Comscore Tracker

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria Irawan

Meninggal dunia dalam perjuangan melawan kanker 

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan. Ria Irawan meninggal dunia pada Senin (6/1), karena kanker kelenjar getah bening. Ria meninggal dunia di menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Dikenal sebagai artis serbabisa, Ria memulai kariernya pada tahun 1973. Berikut perjalanan karier Ria Irawan yang sudah berkarya selama lebih dari empat puluh tahun di dunia hiburan. 

1. Ria mulai main film sejak usia empat tahun

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria IrawanInstagram.com/riairawan

Lahir pada 24 Juli 1969 dari pasangan aktor senior Bambang Irawan dan Ade Irawan membuat Ria sudah disoroti sejak saat kelahirannya. Bakat seni yang menurun dari orang tua membuat Ria sejak kecil tertarik dengan dunia perfilman. Siapa sangka, saat Ria masih berusia empat tahun, dia sudah menjadi figuran dalam film Sopir Taxi yang tayang tahun 1973.

Kariernya sebagai figuran masih berlanjut di film Bebas Kasih. Lanjut lagi di film Fajar Menyingsing tahun 1975 bersama Erwin Gutawa. Sejak belia mengenal dunia film membuat Ria fasih dan terbiasa berakting di depan kamera. Dia main lagi dalam film Chicha tahun 1976 bersama Chicha Koeswoyo.

2. Ia makin terkenal sejak membintangi film Kembang Kertas

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria IrawanInstagram.com/riairawan

Tepatnya tahun 1984, Ria berhasil memukau penonton lewat aksinya dalam film Kembang Kertas. Sejak saat itu namanya mulai menduduki puncak ketenaran sebagai artis peran top pada masanya. Dia lanjut main lagi dalam film Bila Saatnya Tiba yang membuatnya mendapat nominasi Festival Film Indonesia 1986 sebagai Artis Wanita Terbaik. Nominasi yang sama kembali didapatkan Ria tahun 2006 lewat film Berbagi Suami.

3. Sudah memerankan banyak sekali film dan sinetron

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria IrawanInstagram.com/riairawan

Sebelum tutup usia, Ria dikenal sebagai salah satu artis senior yang produktif di bidangnya. Dia sudah membintangi banyak sekali film layar lebar dan sinetron. Ai Lop Yu Pul, Madame X, Arisan! 2, Romantini, Bulan di Atas Kuburan dan Kuambil Lagi Hatiku merupakan film layar lebar yang diperankan Ria sepuluh tahun terakhir bahkan saat dirinya sudah didiagnosa kanker tahun 2009.

Baca Juga: Perjalanan Karier Zulkifli Zaini, Nakhoda Baru PLN

4. Ria juga merambah dunia tarik suara

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria IrawanInstagram.com/riairawan

Bungsu lima bersaudara dari Bambang dan Ade Irawan ini pernah membuat album bareng grup musik bernama Japras dan album tersebut meledak di pasaran. Ria juga sempat berkolaborasi dengan Rano Karno melalui dua album dangdut berjudul Hiasan Mimpi dan Sorga Dunia. Ada pula album pop berjudul Setangkai Anggrek Bulan dan Di Antara Hatiku Hatimu yang digarapnya. Tidak selesai sampai di situ, Ria membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa.

5. Menjadi produser, fotografer serta sutradara videoklip

Lebih dari 40 Tahun Berkarya, Mengenang Perjalanan Karier Ria IrawanInstagram.com/riairawan

Tidak pernah berhenti berkarya, Ria menjajal profesi fotografer setelah menjadi penyanyi dan pemain film. Dirinya juga terjun dalam dunia penyutradaraan video klip. Dia pernah menggarap klip Anggun C. Sasmi dan banyak penyanyi lainnya. Sempat tinggal di Milan dan mengambil kuliah desain grafis, Ria yang kembali ke Indonesia kembali menduduki puncak karier karena banyaknya tawaran bermain sinetron dan film yang diterimanya.

Sejak tahun 2009, Ria didiagnosa mengidap kanker getah bening yang membuatnya harus menjalani perawatan medis. Ria meninggal dunia pada usia 51 tahun. Jenazah Ria akan disemayamkan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca Juga: [BREAKING] Ria Irawan Meninggal Dunia dalam Perjuangan Melawan Kanker

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya