Comscore Tracker

Pocong Penghalau Corona di Purworejo Viral di Korea, Netizen Ngakak!

Disebut pocchongie, gak jadi serem malah menggemaskan!

Orang Indonesia memang terkenal dengan cara pikir kreatif dan uniknya. Baru-baru ini, upaya Kabupaten Purworejo untuk menghalau masyarakat agar tidak keluyuran dan tertular virus corona menarik perhatian. Beberapa orang petugas menyamar sebagai pocong agar masyarakat tak berani keluar rumah.

Ternyata, berita tentang pocong penghalau warga yang keluyuran di tengah wabah virus corona ini menarik perhatian sampai ke Korea Selatan. Seperti apa kocaknya liputan pocong corona di negeri ginseng Korea Selatan, simak di sini.

1. Sejumlah kantor berita Korea Selatan membahas fenomena pocong corona di Purworejo. Bahkan menjelaskan tentang apa itu pocong

Pocong Penghalau Corona di Purworejo Viral di Korea, Netizen Ngakak!yna.co.kr

Pada 31 Maret, Yonhap News Agency mengangkat peristiwa unik di Purworejo tersebut dalam artikel mereka. Dalam berita tersebut, dijabarkan tentang usaha sebuah desa di Purworejo untuk menghalau masyarakat dengan menempatkan petugas yang menyamar sebagai pocong.

Tak hanya sampai di situ, Yonhap juga menjelaskan tentang apa itu pocong lho! Salah satu kantor berita terbesar di Korea Selatan ini menjelaskan bahwa orang Indonesia muslim yang meninggal harus dibungkus dalam kain kafan dan diikat kedua ujungnya sehingga disebut pocong. Saat dimakamkan, tali ini harus dibuka. Jika tidak, dipercaya bahwa jiwa orang tersebut tak bisa benar-benar meninggalkan jenazahnya. 

Yonhap bahkan menghubungi penulis Bae Dong-sun yang pernah mempelajari tentang budaya hantu di Indonesia untuk meminta pendapatnya. "Pocong adalah hantu Indonesia yang unik. Biasanya mereka terbang atau teleportasi," ujarnya seperti dikutip dari Yonhap News Agency.

2. Media televisi JTBC dan MBC juga meliput fenomena pocong corona lho!

JTBC dan MBC, dua stasiun televisi terbesar di Korea Selatan pun turut meliput peristiwa unik di Purworejo tersebut. Fenomena pocong penghalau corona pun jadi salah satu segmen di acara berita mereka.

Gak sembarangan, mereka juga membahas serba serbi tentang hantu khas Indonesia ini sehingga penonton paham akan pocong. Tak lupa dilengkapi rekaman-rekaman kocak saat orang menyamar jadi pocong. 

Bukannya jadi takut sama pocong, pemirsa malah ngakak melihat petugas yang menyamar jadi pocong ini.

Baca Juga: Niat Bikin Video Prank Pocong, Pria di Gowa Diamankan Polisi 

3. Netizen Indonesia ngakak dengan penggambaran media Korea tentang Pocong yang menggemaskan. Bahkan disebut "Pocchongie!"

Selain heran karena fenomena ini bisa sampai negeri ginseng, netizen Indonesia juga dibuat terbahak-bahak dengan cara media Korea Selatan untuk menggambarkan pocong.

Di sejumlah berita ini, pocong disebut sebagai "pocchongie". Padahal akhiran "ie" pada sebuah nama biasa dipakai masyarakat Korea untuk memanggil orang yang lebih muda, panggilan sayang.

Otomatis julukan tak jadi seram, membuat pocong terdengar imut dan menggemaskan.

4. Komentar netizen Korea Selatan pun tak kalah kocak!

Alih-alih takut, netizen Korea Selatan malah jadi gemas dan geli dengan sosok hantu bungkus ini. Di kolom komentar maupun sosial media, netizen Korea Selatan mengunggah komentar yang menertawakan pocong. 

Baca Juga: Dulu Jadi Pocong Mumun, Ini 10 Potret Eddies Adelia yang Menawan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya