Comscore Tracker

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosong

Tidak perlu membeli panci atau wajan yang baru, deh

Sebagian orang enggan buang tenaga membersihkan panci gosong. Padahal jika tahu triknya, maka pantat panci hitam tersebut bisa kembali baru. Kamu gak perlu keluar uang lagi beli panci baru, cukup ikuti cara ini. Simak yuk!

1. Air soda

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosongforbes.com

Air soda ternyata cukup ampuh menghilangkan kerak gosong di pantat wajan, lho! Jadi, bila kamu punya soda di rumah jangan buru-buru di buang, kalau gak diminum. Caranya mudah, cukup menuangkan cairan soda tersebut ke pantat wajan yang hitam, kemudian selama dua jam. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan air mengalir menggunakan spons cuci piring.

2. Minyak sayur

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosongmedicalnewstoday.com

Selain soda, ternyata minyak sayur juga ampuh membersihkan kerak wajan. Tak perlu khawatir bagian belakang wajan menjadi licin, justru cairannya cukup ampuh menghilangkan bagian yang gosong. Caranya bukan dengan membasuh bagian bawah wajan dengan minyak sayur, melainkan dengan cara meletakkan bagian bawah wajan ke atas minyak sayur yang telah dipanaskan. Biarkan selama 15 menit, lalu mulailah membersihkan bagian bawahnya dengan spons hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: 6 Cara Hindari Goresan Pada Panci Kesayanganmu, Gampang Banget!

3. Jeruk nipis

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosongsydneymarkets.com.au

Mungkin untuk cara yang satu ini, sudah banyak yang tahu. Ya, jeruk nipis. Dengan tingkat asam yang tinggi, jeruk nipis ampuh membantu menghilangkan pantat panci atau wajan yang gosong. Meski demikian kamu harus menggunakan jeruk nipis dengan beberapa bahan tambahan, antara lain adalah air mendidih dan sabun pencuci piring. Kamu cukup hanya mencampurkan jeruk nipis dan sabun pencuci piring dan kemudian tuangkan itu semua ke dalam air mendidih.

Selanjutnya, letakkan bagian pantat panci atau wajan dan biarkan hingga semalaman. Kemudian, kamu dapat mulai membersihkan bagian keraknya dengan menggunakan spons.

4. Cuka

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosongthekitchn.com

Tentu setiap rumah biasanya selalu memiliki cuka di dapur. Daripada jarang digunakan dan hanya diletakkan begitu saja, tidak ada salahnya bila kamu memanfaatkan bahan tersebut untuk membantu menghilangkan noda dan kerak membandel pada pantat wajan. Cuka dapat digunakan hanya dengan disemprotkan atau dibalurkan pada bagian belakang wajan. Setelah itu, gunakanlah wol baja untuk menggosok bagian tersebut hingga benar-benar bersih.

5 Abu gosok

Terbukti, 5 Cara Sederhana Ini Ampuh Bersihkan Panci Gosongalibaba.com

Cara yang satu ini dapat terbilang paling tradisional bila dibandingkan dengan cara lainnya. Memang bila dilihat dari bahan yang digunakan, beberapa rumah mungkin tidak memiliki abu gosok di rumah. Sebagai gantinya, kamu dapat membeli abu gosok di pasar untuk kemudian kamu gunakan.

Caranya cukup hanya dengan mencampurkan abu gosok dengan air sampai dengan menjadi pasta. Selanjutnya balurkan pasta abu gosok tersebut ke seluruh permukaan panci dan gosoklah dengan menggunakan sikat gigi atau sikat lainnya. Ulangi hal tersebut sampai bagian gosong pada pantat wajan bisa benar-benar hilang.

Nah, beberapa cara di atas dapat kamu coba sesuai kebutuhan dan ketersediaan bahan pembersih yang kamu miliki agar wajan kamu kembali baru. Mudah dan sederhana lho!

Baca Juga: Wajan Gosong? Ini 10 Cara Membuatnya Kembali Bersih dan Berkilap 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Tresna Nur Andini di IDN Times Community dengan judul 5 Tips Membersihkan Pantat Panci yang Gosong, Mudah dan Tampak Baru!

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya