Comscore Tracker

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswas

Tenang saja pasti dapat kerja kok!

Wabah virus corona atau COVID-19 berdampak ke berbagai lini, ekonomi salah satunya. Akibatnya, berbagai perusahaan merumahkan karyawannya bahkan ada pula merasakan pemutusan hubungan kerja (PHK).

PBB memprediksi sebanyak 24 juta orang bakal kehilangan pekerjaan akibat wabah dengan kode COVID-19 ini. Meski demikian, tak perlu waswas tak mendapatkan pekerjaan baru di tengah teror pandemi virus corona. Berikut 5 tips dari IDN Times biar lancar cari kerjanya!

1. Highlight kemampuan dan pengalaman kerja remote

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu WaswasIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kerja remote menjadi tren kerja di zaman modern ini. Sistem kerja ini membebaskan karyawan untuk bekerja dari mana saja, selama tempat tersebut menunjang produktivitas kamu.

Pengalaman kerja remote tentu menjadi poin positif saat wabah COVID-19 ini. Perusahaan bakal menilaimu mampu bekerja produktif meski gak berada di kantor dan diawasi secara langsung. 

2. Tampilkan pengalaman menggunakan produk digital

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu WaswasPixabay/fancycrave1

Sistem work from home (WFH) membuat semuanya kerja serba digital. Oleh karena itu, apabila kamu terbiasa menggunakan produk-produk digital, kamu tentunya punya nila tambah bagi pemberi kerja.

Produk digital ini bermacam-macam. Misalnya, yang kini sedang tren adalah Zoom untuk video call. Lalu, ada juga berbagai produk Google seperti Google Hangout, Google Doc, dan lain-lain.

3. Fokuskan mencari kerja di bidang digital saja

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswasunsplash/Icon8 Team

Keadaan yang kurang kondusif, membuat pekerjaan dengan skill fisik, kini terlihat sulit. Oleh karena itu, selain mengasah kemampuan produk digital, kamu juga bisa mengalihkan fokus pencarian kerjamu pada pekerjaan digital. 

Banyak banget kok perusahaan yang kini mulai beralih ke digital untuk terus berkembang. Mereka membutuhkan digital marketing, admin, social media manager, dan pekerjaan digital lainnya. Kamu bisa mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu.

Baca Juga: Repotnya Orangtua Work from Home Saat Bimbing Anak Belajar di Rumah

4. Sambil menunggu panggilan kerja, sebaiknya kembangkan kemampuan profesional dan koneksimu

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswaspexels/fauxels

Di rumah saja bukan berarti kamu diam dan pasrah menunggu panggilan interview. Justru, ini jadi kesempatan mengasah kemampuan profesional kamu di bidang yang diburu saat ini. 

Selain mengembangkan kemampuan profesional, kamu juga perlu memperluas koneksi. Semakin banyak koneksi berkualitas, kamu tentu akan semakin terlihat dapat dipercaya oleh perusahaan.

5. Tetap aktif mengirimkan resume ke perusahaan

5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswaspexels/Lukas

Perusahaan masih merekrut karyawan baru kok di tengah wabah COVID-19 ini. Oleh karena itu, kamu harus tetap aktif mengirimkan resume sambil terus memperbaiki kualitas diri. 

Tapi, ingat! Aktif mengirim resume gak sama dengan spam ya! Kamu juga perlu memastikan sopan santun mengirim resume.

Itu tadi 5 tips cari kerja di tengah wabah virus corona. Semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan!

Baca Juga: Work From Home, Ini 7 Aplikasi Terbaik yang Bisa Membantu Kamu

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya