingga tanda menstruasi.

Namun ternyata kembung yang berkelanjutan merupakan gejala awal dari kanker ovarium. Terlebih lagi jika diikuti oleh gejala lain seperti penurunan berat badan dan pembengkakan pada perut.

2. Penurunan berat badan yang drastis

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuanmarketwatch.com

Gejala ini bisa menandakan bahwa seseorang terserang penyakit tiroid yang pada umumnya memang terjadi pada perempuan. Salah satu gejalanya yang sering diremehkan adalah penurunan berat badan. Apalagi jika hal ini terjadi pada wanita yang sedang diet.

Tidak hanya penyakit tiroid, penurunan berat badan juga bisa menjadi tanda berbagai kanker. Misalnya kanker ovarium, pankreas, dan paru-paru.

3. Kaki tertidur

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuanakamaized.net

Kaki tertidur adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kaki yang mendadak lemas hingga mati rasa. Pada umumnya kaki tertidur disebabkan oleh sirkulasi darah yang kurang baik. Namun ternyata ini merupakan salah satu gejala dari multiple sclerosis, yaitu kondisi imun yang memengaruhi sistem saraf pusat.

Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Mengalami Nyeri Haid Berlebihan

4. Pendarahan organ vital

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuantalesfromthecrib.be

Sebagian perempuan sulit mengidentifikasi pendarahan pada organ vitalnya karena biasa mengalami menstruasi. Pendarahan yang tidak normal atau di luar jadwal haid bisa menandakan penyakit yang serius. Misalnya kanker endometrium dan infeksi saluran kencing (UTI). Sebaiknya segera periksa ke dokter jika terjadi gejala tersebut.

5. Kelelahan yang berlebihan

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuancompletewellbeing.com

Biasanya kelelahan dapat diatasi dengan mudah, seperti memperbaiki pola tidur dan rajin berolahraga. Namun kelelahan juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya. Ini meliputi multiple sclerosis, sindrom kelelahan kronis, serangan jantung, atau bahkan kanker.

6. Benjolan pada payudara

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuanfarodiroma.it

Pada umumnya benjolan pada payudara adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya. Namun wanita harus tetap waspada, jangan meremehkan hal ini. Pasalnya, benjolan juga bisa menjadi tanda munculnya kista, tumor, bahkan kanker.

Benjolan kanker biasanya memiliki tekstur yang keras dan sulit untuk digerakkan. Jika tanda ini yang terjadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

7. Keputihan

Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuanastroglide.com

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi. Cairan lendir yang keluar berfungsi untuk membawa sel-sel mati dan kuman dari dalam tubuh.

Namun keputihan bisa menjadi hal yang tidak normal jika keluar berlebihan, berbau, berwarna, dan diiringi dengan gejala lain seperti gatal dan iritasi. Ada beberapa penyakit yang bisa ditandai oleh gejala tersebut. Misalnya gonore, infeksi jamur, trikomoniasis, dan kanker serviks.

Jika kamu memiliki gejala-gejala di atas, coba kenali bila ada gejala lain yang menyertainya. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan kepastian akan kondisimu dan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Bikin Miss V Bermasalah, 5 Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You