TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah untuk Membangun Jiwa Pemimpin yang Menginspirasi

Apakah kamu siap menjadi berkarisma?

ilustrasi orang yang percaya diri (pexels.com/Rebrand Cities)

Balikpapan, IDN Times - Menurut KBBI, "karisma" adalah atribut kepemimpinan yang bersumber dari kualitas kepribadian individu. Orang yang karismatik seringkali dikagumi karena kualitas kepemimpinan mereka yang kuat. Selain itu, kemampuan untuk menyampaikan rasa aman dan ketenangan juga mencerminkan karisma yang kuat dalam diri seseorang.

Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi karismatik. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kepribadian yang karismatik. Berikut adalah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa karismatik.

1. Mempunyai sikap positif dan bisa menghadirkan perubahan positif

Ilustrasi wanita bersama teman (pexels/Ketut Subiyanto)

Karisma atau kepemimpinan Anda akan tercermin ketika Anda mampu memberikan kontribusi positif bagi orang-orang di sekitar Anda. Meskipun pengaruh yang Anda berikan mungkin terlihat kecil, kehadiran Anda akan selalu dinantikan jika dapat memberikan dampak positif.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

2. Memiliki rasa empati dan berbagi kepada sesama

Ilustrasi berbagi kepada sesama (pexels/Rodnae Productions)

Memiliki empati terhadap orang lain akan membuat mereka merasa dihargai. Ketulusan dan perhatian yang Anda tunjukkan kepada orang lain akan membentuk hubungan yang baik. Orang lain akan merasa nyaman di sekitar Anda ketika mereka merasa didengar dan dipahami.

3. Kenali diri dan bertumbuhlah

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu harus bisa mengenali dirimu sendiri untuk mejadi orang yang berkarisma. Kamu tidak bisa mengubah perilakumu, jika kamu tidak menyadarinya. Karisma merupakan sikap yang dimiliki seorang pemimpin.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Ilustrasi wanita percaya diri (pexels/Moose Photos)

Percaya diri merupakan kunci untuk memiliki karisma yang kuat. Ketika Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Anda akan memancarkan aura yang menenangkan dan memikat bagi orang lain. Orang lain akan merasa nyaman di sekitar Anda karena mereka merasa didukung dan dihargai.

Writer

Edo Finar Dyo Steven

Penulis Artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya