Comscore Tracker

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentu

Jika baunya makin mengganggu, sebaiknya langsung ke dokter

Bau badan tak sedap memang tak menyenangkan. Apalagi saat kongko dengan kawan di warung kopi. Rasa tak nyaman itu makin menjadi-jadi tatkala beberapa dari teman kamu komentar soal bau tersebut. Dan semua mata tertuju kepada kamu.

Jangan pernah anggap sepele soal bau badan, sebab bisa jadi mengindikasikan penyakit tertentu. Itu sebabnya, kamu harus peka dari mana aroma itu berasal.

Dengan demikian, kamu bisa tahu apakah sebenarnya badanmu sedang sakit atau tidak. Berikut ini beberapa macam bau di tubuh yang mengindikasikan ada masalah pada kesehatanmu!

1. Bau buah-buah dari napasmu bisa jadi tanda diabetes

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentupexels.com/Nathan Cowley

Bau buah-buahan itu menyenangkan, tapi akan berbeda jadinya jika bau itu datang dari mulutmu, terlebih ketika bangun tidur. Dilansir dari Bustle berdasarkan hasil wawancara dengan dokter, bau tersebut bisa jadi indikasi diabetic ketaocidosis, kondisi  yang berpotensi menyebabkan diabetes yang tak terkontrol.

2. Aroma tak sedap dari area kewanitaan kamu disebabkan infeksi bakteri

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentuaidsmap.com

Bagi wanita, bau di area kemaluan tersebut sudah sewajarnya terjadi. Yang tidak wajar jika bau tersebut begitu kuat atau amis. Itu bisa menunjukkan bahwa vagina tersebut terkena infeksi bakteri, yang dikenal sebagai bacterial vaginosis (BV).

“BV adalah perubahan bakteri di area vagina yang membuat kotor dan bau, khususnya setelah melakukan seks,” ujar Caroline Mitchell dari Massachussetts General Hospital seperti dilansir dari Bustle.

3. Akibat penumpukan bakteri, kulit juga bisa mengeluarkan bau menyengat

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentudrscabies.com

Bau badan juga bisa datang karena masalah kulit. Jika hal tersebut benar, maka kulitmu bermasalah sangat parah karena terdapat banyak bakteri di penyakit kulit tersebut.

“Gangrene, atau matinya lapisan kulit, adalah salah satu yang memberikan bau menyengat dan bisa seperti bau daging yang membusuk,” ujar Jennifer Stagg, penulis Unzip Your Genes.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami dan Mudah Diterapkan!

4. Sering berkeringat karena kelebihan hormon

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentuoutsideonline.com

Mereka yang memiliki bau berlebihan di keringatnya bisa jadi menjadi indikasi terkena hipertiroid. Ketika ini terjadi, maka kelenjar tiroid bisa terlalu aktif memproduksi hormon. Akibatnya hormon tiroid dalam darah kita menjadi sangat tinggi, padahal jumlah yang dibutuhkan sedikit. Salah satu ciri hipertiorid adalah tubuhnya terus-terusan berkeringat dan cenderung berbau asam.

5. Bau mulut tak kunjung hilang setelah sakit

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentusuperiordentalhealthne.com

Bukan hal yang normal jika kamu mengalami bau mulut setelah mengalami demam. Disinyalir kasus macam ini bisa terjadi akibat infeksi yang terlalu lama.

“Bau mulut yang parah bisa jadi tanda terlalu banyaknya bakteria yang tumbuh di area gusi atau infeksi di area sinus,” ujar Stagg lagi.

Seharusnya permasalahan bau mulut dapat hilang dengan mudah lewat seringnya membersihkan gigi dan area mulut. Tetapi jika tidak hilang-hilang, itu berarti ada masalah besar di dalam mulutmu.

6. Saat membuang urine, aromanya begitu menusuk

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentuhindustantimes.com

Gejala-gejala yang berbau bisa datang dari mana saja. Salah satunya datang dari air urinemu. Bau menyengat tersebut bisa diakibatkan karena racun dalam tubuh atau toxin sedang keluar dari tubuh, yang tentu saja baunya tidak akan enak.

7. Bau badan kian menyengat setelah dilanda stres

7 Bau Badan Ini Bisa Mengindikasikan Penyakit Tertentutallypress.com

Bau badan tidak hanya terjadi karena gangguan kesehatan secara fisik saja, tetapi juga mental. Mereka yang mempunyai gangguan kecemasan akan dapat mengeluarkan keringat berlebih yang dinamakan keringat stres.

Keringat ini dikeluarkan oleh kelenjar yang berbeda ketimbang keringat lain dan memiliki bau yang lebih kuat. Jadi periksalah ke terapis untuk mengatasi masalah gangguan mental tersebut, agar keringatmu tidak bau.

Itulah 7 alasan tubuh kamu mengeluarkan bau. Jika kondisi yang sama terus dialami, sebaiknya kamu ke dokter ya untuk mendapatkan penanganan.

Baca Juga: Bau Badan? Jangan Dibiarkan, Inilah 5 Penjelasan Ilmiah di Baliknya!

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya