Comscore Tracker

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai Rain

Legendaris dan dihormati para junior #WaktunyaKorea

Dunia KPop selalu memunculkan talenta baru. Setiap tahun ada regenerasi, ada idol baru yang diperkenalkan dan meramaikan industri musik Korea. Pada idol yang barusan debut atau para rookie ini kerap mengidolakan artis senior.

Disegani dan dihormati karena karya dan karakternya, para idola senior ini populer di kalangan rookie. Mereka bahkan jadi panutan, lho! Siapa saja, nih, idol Korea yang sering dijadika role model oleh idol Korea lainnya? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. IU

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainDok. EDAM

Memiliki suara yang merdu dan bakat akting yang ciamik, penyanyi solo IU banyak dijadikan sebagai panutan oleh para idol KPop. beberapa idol yang memilih IU sebagai role model mereka, antara lain Seunghee Oh My Girl, Sejeong Gugugan, Chungha, Jungkook BTS, dan masih banyak lagi.

2. Suzy

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai Rainasianwiki.com

Multitalenta sebagai anggota girlband, penyanyi solo, hingga aktris, Suzy merupakan panutan banyak idola KPop masa kini. Artis yang dikenal dengan bakat dan visualnya yang menawan ini menjadi role model bagi Arin Oh My Girl, Bona WJSN, Yeeun CLC, Jinsoul dan Yves LOONA, serta masih banyak lagi.

3. V (Taehyung) BTS

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainDok. Naver x Dispatch

V BTS menjadi salah satu idola KPop yang jadi panutan. Kemampuan menari dan menyanyi V BTS  sudah diakui seluruh dunia. Ia kerap menjadi role model oleh sejumlah idola KPop, seperti Beomgyu TXT, Haruto TREASURE, Park Ji Hoon, Younghoon The Boyz, Byungchan VICTON, dan masih banyak lagi.

4. Taemin SHINee

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainDok. SM Entertainment

Sudah debut sejak tahun 2008 silam, Taemin SHINee dikenal sebagai salah satu idol dengan kemampuan dance yang profesional. Ia menjadi role model bagi para idol KPop baru, khususnya yang menggeluti bidang dance, seperti Hoshi Seventeen, Jisung NCT, Rocky Astro, Donghan WEi, Chani SF9, dan masih banyak lagi.

5. Taeyeon SNSD

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainInstagram.com/taeyeon_ss

Dikenal memiliki suara menawan sejak debut bersama SNSD pada 2007, Taeyeon yang juga merupakan penyanyi solo ini banyak dijadikan panutan oleh para idola KPop baru. Mereka yang memilih Taeyeon sebagai role model antara lain Heejin LOONA, Chaewon IZ*ONE, Yuqi (G)I-IDLE, Jiae Lovelyz, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 5 Drama Korea Kisah Romantis Noona-Dongsaeng, Bakal Hits di 2021 

6. G-Dragon BIGBANG

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainDok. VOGUE

Rapper legendaris dari grup BIGBANG ini tentunya dikenal oleh seluruh idol KPop senior maupun junior. Tak jarang, ia dijadikan sebagai panutan atau role model bagi para rapper di grup KPop, seperti Hongjoong ATEEZ, J-Hope dan Jungkook BTS, Rapper DInDin, Zico Block B, Bambam GOT7, dan masih banyak lagi!

7. Kai EXO

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai Rainchannels.vlive.tv

Kai dikenal sebagai dancing machine EXO, ia juga sangat populer di kalangan para idol KPop. Banyak idol KPop yang menjadikan Kai sebagai role model mereka, khususnya para dancer, seperti Yunho ATEEZ, Taeyang SF9, Kang Daniel, Ong Seongwoo, dan masih banyak lagi.

8. BoA

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainPenyanyi asal Korea, Boa atau Kwon Bo-ah (Dok. IDN Times/SMTOWN)

BoA merupakan salah satu penyanyi KPop legendaris yang debut 21 tahun lalu pada tahun 2000. Ia merupakan panutan bagi idol KPop. bertalenta baik secara dance maupun vokal, BoA menjadi role model dari idol KPop, seperti Taeyon dan Tifanny SNSD, Chungha, TVXQ, Namjoo APink, Red Velvet, Sunmi, dan lain-lain.

9. Rain

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainFanpop.com

Menjdi penyanyi solo legendaris yang masih aktif hingga sekarang, Rain merupakan salah satu panutan terbesar para idol KPop saat ini. Banyak sekali idol KPop yang memilih Rain sebagai role model-nya, seperti Jimin BTS, Taecyeon 2PM, Taemin SHINee, Park Jong Sung Enhypen, dan sebagainya.

10. Lee Hyo Ri

10 Artis Senior Panutan Para Idol KPop Baru, dari IU sampai RainDok. Marie Claire

Tak hilang pamor sejak debutnya bersama Fin.K.L 20 tahun lalu, penyanyi solo Lee Hyo Ri masih menjadi idola para idol KPop. Mereka pun dengan bangga menyatakan bahwa Lee Hyo Ri adalah role model mereka. Beberapa idol yang memilih Lee Hyo Ri sebagai role model, yaitu Chungha, Mijoo Lovelyz, Rena ex-Pristin, Solbin LABOUM dan masih banyak lagi.

Itulah sejumlah  idol KPop senior yang kerap menjadi panutan bagi para idol KPop junior alias rookie. Ada idolamu juga?

Baca Juga: Penthouse 3 dan 6 Drama Korea Siap Tayang di Bulan Juni

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya