Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkok

Bisa hidup ribuan tahun, dikenal dengan sebutan fosil hidup

Segala makhluk dibatasi oleh usia dan itu mutlak terjadi sebab memang tak ada yang abadi. Namun rupanya konsep itu ditolak oleh pohon ginkgo biloba. Tumbuhan endemik dari Tiongkok ini bisa hidup ribuan tahun. Bahkan dalam jurnal terbitan 2003 berjudul Ecological conservatism in the 'living fossil' Ginkgo, sang peneliti Dana Royer menyebut jika ginkgo punya kemiripan dengan fosil 270 juta tahun lalu. Lantas apa yang membuat pohon terakhir dari jenisnya ini bisa bertahan melewati zaman? Penasaran, simak informasi ini ya untuk menemukan jawabannya!

 

1. Punya kemampuan adaptasi tinggi, ginkgo bisa berusia ribuan tahun

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokslate.com

Usut punya usut, para peneliti mendapati bahwa pohon ginkgo tidak pernah berhenti tumbuh sehingga memiliki potensi untuk hidup selama ribuan tahun. Hasil penelitian tersebut pun mereka tuang ke dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS). Ginkgo juga diyakini hidup sejak 200 juta tahun lalu atau periode. Bahkan, ginkgo tertua pernah ditemukan di Tiongkok dengan usia 3.500 tahun. Tanaman ini memiliki kemampuan adaptasi tinggi dan tahan dengan serbuan ragam penyakit. Dengan kemampuannya itu, tumbuhan ini pun bisa tumbuh subur di lingkungan tercemar sekalipun. Hal tersebut yang menjadikan ginkgo tetap dapat bertahan hidup hingga saat ini.

2. Pohon yang dipersiapkan untuk menemui keabadian

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokmyfrenchforrest.com

Lantaran ginkgo punya kesamaan genetik dengan fosil yang usianya ratusan juta tahun, maka sejumlah peneliti melakukan kajian. Dipimpin oleh Richard Dixon dari University of North Texas bersama Jinxing Lin dari Beijing Forestry University, kedua peneliti berhasil mengungkap fakta bila ginkgo biloba memang dipersiapkan untuk keabadian. Dengan demikian, selain dapat hidup ribuan tahun, pohon ini juga masih bisa hidup lebih lama lagi menentang waktu dan zaman.

3. Terus memproduksi bahan kimia pelindung anti penyakit dan kekeringan

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokmyfrenchforest.com

Masih dari dua peneliti yang sama, fakta lain yang ditemukan oleh Richard dan Jinxing adalah, ginkgo punya mekanisme pertahanan diri yang luar biasa. Untuk membuktikan itu, keduanya kemudian menganalisis pohon mulai dari cincin kayu, kulit kayu, sel, daun hingga baju. Mereka menemukan kesamaan, ginkgo tua dan muda memproduksi senyawa kimia sama sebagai proteksi melawan penyakit dan penuaan. Bahan kimia itu ialah anti mikroba, anti oksidan hingga hormon yang bisa melawan kekeringan dan kondisi lingkungan tak bersahabat. Lazimnya, pohon tua akan mulai mengering dan rentan dengan penyakit kemudian mati namun tidak dengan ginkgo.  Alhasil, pohon ini bakal terus bertahan hidup dan meneruskan perjuangan hingga ribuan tahun.

Baca Juga: Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilang

4. Endemik asal Tiongkok, ginkgo biasanya digunakan sebagai obat tradisional

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkoksconzani.com

Nama ginkgo merupakan ejaan Jepang dari bahasa Tiongkok. Pohon ini dikenal dengan ciri khasnya yang memiliki daun menyerupai kipas dan warnanya berubah kuning mentega ketika musim gugur tiba. Nama ginkgo kali pertama diinisiasi oleh Engelbert Kaempler, botanis dari Jerman pada 1712. Beberapa dekade kemudian, endemik unik ini diperkenalkan di Inggris tepatnya 1754. Sejak saat ini, ginkgo dikenal sebagai tumbuhan tertua di dunia. Ginkgo ini telah dimanfaatkan obat tradisional paling lazim di Tiongkok. Bagian pohon yang digunakan untuk obat itu adalah daun yang kemudian diekstraksi.

5. Pohon langka namun bisa ditemukan di seluruh dunia karena keunikannya

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokgulfcoastshade.com

Dikutip dari BBC, ginkgo masuk dalam daftar pohon langka, namun demikian karena keunikannya dan kecantikannya saat musim gugur tiba, pohon ini banyak ditemukan di seluruh dunia. Dari Hubei, Tiongkok tumbuhan ini menyebar ke sejumlah negara. Buktinya ketika Kaempler menemukannya di Jepang kemudian membawanya ke Belanda lalu ditanam di Kebun Raya Utrecht. Semenjak itu tumbuhan ini kemudian menyebar ke penjuru Eropa dan dunia, terus bertumbuh hingga usianya menginjak ribuan tahun.

6. Tetap bisa tumbuh sehat meskipun tampak tua dari luar

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokbbc.com

Jika sebuah pohon telah hidup selama ratusan tahun hingga ribuan tahun, maka pohon-pohon tersebut telah melalui berbagai peristiwa panjang. Dengan demikian, wajar jika banyak pohon tua tersambar petir atau diguyur badai. Hebatnya, pohon ginkgo masih dapat bertumbuh secara sehat meskipun sudah dibantai habis-habisan oleh petir dan badai. Itulah alasan mengapa pohon ini bisa menjadi salah satu pohon abadi di dunia.

7. Ginkgo punya pesaing di pegunungan putih California

7 Fakta Menarik Ginkgo Biloba, Pohon Abadi dari Tiongkokmnn.com

Sejauh ini, ginkgo yang paling tua berumur 3 ribu tahun lebih. Walaupun umurnya sudah sangat tua, ternyata masih ada pohon lain  lebih tua. Namanya pinus bristlecone di Pegunungan Putih California masih lebih tua daripada  ginkgo dengan mencapai umur 5 ribu tahun.

Itulah bukti nyata jika pohon bisa hidup selama ribuan tahun dan berpotensi hidup abadi kemudian dikenal sebagai fosil hidup. Tertarik gak menanam pohon abadi ini?

Baca Juga: 7 Alasan Penting Kenapa Kita Harus Menanam Lebih Banyak Pohon 

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya