Comscore Tracker

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmu

Ternyata jeruk nipis juga bisa dipakai untuk merawat rambut!

Jarang diketahui jika jeruk nipis mampu atasi kerontokan dan ketombe. Padahal, lazimnya buah yang masih satu keluarga dengan lemon ini digunakan sebagai penyedap masakan. Nah, saat kamu lebih banyak diam di rumah karena pandemi, jeruk nipis bisa digunakan untuk haircare treatment tanpa perlu memakan banyak biaya, lho. Melansir dari laman Stylecraze, inilah beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut yang perlu kamu ketahui. Yuk, langsung disimak ulasannya berikut ini!

1. Jeruk nipis mampu mengatasi masalah ketombe yang mengganggu

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmuflatbellybible.com

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut paling umum yang sering dijumpai oleh banyak orang. Munculnya ketombe diakibatkan karena kondisi kulit kepala yang mengelupas secara berlebihan. Nah, asam sitrat yang terdapat di dalam air jeruk nipis ditemukan sangat efektif dalam mengatasi masalah ketombe.

Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu bisa menggosokkan irisan jeruk nipis secara langsung ke kulit kepalamu. Cara lainnya yaitu membilas rambutmu menggunakan air yang telah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Terkadang, jeruk nipis bisa membuat kulit kepalamu kering, untuk mengantisipasinya kamu bisa mengombinasikan jeruk nipis dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond.

2. Mampu membuat rambut tampak lebih berkilau

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmubluebeards-revenge.co.uk

Siapa sih yang gak mau punya rambut sehat yang berkilau? Nah, kalau selama ini kamu punya masalah rambut kusam dan kasar, jeruk nipis bisa jadi salah satu solusi yang patut kamu coba.

Campurkan bahan-bahan yang terdiri dari air jeruk nipis, madu, dan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke rambut secara merata sebelum kamu mencuci rambutmu. Untuk hasil lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan campuran tadi dengan sampo yang mau kamu pakai. Hasilnya, rambutmu akan terlihat bercahaya dan terasa lebih lembut.

3. Mengurangi kerontokan dengan mendorong pertumbuhan rambut baru

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmupexels.com/skitterphoto

Pemakaian jeruk nipis untuk mendorong pertumbuhan rambut rupanya sudah diterapkan sejak lama. Hal ini karena jeruk nipis mengandung Vitamin C dalam jumlah besar, yang memang punya manfaat untuk merangsang tumbuhnya rambut pada kulit kepala.

Bagi kamu yang memiliki masalah kebotakan, penipisan rambut, hingga kerontokan rambut secara terus-menerus, kamu bisa mencoba perawatan dengan menggunakan jeruk nipis. Cukup tambahkan air jeruk nipis pada masker atau minyak rambut yang biasa kamu gunakan untuk membantu pertumbuhan rambut baru.

Baca Juga: Perawatan Rambut Sehat dan Indah ala Wanita Persia!

4. Mengurangi minyak berlebih di rambut dan kulit kepalamu

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmumisskyra.com

Kamu udah jengkel sama jenis rambutmu yang berminyak? Minyak berlebih yang dihasilkan kulit kepala cenderung mengakibatkan rambut terlihat lepek, berminyak, dan lengket. Tapi jangan khawatir, jeruk nipis bisa membantu mengatasi permasalahan ini, lho.

Bersifat menyerap minyak, air jeruk nipis bisa membersihkan kulit kepalamu dari minyak berlebih. Untuk pengaplikasiannya, cukup gosokkan seiris jeruk nipis pada kulit kepala selama beberapa menit, lalu bilaslah dengan air. Cara lainnya bisa juga dengan menambahkan 1-2 sendok teh air jeruk nipis ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas rambutmu.

5. Mencerahkan warna rambut secara alami

Ampuh Atasi Kerontokan, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambutmuhairdrome.com

Di antara banyaknya nutrisi yang terdapat di dalam jeruk nipis, ternyata di dalamnya juga terkandung bahan yang berfungsi sebagai pencerah alami. Jadi, kalau kamu ingin mengubah warna rambutmu menjadi lebih cerah tanpa menggunakan cat rambut yang mengandung bahan-bahan kimia, jeruk nipis bisa jadi alternatif yang aman buat kamu.

Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mengaplikasikan air perasan jeruk nipis pada rambutmu. Lalu diamkan sambil mengekspos rambutmu di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu jam. Setelahnya, cuci bersih rambutmu. Hasilnya, warna rambutmu akan terlihat 2-3 kali lebih cerah dari warna aslinya.

Itulah tadi 5 manfaat jeruk nipis untuk merawat rambutmu. Selain cara penggunaannya cukup simpel dan gak ribet, jeruk nipis juga mudah ditemukan di mana saja, harganya pun bisa dibilang cukup terjangkau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah, Gampang Bikinnya!

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya