Comscore Tracker

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 Penyebabnya

Hal itu wajar kok

Berhubungan badan dengan pasanganmu memang memberi kebahagiaan. Tetapi, pernahkah kamu dapati pasanganmu langsung tertidur usai berhubungan badan? 

Terkesan, kamu seperti ditinggalkan ya? Tetapi, pasangan yang tertidur itu bukan selalu berarti dia tak peduli dengan kamu lho. 

Please, kamu jangan negative thinking dahulu jika ditinggal tidur oleh pasangan kamu secara tiba-tiba. Sebab, itu bukan pertanda pasangan kamu tidak tertarik berhubungan badan dengan kamu. Berikut beberapa alasan kenapa tertidur setelah melakukan seks itu wajar. Simak satu-satu ya. 

1. Baru melalui hari yang panjang

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 PenyebabnyaUnsplash.com/adrianswancar

Dikutip Insider, tertidur setelah berhubungan badan itu wajar loh, terutama jika kamu atau pasangan kamu baru pulang bekerja. Apalagi waktu yang ideal untuk berhubungan badan adalah di malam hari. Terlebih, ketika melakukan hubungan intim, tenaga kalian akan terkuras.

Itu artinya, kalian berdua telah melalui hari yang panjang dengan segudang aktivitas. Maka dari itu, wajar jika fisik kalian sangat kelelahan dan mengakibatkan kamu atau pasangan kamu langsung tertidur tepat setelah melakukan 'adegan dalam film biru.'

2. Otak mengeluarkan oksitosin yang membuat kamu lelah

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 Penyebabnyaunsplash.com/Womanizer WOW Tech

Saat berhubungan badan, otak akan melepaskan hormon yang biasa disebut sebagai oksitosin. Nah, oksitosin ini akan meningkatkan gairah dan kegembiraan kamu dalam menjalankan aktivitas seks.

3. Seks itu ternyata juga membuat lelah

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 PenyebabnyaDailymail

Nah, rupanya tekanan beserta aliran darah kamu akan meningkat selama berhubungan badan. Bahkan, seorang terapis seks bernama Dr. Debra Laino menyatakan kalau berhubungan seks itu setara dengan melakukan jenis olahraga apapun. Alhasil, seks dapat membuat kamu semakin lelah.

Namun, ketika kamu sudah mencapai orgasme, maka hormon oksitosin akan menghilang. Akibatnya, kamu akan merasa sangat lelah. Sebenarnya tidak hanya oksitosin saja, ada hormon lainnya yang turut berperan seperti vasopresin, prolaktin, serotonin, oksida nitrat, hingga endorfin.

Baca Juga: Perempuan Sulit Orgasme karena Kesalahan Laki-laki, Right or Wrong? 

4. Pria alami kecapekan luar biasa usai orgasme

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 Penyebabnyafreepik/user18526052

Mencapai puncak orgasme dengan mengeluarkan sperma merupakan hal yang wajar bagi pria. Lebih-lebih, Dr. Lawrence Siegel si pendidik di bidang seks yang sudah bersertifikat mengungkapkan kalau pria akan mengalami kecapekan yang luar biasa setelah orgasme.

Di lain sisi, wanita justru sangat sensitif terhadap efek adrenalin atau stimulan yang masuk. Sehingga, jangan heran jika wanita malah menjadi lebih energik setelah mencapai orgasme dalam hubungan badan.

5. Melakukan seks dengan orang yang kamu percaya

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 PenyebabnyaShutterstock

Umumnya, kamu pasti melakukan seks dengan orang yang kamu percaya, seperti pasangan sendiri. Alhasil, tubuh kamu akan menjadi jauh lebih rileks ketika melakukan aktivitas itu dengan orang yang kamu percaya. Sebab, kondisi itu akan mendukung otak kamu untuk tetap tenang alias tidak perlu waspada.

Dengan begitu, kamu akan melakukan hubungan badan dengan tenang, nyaman, dan merasa aman. Pasalnya, semua itu juga berdampak pada mudah terlelapnya seseorang pasca-seks loh!

6. Sedang stres

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 PenyebabnyaPexels.com/Engin Akyurt

Tertidur setelah seks akan semakin wajar jika kamu sedang dalam kondisi stres. Menurut Dr. Laino, banyak pasangan yang melakukan hubungan badan untuk melepas perasaan stres mereka. Oleh karena itu, setelah ejakulasi atau mengalami orgasme, kamu akan menjadi sangat lelah sehingga tanpa sadar akan langsung tertidur.

7. Tertidur adalah respon alami

Dia Cepat Nyenyak dan Tidur Usai Ngeseks, Bisa Jadi Ini 7 PenyebabnyaPasang kelambu agar nyamuk tidak menggigit saat kamu tidur. flickr.com/Chris Clogg

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa wajar jika kamu tertidur setelah berhubungan seks. Hal ini dikarenakan itu adalah respons yang alami terjadi setelah berhubungan badan. Tidak hanya itu, survei juga menunjukkan kalau 48 persen dari 10 ribu pria di Inggris langsung tertidur setelah melakukan seks.

Sudah tahu kan mengapa pasangan kamu bisa langsung tertidur setelah kalian berhubungan badan? Makanya, jangan suudzon lagi ya!

Baca Juga: 7 Faktor Mengapa Banyak Orang Cukur Bulu Kemaluan

Baca Juga: Sensitif Sentuhan, Simak 5 Tips Merangsang Payudara Pasangan

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya