Comscore Tracker

Ajaib, Bocah Selamat setelah 3 Jam Terapung di Tengah Laut 

Bocah tersebut jatuh dari sebuah kapal penyeberangan

Jakarta, IDN Times - Warganet dihebohkan video ajaib seorang bocah ditemukan selamat setelah tiga jam terapung di tengah perairan Pulau Laki Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Luar biasanya, bocah ini bertahan hidup dengan berenang tanpa pelampung maupun alat keselamatan sama sekali. 

Selama proses hidup mati itu, kapal patroli TNI AL menemukannya dalam kondisi kelelahan hingga hampir tenggelam. 

"Anak tersebut berusaha mempertahankan daya apungnya berenang tanpa arah karena sekelilingnya tidak terlihat daratan. Oleh tim rescue dinaikkan ke atas sekoci dan selanjutnya dibawa menuju KRI Sembilang-850 untuk dilaksanakan pertolongan pertama,” ujar Komandan KRI Sembilang-850 Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi, dalam keterangan tertulis, Senin (21/6/2021).

1. Ditemukan oleh KRI Sembilang-850 yang sedang patroli

Ajaib, Bocah Selamat setelah 3 Jam Terapung di Tengah Laut Bocah terapung di tengah laut Perairan Pulau Seribu. (DOK. TNI-AL)

Peristiwa tersebut terjadi pukul 08.30 WIB, KRI Sembilang-850 saat itu sedang melaksanakan patroli keamanan laut di perairan Barat Laut Pulau Laki. Saat itu juru pengawas melihat kontak visual benda terapung di haluan lambung kiri dengan jarak 100 meter.

“Setelah mendekat kurang lebih jarak 50 meter, terlihat sosok seseorang sedang terapung-apung,” ujar Nanang.

Baca Juga: Pancing Kerumunan, Satgas COVID-19 Balikpapan Bubarkan Pengobatan YHS 

2. Berhasil diselamatkan dengan kondisi pucat dan menggigil

Ajaib, Bocah Selamat setelah 3 Jam Terapung di Tengah Laut Ilustrasi laut. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Melihat kejadian tersebut, Mayor Nanang langsung menurunkan sejumlah tim dan perahu sekoci untuk memberikan pertolongan dan evakuasi. 

Dalam video penyelamatan, anggota TNI langsung mengulurkan tangan mereka untuk menolong bocah tersebut.

“Eh dek kenapa? Sini sini naik. Kita tolongin dek. Ayo naik. Kamu kenapa? Kita tolongin. Ayo naik dek naik dulu. Ini di laut lho ya, dalem tengah laut," kata anggota TNI AL dalam video yang viral tersebut.

Bocah tersebut pun berhasil diselamatkan ke atas sekoci dengan kondisi wajah yang pucat dan tubuh menggigil.

3. Bocah bernama Ridho terjatuh dari kapal dan berusaha bertahan selama 3 jam

Ajaib, Bocah Selamat setelah 3 Jam Terapung di Tengah Laut Bocah terapung di tengah laut Perairan Pulau Seribu. (DOK. TNI-AL)

Bocah luar biasa ini ternyata pelajar asal Pulau Harapan Kepulauan Seribu bernama Ridho Ilhami (14). Kepada para personel TNI AL, ia mengaku tak sengaja terjatuh ke laut saat menumpang kapal penyeberangan dari Kronjo Banten menuju Pulau Harapan Perairan Kepulauan Seribu. 

Nah, di tengah perjalanan itu, Ridho terjatuh dan bertahan hidup selama 3 jam di tengah laut hingga ditemukan kapal patroli TNI AL. Korban selanjutnya dibawa menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Untung Jawa. 

"Korban diantarkan menuju Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Untung Jawa yang selanjutnya dipertemukan dengan keluarganya," tutur Mayor Nanang.

Baca Juga: Tren Pandemik COVID-19 di Kaltim Cenderung Naik

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya