Comscore Tracker

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga Selangit

Sepeda lipat ini sudah ada sejak tahun '70-an

Jakarta, IDN Times - Pecinta sepeda mungkin sudah amat kenal dengan nama sepeda Brompton. Tetapi, masyarakat Indonesia baru secara luas mengenal sepeda ini saat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menyita dua sepeda Brompton sebagai barang selundupan pada awal Desember tahun lalu.

Sepeda bersama motor Harley Davidson menjadi barang impor ilegal yang diselundupkan melalui pesawat baru Garuda Indonesia berjenis Airbus A330-900. Peristiwa itu  bahkan menyeret Ari Askhara sebagai otak di balik penyelundupan hingga dicopot dari jabatan Dirut Garuda. 

Terlepas dari itu, Brompton termasuk sepeda idaman bagi pecinta olahraga, khususnya bersepeda. Meski begitu, sepeda ini terkenal dengan harganya yang sangat fantastis. Berdasarkan penelusuran IDN Times, di salah satu toko online seperti Tokopedia, harga sebuah sepeda Brompton seri Custom Army Green mencapai Rp90 juta. 

Selain itu, Brompton jenis superlight dihargai mulai dari Rp31,7 juta-Rp33,8 juta. Sementara untuk seri Brompton standar dihargai mulai dari Rp18,5 juta-Rp22,3 juta.

Masih banyak seri lain yang memiliki harga yang juga fantastis. Menilik di Shopee, Brompton Seri S6-L Rp42,2 juta. Bahkan, di Blibli.com, Seri S2L-X Black Edition memiliki harga Rp53,5 juta. Sedangkan, S6R Nickel Titanium diharga Rp45,6 juta.

Apa yang membuat sepeda lipat buatan tangan asal Inggris ini begitu mahal dan berapa harga jenis sepeda Brompton lainnya? Berikut ini fakta-fakta tentang Brompton.

1. Brompton adalah masterpiece yang sudah ada sejak 45 tahun lalu

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga SelangitIstimewa / Dok. Brompton

Brompton sudah diciptakan sejak 45 tahun lalu. Pertama kali diciptakan oleh Andrew Ritchie yang mulai beredar sejak tahun 1975.

Brompton telah menjual lebih dari 100 ribu unit sepeda. Pada 2008 lalu, sepeda yang pabriknya berada di Greenford, London, Inggris tersebut, telah mengekspor 25 ribu unit ke pasar Belanda, Amerika, Jerman, Jepang dan Skandinavia. Ritchie pun menerima penghargaan Prince Philip Designers Prize pada 2009 atas karyanya di bidang sepeda.

Baca Juga: Selundupkan Harley dan Brompton, Garuda Cuma Didenda Rp100 Juta

2. Bentuknya unik dan ringkas

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga SelangitIstimewa / Dok. Brompton

Brompton memiliki bentuk kerangka yang unik. Salah satu keunggulan Brompton adalah ukurannya yang kecil dan bisa dilipat. Apabila dalam posisi terlipat, ukurannya hanya setinggi 58,5 cm, panjang 56,5 cm dan selebar 27 cm.

Sementara untuk ukuran roda yakni 349 mm (13,7 inci), dengan ban berdiameter 16 inci. Setang dan beberapa komponen lain terbuat dari aluminium. Brompton juga memiliki bingkai melengkung yang sama, yang terdiri dari tabung utama berengsel, segitiga belakang yang dapat berputar pada porosnya, garpu, dan batang setang berengsel.

Pada semua model sepeda Brompton, tabung utama dan batang setang terbuat dari baja. Sementara segitiga belakang dan garpu dapat terbuat dari baja atau titanium, tergantung modelnya.

Jadi, kamu gak perlu repot dan perlu banyak tenaga. Mudah dan cepat untuk melipatnya.

3. Sepeda ini menjadi pilihan gaya hidup

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga SelangitIstimewa / Dok. Brompton

Kamu bisa membawa Brompton dalam kereta hingga masuk ke dalam kantor tanpa perlu khawatir akan memakan tempat. Sepeda ini menjadi dari bagian dari pilihan gaya hidup.

Kamu juga bisa membawanya jalan-jalan menggunakan mobil dan bersepeda di tepi pantai ataupun area pegunungan lebih nyaman dengan sepeda ini. Beberapa asesoris tersedia seperti tas, pompa, atau lampu yang siap mempercantik sepeda ini.

Baca Juga: Tren Bersepeda Makin Diminati Warga Samarinda saat Pandemik COVID-19

4. Seri ekslusif sepeda Brompton

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga SelangitIstimewa / Dok. Brompton

Sepeda ini juga mempunya seri eksklusif yang harganya lebih mahal, misalkan saja Brompton Royal Wedding Edition 2011 yang hanya dibuat 300 unit untuk memperingati pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Didesain dengan warna sake white, dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail.

Selain itu, juga ada juga Brompton Jubilee 2012 yang dibuat terbatas cuma 500 unit untuk  memperingati tahun ke 60 Ratu Elizabeth II bertahta di kerajaan Inggris.

Baca Juga: Mirip Brompton, Ternyata Kreuz Sepeda Asli Buatan Bandung

5. Punya berbagai variasi seri

5 Fakta Sepeda Brompton, Unik dan Digemari Meski Harga SelangitIstimewa / Dok. Brompton

Brompton juga merupakan sepeda dengan banyak asesoris pendukung. Contohnya untuk gear-nya. Gear pada Brompton paling banyak hingga saat ini baru sampai 6 gear. Tiap gear memiliki fungsi yang berbeda. Misalkan 1 speed lebih simple dan ringan untuk bersepeda di medan perkotaan yang datar. 2 speed pilihan untuk medan datar dan agak menanjak, lebih fleksibel dan simpel. 3 speed pilihan yang paling pas untuk aktivitas sehari-hari dengan medan jalan yang naik turun.

Selain itu, Brompton juga menyediakan Mud Guard sebagai penahan lumpur pada roda sehingga menambah kenyamanan bersepeda, khususnya jika berada pada daerah yang basah, dan sering hujan. Terdapat beberapa jenis untuk Mud Guard ini dalam seri Brompton.

Ada juga pilihan lain yakni Brompton Version E, desainnya lebih ringan dan simple tetapi tidak cocok untuk daerah yang becek, sering hujan, atau berair karena tidak memiliki mudguard. Atau kalau kamu suka, kamu juga bisa memilih Version L yang memiliki pelindung lumpur pada roda depan dan belakang.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hobi yang Lagi Ngetrend, 10 Meme Bersepeda Ini Kocak Banget

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya