Comscore Tracker

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sains

Selalu ada kemungkinan manusia bisa hidup di planet lain

Pada 20 Juli 1969,  Neil Armstrong mendarat di bulan untuk kali pertama. Tahun berbilang dekade, langkah senada diikuti oleh berbagai eksplorasi luar angkasa. Manusia mulai menjelajahi planet lain di tata surya. Misi ini dilakukan untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah mencari kemungkinan apakah manusia bisa hidup di planet lain.

Tahukah kamu, apa saja misi penjelajahan luar angkasa yang pernah dilakukan? Manakah yang paling luar biasa dan membawa perubahan besar bagi manusia? Let's find the answer here!

1. Yuri Gagarin, manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainsrusskiymir.ru

Berbicara soal penjelajahan ke luar angkasa tidak lengkap bila tidak menyertakan Yuri Gagarin. Ia adalah pilot dan kosmonaut dari Angkatan Udara Soviet yang berhasil menjadi manusia pertama yang berhasil menembus luar angkasa. Dengan Vostok 1, ia menyelesaikan satu orbit bumi pada 12 April 1961.

Di ketinggian 23 ribu kaki (setara dengan 7 kilometer), Gagarin keluar dari kapsul dan mendarat menggunakan parasut. Pendaratan ini dinilai tidak aman dan menuai kontroversi. Meski begitu, Gagarin mendarat dengan selamat dan dengan segera dinobatkan menjadi pahlawan nasional Uni Soviet.

2. Pendaratan Neil Armstrong bersama Apollo 11 di bulan pada 20 Juli 1969

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainscnn.com

Apollo 11 merupakan pesawat luar angkasa pertama yang berhasil mendaratkan manusia di bulan. Ada 3 orang yang berangkat ke bulan dalam misi ini, yaitu Neil Armstrong sebagai komandan, Michael Collins sebagai pilot modul komando dan Edwin 'Buzz' Aldrin sebagai pilot modul lunar.

Apollo 11 diluncurkan di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat pada 16 Juli 1969 dan mendarat di bulan pada 20 Juli 1969. Lalu, pada 24 Juli 1969, Apollo 11 mendarat kembali di bumi, tepatnya di Samudera Pasifik dan dibawa kembali ke daratan oleh kapal USS Hornet.

3. Misi Mariner 10 menjelajahi Merkurius dan Venus pada 3 November 1973

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainswikipedia.org

Bukan hanya bulan yang dijelajahi, kini giliran Merkurius, planet yang terdekat dengan matahari dan Venus sekaligus. NASA meluncurkan Mariner 10 pada 3 November 1973 untuk meneliti tentang planet Merkurius dan Venus. Tujuan misi ini adalah untuk mengukur lingkungan, atmosfer, permukaan dan karakteristik Merkurius dan Venus.

Mariner 10 mengudara selama 1 tahun 4 bulan 21 hari. Misi Mariner 10 berakhir pada 24 Maret 1975. Selama terbang di Venus, Mariner 10 menemukan bukti awan yang berputar serta medan magnet yang sangat lemah. Di Merkurius, Mariner 10 menemukan fakta bahwa permukaan planet ini mirip dengan bulan.

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainsflickr.com

Selain itu, Mariner 10 menemukan bahwa atmosfer Merkurius terdiri dari helium, memiliki medan magnet dan inti planet yang kaya akan besi. Mariner 10 juga berhasil menemukan suhu planet Merkurius, yaitu suhu siang hari 187 derajat cesius dan suhu malam hari minus 183 derajat celsius.

Meski sudah berhenti beroperasi, Mariner 10 tidak kembali ke bumi dan diperkirakan masih mengorbit di antara Merkurius dan Venus. Diperkirakan, sistem elektroniknya telah rusak akibat radiasi matahari. Mariner 10 yang masih mengudara juga terancam rusak akibat dihantam asteroid.

4. Pesawat luar angkasa, Viking 1, pertama mendarat di Mars pada 20 Juli 1976

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainsjpl.nasa.gov

Viking 1 adalah pesawat luar angkasa pertama yang mendarat di Mars, yang dikirim bersamaan dengan Viking 2. Pesawat ini pertama kali diluncurkan pada 20 Agustus 1975 dan mendarat di Mars pada 20 Juli 1976, setelah menempuh perjalanan sekitar 10 bulan lamanya.

Tujuan utama Viking 1 dikirim ke Mars adalah untuk mencari bukti kehidupan di planet Mars. Data ini nantinya akan menjadi rujukan apakah manusia bisa tinggal di sana atau tidak. Viking 1 juga bisa mengukur komposisi dan kelimpahan senyawa organik di tanah Mars. Pesawat itu bertahan hingga 2.307 hari waktu bumi atau 2.245 hari waktu Mars.

Baca Juga: Mengenal Juno, Pesawat Luar Angkasa Tercepat Milik NASA 

5. Menjelajahi Mars dengan robot Opportunity 'Oppy' Rover pada 24 Januari 2004

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainstime.com

Siapa yang tak kenal dengan Opportunity, robot penjelajah Mars buatan NASA? Dijuluki sebagai Oppy, robot ini pertama kali diluncurkan pada 7 Juli 2003 dan mendarat di Mars pada 24 Januari 2004, tujuh bulan sejak diluncurkan dari bumi. Oppy punya kemampuan luar biasa, seperti mengisi ulang baterai dengan tenaga surya dan berhibernasi dari badai debu untuk menghemat dayanya.

Para peneliti merencanakan Oppy bertahan selama 90 hari di Mars, tak terduga bahwa Oppy bisa bertahan lebih dari itu! Tak disangka, Oppy bisa bertahan hingga 14 tahun! Sedihnya, karena badai debu hebat yang melanda Mars, lapisan panel surya Oppy tertutupi oleh debu dan menyebabkan Oppy tak bisa beroperasi lagi.

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainsfirstpost.com

Pada 13 Februari 2019, NASA menyatakan bahwa misi Oppy telah selesai setelah robot itu gagal merespons lebih dari 1.000 sinyal yang dikirim sejak Agustus 2018. Sebelum badai debu, Oppy mengirimkan satu pesan terakhir yang menyesakkan. Pesan ini ditransmisikan pada 10 Juni 2018 lalu.

"Baterai saya hampir habis dan semakin gelap di sini," - Opportunity 'Oppy' Rover.

NASA mati-matian berupaya membangunkan Oppy dengan segala cara. Termasuk mengirim perintah dan lagu pemulihan, namun tidak ada yang berhasil. Kematian Oppy disambut dengan kesedihan dan isak tangis dari para penggemar NASA. Tak sedikit pula yang mempersembahkan lagu dan fan-art untuk Oppy. We will never forget you, Oppy!

6. The International Space Station (ISS), satelit buatan dengan ukuran terbesar

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainswikipedia.org

Tak lupa, ada The International Space Station (ISS), satelit buatan yang bisa dihuni di orbit bumi yang rendah. Memang, ini bukan satelit yang pertama, namun ini adalah yang terbesar. ISS berada di ketinggian 330-435 kilometer dan berfungsi sebagai laboratorium penelitian untuk berbagai bidang sains.

ISS adalah proyek besar dan berskala internasional. Roket Rusia dan pesawat ulang-alik Amerika digunakan untuk pembangunannya. ISS pertama kali diluncurkan pada 20 November 1998 dan masih beroperasi hingga kini. ISS memiliki panjang 72,8 meter, lebar 108,5 meter dan tinggi 20 meter. Para astronaut pun bisa singgah di dalamnya. Keren!

7. Voyager 1 diluncurkan untuk meneliti Jupiter dan Saturnus

7 Misi Jelajah Antariksa yang Membawa Perubahan Besar di Dunia Sainsscienceabc.com

Terakhir, ada Voyager 1, wahana antariksa yang diluncurkan untuk mengamati Jupiter, Saturnus dan Titan (satelit alami terbesar Saturnus). Voyager 1 pertama diluncurkan pada 5 September 1977 dan masih beroperasi sampai sekarang. Terhitung, sudah 41 tahun Voyage 1 mengorbit dan masih menerima perintah serta mengirimkan data ke bumi.

Voyager 1 mulai memotret Jupiter pada Januari 1979. Setelah meneliti Jupiter, Voyager 1 beranjak pergi ke Saturnus dan tiba pada November 1980. Voyager 1 melakukan penelitian terhadap atmosfer, cincin planet dan planet alami dari planet tersebut. Ditemukan fakta bahwa 7 persen volume atmosfer Saturnus terdiri dari helium, sementara hampir semua sisanya adalah hidrogen.

Nah, itulah 7 penjelajahan luar angkasa terbesar yang dilakukan oleh manusia. Kalau kamu, paling kagum dengan misi yang mana, nih?

Baca Juga: 8 Potret Keadaan Bumi Jika Dilihat dari Luar Angkasa, Mengagumkan!

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya