TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Panduan Praktis Menggunakan Metode SMART untuk Tujuan Pribadi

Gapai target dengan mudah

ilustrasi menetapkan tujuan (unsplash.com/Jason Goodman)

Samarinda, IDN Times - Metode SMART banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk menentukan target yang ingin dicapai. Namun, tidak ada salahnya jika metode ini diterapkan pada pembuatan tujuan pribadi.

Menyusun resolusi untuk tahun baru menjadi penting agar rencana ke depan lebih terarah. Berikut adalah cara menggunakan metode SMART untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

1. Spesific (spesifik)

Tentukan secara jelas apa yang ingin Anda capai. Untuk membantu, gunakan rumus 5W+1H (What, Why, When, Where, Who, How). Dengan tujuan yang spesifik, Anda dapat merencanakan langkah-langkah yang lebih efektif untuk mencapainya.

2. Measurable (terukur)

Bagaimana Anda akan mengukur kemajuan? Identifikasi indikator yang dapat menunjukkan apakah Anda telah bergerak maju. Misalnya, jika ingin menambah pengikut di media sosial, lihat berapa banyak pengikut baru dalam sebulan. Jika tujuan Anda adalah meningkatkan skala bisnis, perhatikan perkembangan margin keuntungan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Panduan Lengkap, Toko Bahan Kue Terbaik di Samarinda

3. Attainable (dapat dicapai)

Apakah tujuan Anda dapat dicapai secara realistis dalam kerangka waktu yang ditetapkan? Pastikan tujuan yang Anda buat dapat dicapai. Misalnya, ingin menjadi atlet bola basket mungkin terlalu tinggi jika tidak memiliki kemampuan yang diperlukan. Namun, Anda dapat menetapkan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dengan fokus pada jumlah tembakan yang dihasilkan.

4. Relevant (relevan)

Pastikan tujuan Anda relevan dengan aspirasi jangka panjang. Misalnya, menonton lebih banyak film klasik mungkin tidak mendukung tujuan utama Anda dan bisa mengalihkan perhatian. Pilihlah tujuan yang selaras dengan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

5. Time-Bound (dibatasi waktu)

Tetapkan tanggal spesifik untuk mencapai tujuan Anda. Ini akan membantu memprioritaskan tugas dan mendorong tindakan. Jika Anda tidak mencapai tujuan pada waktu yang ditentukan, jangan merasa kecewa. Kenali kemajuan yang telah dicapai, evaluasi kembali tujuan Anda, tetapkan tanggal baru, dan teruskan.

Menggunakan metode SMART dapat membantu Anda merumuskan dan merencanakan tujuan dengan lebih efektif. Selamat mencoba mencapai tujuan Anda!

Baca Juga: 10 Lokasi Kuliner di Samarinda yang Sajikan Ragam Menu Enak

Verified Writer

Nimatus Suriah

Hai hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya