Comscore Tracker

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!

Banyak yang perlu disiapkan

Kerja kantoran dengan jenjang karier yang menjanjikan tak menjamin seseorang merasa betah bekerja. Tak jarang, banyak orang merasa suntuk dan jenuh dengan rutinitas yang dijalani setiap hari. Alhasil, banyak dari mereka yang memilih untuk resign dan mulai membangun bisnisnya sendiri. 

Membangun sebuah bisnis juga bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Selain harus memang benar-benar niat, membangun bisnis juga membutuhkan modal yang cukup besar. Maka dari itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk memulai bisnis berbasis rumahan sebagai langkah awalnya.

Nah, bagi kamu yang memang berniat untuk memulai bisnis berbasis rumahan, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk sukses dalam menjalani bisnis rumahan!

1. Pilih bidang usaha yang sesuai dengan passion

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!theselfemployed.com

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bekerja sesuai dengan passion, benar tidak? Maka dari itu, pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Selain dapat menjadi lebih bersemangat, pekerjaan yang kamu jalani juga nantinya akan jadi terasa lebih ringan dan bisa lebih cepat dalam meraih sebuah kesuksesan. Jadi, jika misalnya kamu punya passion di bidang kecantikan, kamu bisa mulai menjual berbagai macam produk kecantikan melalui media offline maupun online, atau kamu juga bisa membuka bisnis kuliner jika memang kamu hobi memasak.

2. Tentukan keunikan pada produk

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!unsplash.com/Nicole Honeywill

Di zaman sekarang, bukan hanya satu, dua, atau tiga orang saja yang memiliki bisnis rumahan. Melainkan ribuan orang di luar sana juga telah memilih untuk membuka bisnisnya sendiri. Maka dari itu, selain harus bermanfaat, penting bagi kamu untuk memiliki keunikan pada produk yang kamu jual, agar produkmu mudah dilirik dan diingat oleh para konsumen.

Baca Juga: Ini 7 Peluang Bisnis yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga

3. Jangan lupa tentukan visi dan misi

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!creativeboom.com/

Visi biasa diartikan sebagai gambaran atau tujuan yang ingin dicapai di masa depan, sedangkan misi yaitu cara yang harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Jadi, mau itu perusahaan besar atau hanya bisnis berbasis rumahan, visi dan misi memiliki peranan yang cukup penting dalam menentukan tujuan dan target seperti apa yang ingin dicapai di masa depan. Dengan adanya visi dan misi, usaha yang dijalani pun juga akan menjadi lebih terarah.

4. Meminta dukungan teman dan keluarga

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!unsplash.com/Brooke Cagle

Ketika kamu ingin merintis sebuah usaha, maka tidak ada salahnya untuk meminta restu dan dukungan dari keluarga dan teman-teman terdekat. Tanpa kamu sadari, merekalah orang-orang yang nantinya akan selalu membantu dan mendukungmu di kala susah maupun senang. Jangan malu dan jangan sungkan karena dengan meminta restu dari mereka, siapa tahu saja usaha yang akan kamu jalani bisa menjadi sangat sukses nantinya.

5. Jangan malas untuk belajar administrasi

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!livemint.com

Meski hanya membuka bisnis berbasis rumahan, namun sangat penting untuk bisa memahami peran administrasi di dalam usaha. Kamu harus bisa mencatat segala pemasukan yang ada meskipun nilainya masih terbilang kecil. Kamu juga harus bisa memisahkan antara uang pribadi dengan uang hasil usaha. Meski terlihat cukup sederhana, namun inilah dasar-dasar administrasi yang harus kamu pahami saat sedang melakukan suatu usaha.

6. Perhitungkan modal

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!thepennyhoarder.com

Modal usaha menjadi salah satu faktor yang cukup penting ketika ingin memulai suatu usaha. Kamu harus bisa menghitung dengan cermat kira-kira berapa biaya atau modal usaha yang kamu perlukan. Sebisa mungkin, hindari membeli segala sesuatu yang dirasa tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan, ya!

7. Pilihlah waktu yang tepat untuk memulai usaha

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!cnbcfm.com

Pemilihan waktu juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting saat kamu ingin merintis sebuah usaha. Jika salah sedikit saja, bisa-bisa hanya kerugian yang akan kamu dapatkan. Misalnya saja di zaman sekarang yang sedang booming mengenai KPop, kamu bisa lho menjual berbagai macam aksesoris, album, ataupun merchandise tentang KPop. Atau juga di saat hari-hari menjelang lebaran, kamu bisa mulai menjual berbagai macam kue lebaran ataupun busana muslim.

8. Lakukan promosi

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!parade.com

Bagaimana produkmu akan dikenal dan diketahui oleh banyak orang jika kamu saja tidak pernah mempromosikannya. Promosi sendiri juga menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan dan menjual produkmu kepada konsumen. Kamu bisa meminta tolong teman atau kerabat untuk bisa mempromosikan usahamu, atau kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram yang jauh lebih mudah dan praktis tentunya.

9. Buang pikiran negatif mengenai kegagalan

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!mindatworkpsychology.com.au

Yang namanya membuka sebuah usaha, pasti pilihannya hanya akan ada dua, yaitu kesuksesan dan kegagalan. Jika kamu dari awal sudah merasa takut akan kegagalan, sudah bisa dipastikan bahwa usahamu ke dapannya akan gagal. Kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri dan buang jauh-jauh segala pikiran mengenai kegagalan. Kegagalan itu memang pasti adanya, namun seorang pebisnis sejati pasti akan mampu bangkit dan bisa belajar dari kegagalan tersebut.

10. Berikan segala sesuatu yang terbaik untuk para konsumen

10 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Rumahan, Niat Saja Tak Cukup!flexjobs.com

Kamu pasti sudah sering sekali kan mendengar kalimat bahwa ''pembeli itu adalah raja''. Maka dari itu, untuk bisa meraih hati dari konsumen atau pembeli, kamu harus bisa memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk mereka. Mau itu dalam hal produk yang kamu jual, ataupun respons yang kamu berikan. Kamu harus bisa membuat mereka merasa puas, sehingga mereka bisa merekomendasikanmu pada konsumen yang lain.

Nah, itulah10 tips sukses untuk memulai bisnis rumahan. Jadi memang harus benar-benar punya niat yang kuat dan cobalah untuk menerapkan 10 hal di atas untuk merintis usahamu. Semoga sukses!

Baca Juga: 5 Artis Ini Punya Usaha Kopi Kekinian Lho, Sudah Ada yang Mampir?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya