Comscore Tracker

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber Populer

Ternyata tak mudah perjuangan Baim menjadi content creator

Aktor Indonesia populer Baim Wong, saat ini juga meraih kesuksesan sebagai salah satu YouTuber top negeri ini. Lewat channel YouTube Baim Paul, ia kini sudah memiliki lebih dari 9,2 juta subscribers lho! 

Sejak dibuat pada 3 Juni 2016, channel ini selalu menyuguhkan konten berupa vlog, prank video, hingga social experiment. Namun, tak mudah bagi Baim untuk mencapai posisi puncak ini.

Baim menceritakan perjuangannya menjadi seorang content creator  pada acara Indonesia Millennials Summit, di The Tribrata, Jakarta pada Sabtu (18/1). Simak kisahnya.

1. Berjuang tiga bulan edit video sendiri

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber PopulerIDN Times/Reynaldy Wiranata

Saat ini Baim Wong sudah punya tim khusus untuk mengurus kelangsungan channel YouTube-nya. Tapi bagaimana dengan dulu saat awal memulai? 

Rupanya kesuksesannya sekarang juga buat perjuangan Baim yang rela mengedit videonya sendiri selama tiga bulan pertama. "Ngedit sendiri pertama. Awal tiga bulan sendiri," ucap Baim. 

2. Menggandeng Paula Verhoeven

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber PopulerIDN Times/Fiqih Damarjati

Pelan-pelan, Baim mengajak Paula Verhoeven yang saat itu masih jadi kekasihnya untuk bersama-sama membangun channel YouTube mereka. Ia juga mengajari sang istri bahwa mereka harus tampil realistis karena itu yang disukai oleh penikmat channel mereka.

"Saat orang-orang gak tahu Paula siapa, aku bilang sama dia kalau di YouTube itu harus apa adanya. Karena orang-orang yang nonton YouTube itu sukanya yang real. Kan dia sebagai model di mana model memang harus tampil sebagus mungkin. Tapi kalau di YouTube harus apa adanya," ucap Baim.

3. Sempat bingung mau upload vlog tentang sosial eksperimen atau gak

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber PopulerIDN Times/Fiqih Damarjati

Selain konten humor atau prank, konten sosial eksperimen juga laris manis di YouTube. Baim pun tak ingin ketinggalan, tetapi ia mengaku sempat gamang apakah ingin mengunggah video tersebut atau tidak.

"Dulu gak tau kalau itu sosial eksperimen. Sempet bingung upload atau gak ya. Nah 2016 sempet gak berhasil di YouTube, tapi dicoba terus. Sampai buat prank pun saya lakukan karena saya juga orangnya jahil sih," kisah Baim.

"Lalu saya mengangkatlah family saya. Semua itu percobaan, berhasil atau gak. Kalau berhasil, buat apa lagi ya," lanjutnya. 

4. Di YouTube harus ikuti tren

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber PopulerIDN Times/Fiqih Damarjati

Salah satu hal penting sebagai kreator YouTube bagi Baim adalah harus mengikuti tren yang ada. "Apa pun tren itu sekarang, ya saya coba pelajari. Apa yang lagi berkembang sekarang. Memang harus menyesuaikan," ucap Baim.

5. Ide terciptanya konten di YouTube

9 Juta Subscribers, Kisah Perjuangan Baim Wong Jadi YouTuber PopulerBaim Wong di panggung hijrah, Talent Trifecta, IMS 2020, 17 Januari, IDN Times/Erfah Nanda

Mungkin ada para YouTuber yang kontennya dibuatkan oleh tim kreatif khusus. Tapi bagi Baim, ia mengaku masih memproduksi hampir semua ide kontennya sendiri. 

"Konten di YouTube itu hampir semuanya saya yang buat. Udah segini gak pake kreatif," tutup Baim.

Ternyata Baim Wong pun pernah berjuang mati-matian demi membesarkan channel YouTube Baim Paula. Ia pun pernah mengalami kegagalan dan kebingungan, tetapi gak pernah putus asa! 

Perjalanan Baim jadi inspirasi untukmu yang saat ini masih berjuang meraih sukses. Terus berusaha, konsisten, dan mau belajar jadi kunci untuk keberhasilanmu. Siapa tahu kamu juga punya kesempatan seperti Baim.

Baca Juga: IMS 2020: Ada Gaji Bulanannya, Baim Wong Ungkap Enaknya Konten Kreator

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya