Comscore Tracker

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Panda

Ketahui dahulu penyebabnya, kemudian cari solusinya

Siapa yang punya mata panda? Lingkar hitam di bawah mata itu kerap bikin gak percaya diri lantaran membuat kamu tampak lesu dan lemah. Oleh karena itu, banyak upaya dilakukan untuk menghilangkan lingkaran hitam.

Jika kamu doyan begadang, gak perlu heran jika kamu memiliki mata panda. Namun lain cerita jika kamu punya jam tidur baik, namun lingkar hitam di bawah mata itu tetap ada. Sayangnya, sebagian orang tak mempedulikan apa penyebab terjadinya masalah pada kulit tersebut. Lalu apa yang menyebabkan kamu punya mata panda?

1. Bisa jadi memang pengaruh genetik dari orang tuamu

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandaparents.com

Dalam kasus ini, orang tuamu menjadi alasan mengapa kamu akhirnya memiliki genetik lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda. Dermatolog Bruce Katz dari laman goodhousekeeping menjelaskan, bahwa kondisi genetik ini biasa didapatkan oleh orang-orang yang hidup di area mediterania. Jika hanya sekadar pigmen, itu dapat dihilangkan dengan mudah lewat teknik laser.

2. Peradangan kronis di kulit bisa memicu bercak gelap di bawah mata

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandavanguardskin.com

Ketika kulit kamu mengalami peradangan (eksim) parah bisa memicu hiperpigmentasi atau bercak-bercak gelap di kulit. Pada akhirnya kondisi tersebut menimbulkan lingkar hitam di sekitar mata. Kulit juga menjadi kering dan terkadang terasa gatal.

3. Kondisi alergi juga bisa menjadi penyebab mata panda

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandahealthline.com

Tidak hanya eksim saja yang dapat menyebabkan mata panda. Memiliki alergi terhadap sesuatu juga bisa menjadi pemicu mata panda. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan sepenuhnya menghindar dari barang yang dapat memunculkan reaksi alergi tersebut. Dengan menghindarinya, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan lingkaran itu.

4. Bahan mekap yang tidak cocok dengan kulitmu

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandathefinancialdiet.com

Ini bukan masalah alergi, melainkan memang ada mekap yang memang tidak cocok denganmu. Saat bahan dari mekap itu dirasa mengganggu kulitmu, seperti maskara, maka hasilnya dapat menimbulkan lingkaran hitam. Jika kamu mengetahui matamu tampak tidak beres setelah memakai eyeliner baru, maka sebaiknya kamu langsung menggantinya.

Baca Juga: Selain Genetik, Ini 10 Penyebab Unik Ada Lingkaran Hitam di Bawah Mata

5. Struktur tulang di bawah mata juga bisa menjadi penyebab

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandathefirstnews.com

Ada kalanya lingkaran hitam itu tidak berhubungan kulitmu sama sekali, melainkan apa yang ada di baliknya. Bisa jadi penyebab lingkaran hitam yang muncul di bawah mata adalah tulang di bawah matamu.

“Saat orang memiliki palung air mata yang dalam di bawah mata, bayangan dan lekukan dapat menyebabkan munculnya kegelapan. Namun itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan pigmen atau pembuluh darah,” ujar Dermatolog Bruce Katz dari laman goodhousekeeping.

6. Pembuluh darah menimbulkan warna biru gelap sehingga tampak seperti lingkaran hitam

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandareddit.com

Jika area di bawah matamu berwarna biru, itu bisa diartikan adanya pengaruh dari pembuluh darah. Warna biru tersebut tidak seperti biru laut, melainkan biru gelap sehingga tampak seperti lingkaran hitam. Namun demikian itu tetap hanyalah pembuluh mata yang tidak bisa kamu ubah.

7. Kurang terlindungi dari sinar matahari

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandaupsmash.com

Keluar dan terkena matahari memang dapat mencerahkan kulitmu, namun jika terlalu banyak malahan dapat menghitamkan. Khususnya di bagian bawah mata. Itu dikarenakan kelopak mata memiliki kulit tertipis yang ada di tubuh sehingga kulit tersebut dapat berubah dengan mudah.

8. Kurang tidur atau begadang

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandafeibustech.com

Kurang tidur membuat matamu cukup tegang. Ketegangan tersebut membuat sirkulasi darah menjadi lambat hingga menyebabkan munculnya lingkaran hitam. Untuk menghilangkan, tentu cukup dengan tidur dengan kualitas yang baik.

9. Tak minum air dengan rutin

Bukan Cuma Begadang, Ini 9 Penyebab Kamu Punya Mata Pandamdpremier.com

Pertanyaan kalau kamu punya kelopak mata yang hitam, apakah kamu sudah banyak minum? Kalau belum, bisa jadi itu pertanda mengapa ada lingkaran hitam di bawah matamu. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau kurang minum memang sangat berpengaruh ke masalah kulit tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab mengapa matamu memiliki lingkaran hitam dan bagaimana cara menghilangkannya. Segeralah hidup sehat agar kamu tak perlu lagi bertemu dengan lingkaran hitam ini.

Baca Juga: 5 Buah 'Ajaib' yang Bisa Hilangkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya