Comscore Tracker

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib Diketahui

Salah satu manfaatnya untuk mengontrol gula darah

Siapa sih yang gak tahu petai? Makanan petai ini sudah menjadi makanan yang sangat dikenal di masyarakat Indonesia. Petai ini termasuk dalam kategori sayuran. Warna hijau , bentuknya dan aromanya yang khas membuat mudah untuk kita mengetahuinya bahwa itu petai.

Sebagian dari masyarakat Indonesia ada yang tidak menyukai dan menyukai petai karena aromanya dan rasanya yang enak. Petai ini biasanya disajikan sebagai tambahan pada masakan sayur ataupun sebagai lalapan, serta tambahan untuk membuat bahan sambal. 

Selain itu, petai ternyata ada beberapa manfaat yang harus anda ketahui bagi kesehatan maupun tubuh sebagai berikut ini:

1. Menjaga kesehatan jantung

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib DiketahuiPixabay.com/pexels

Kesehatan jantung sangat penting bagi tubuh. Karena jantung memilki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Senantiasa anda harus menjaga kesehatan jantung dengan cara mengkonsumsi makanan- makanan yang bergizi dan sehat. Salah satunya petai juga baik untuk kesehatan jantung.

Petai memilki kandungan kalium, aktioksidan, serat yang baik bagi tubuh. Hal itulah yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Memperlancar saluran pencernaan pada tubuh

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib DiketahuiPixabay.com/pexels

Seperti yang telah di sebutkan di atas, petai memilki kandungan serat. Dengan adanya kandungan serat yang ada pada petai memberikan dampak baik pada sistem pencernaan pada tubuh

Serat itu membuat saluran percernaan pada tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu juga petai diyakini memiliiki dampak yang membuat terasa kenyang setelah mengkosumsinya. Sehingga membuat tidak akan cepat terasa lapar dan baik untuk  yang ingin memilki tubuh yang ideal.

Baca Juga: 10 Rental Mobil di Samarinda yang Tarifnya Pas di Kantong

3. Mengontrol gula darah pada tubuh

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib DiketahuiPixabay.com/pexels

Saat makan apapun pasti megandung gula, sehingga kadang membuat kepikiran akan naiknya kadar gula pada darah. Perlunya anda dalam mengontrol kadar gula pada darah.

Jangan dibiarkan kadar gula pada darah meningkat drastis karena akan memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan tubuh. Jangan khawatir ada beberapa cara agar dapat mengontrol kadar gula pada darah dengan cara anda melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan mengurangi asupan gula berlebihan pada setiap makan sehari- hari.

Ternyata petai juga dapat mengurangi kadar gula pada tubuh juga karena mengandung antioksidan, beta setosteron dan stimasterol yang berfungsi agar gula dalam darah tidak melonjak.

4. Mengcegah terjadinya stroke

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib DiketahuiPixabay.com/pexels

Menurut penelitian yang di lakukan oleh badan pangan dan obat amerika serikat (FDA), manfaat petai adalah menghindari serangan penyakit seperti stroke. Dengan mengkonsumsi petai dalam makanan dapat dapat menurunkan risiko kematian yang disebabkan dari serangan stroke hingga 40%, seperti yang tertera pada jurnal The New England journal of Medicine.

5. Melawan Adanya Radikal bebas  

5 Manfaat Makan Petai yang Wajib DiketahuiPixabay.com/pexels

Alasan kenapa makanan petai yang termasuk sayuran ini dapat melawan radikal bebas. Karena petai memiliki kandungan kadar aktioksidan tinggi yang dapat menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel yang ada tubuh. Sehingga kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas ini dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit, seperti penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit penuaan dini, penyakit katarak pada mata serta penyakit diabetes.

Begitu banyaknya manfaat kesehatan yang ada pada makanan petai ini. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan petai ini secara berlebihan. Untuk mendapatkan tubuh yang yang sehat ada perlunya anda mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang.

Baca Juga: 10 Klinik Kecantikan di Samarinda, Jadikan Kulit Mulus selama Liburan

Mira Austin.AF Photo Community Writer Mira Austin.AF

Berkarya dan terus berkarya dengan baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya