Comscore Tracker

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!

Jangan sampai gagal karena gangguan jaringan lho!

Balikpapan, IDN Times - Mendapat panggilan kerja dari perusahaan idaman tentu adalah kabar yang membahagiakan. Saat ini banyak perusahaan yang tidak melakukan wawancara tatap muka, melainkan cukup melalui telepon saja.

Tentu saja persiapan wawancara tatap muka sangat berbeda dengan wawancara melalui sambungan telepon. Agar wawancara via telepon sukses terlaksana, baca dahulu tips-tips di bawah ini yuk:

1. Cari informasi secara detail dan lakukan riset

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/cotton bro

Sebelum melakukan wawancara via telepon, jangan lupa cari informasi sejelas-jelasnya. Mulai dari jam wawancara (pastikan pula zona waktunya), siapa saja yang akan mewawancarai (serta posisi masing-masing pewawancara), nomor lain yang dapat dihubungi jika panggilan telepon terputus saat wawancara, dan lain-lain. 

Kamu juga dapat melakukan riset siapa yang akan mewawancarai kamu dengan mencari profilnya. Gunanya agar kamu bisa menjawab dengan tepat, memahami dengan spesifik posisi yang kamu lamar, apa yang dilakukan tim, sejarah perusahaan, misi perusahaan, dan suasana perusahaan secara keseluruhan.

Jika kamu lebih jeli lagi, kamu bahkan mengetahui selera humor, perjalanan karier pewawancara atau minatnya. Sehingga kamu dan user yang mewawancarai dapat lebih click.

Sehingga kamu menambah nilai plus diri kamu dibanding kandidat lainnya lho!

2. Latihan wawancara dan buat lembar catatan

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/RODNAE Productions

Persiapkan diri kamu dengan menuliskan prediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara. Tulis jawaban terbaikmu, pilihan kata sangat mempengaruhi keberhasilan wawancara dan berlatihlah menjawab via telepon.

Untuk hasil lebih maksimal, kamu dapat berlatih dengan menelepon teman. Minta teman mendengarkan jawaban kamu dan memberikan saran dan masukan untuk kamu.

Kelebihan wawancara via telepon daripada wawancara langsung adalah kamu dapat menyiapkan catatan kecil untuk hal-hal penting. Namun jangan membaca catatan seperti membaca teks saat kamu sedang wawancara, hal ini dapat disadari oleh pewawancara.

3. Siapkan alat "perang" dan cari tempat yang ideal

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/Pixabay

Persiapkan dengan baik handphone atau telepon yang akan kamu gunakan, pengisi daya
headphone, buku dan alat tulis, air minum sebagai penolong kamu saat suara serak. Satu hal lagi, sangat disarankan untuk menggunakan earphone untuk kelancaran saat wawancara melalui telepon.

Pastikan kamu melakukan wawancara di tempat yang tenang, nyaman, dan nyaman. Jika di rumah, kamu bisa lakukan di kamar yang jauh dari kebisingan. Namun jika kamu memutuskan untuk wawancara di luar rumah, seperti kafe atau menyewa workspace, pastikan tempatnya tidak berisik.

Kalau perlu lakukan booking tempat beberapa hari sebelumnya. 

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Kota Balikpapan, Cantik dan Menawan 

4. Berbicara dengan semangat namun jangan terlalu cepat

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/RODNAE Productions

Tips saat wawancara dimulai, kamu harus tepat waktu dan angkat telepon pada dering kedua atau ketiga. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang dalam wawancara telepon adalah tidak terdengar cukup energik dan bersemangat.

Karena pewawancara tidak dapat melihat secara langsung, kamu harus bekerja ekstra keras untuk menunjukkan betapa antusiasnya kamu dengan wawancara ini.

Hindari berbicara terlalu cepat saat sedang bersemangat, karena yang diandalkan saat wawancara melalui telepon adalah suara. Jadi pastikan semua yang kamu katakan jelas dan ringkas.

5. Jadilah pendengar yang baik

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/Cottonbro

Jangan menjadi orang yang membuat pewawancara mengulangi pertanyaannya lagi dan lagi. Hal ini terdengar menjengkelkan dan mengganggu proses wawancara. Gunakan earphone jika diperlukan, serta fokus penuh pada wawancara yang berlangsung.

Jangan melakukan kegiatan alias, jangan mengerjakan sesuatu yang lain, atau bahkan membaca catatan saat pewawancara sedang berbicara. 

6. Kirim catatan terima kasih setelah wawancara

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/Cottonbro

Lakukan hal ini segera setelah wawancara melalui telepon berakhir. Mengirim pesan terima kasih tepat di hari wawancara adalah waktu yang sangat ideal. Beberapa tips saat menuliskan ucapan terima kasih :

  • Ucapkan terima kasih kepada pewawancara karena telah mewawancarai kamu
  • Tuliskan topik percakapan yang menarik dan berkesan untuk kamu
  • Tekankan semangat kamu untuk posisi dan perusahaan yang kamu tuju
  • Sampaikan dengan singkat dan hangat

Contoh pesan yang bisa kamu kirimkan: 

Selamat Siang Pak/BU,

Wawancara via telepon siang hari ini sangat menyenangkan dan saya sangat menantikan hal ini. Saya sangat senang belajar lebih banyak tentang misi perusahaan anda untuk membantu orang menemukan perusahaan dan karier yang mereka sukai, dan khususnya senang mendiskusikan visi perusahaan ini untuk memperluas produk konsumen. Saya sangat menantikan kesempatan untuk bergabung dengan tim anda.

Saya berharap dapat mendengar dari anda tentang langkah selanjutnya, beri tahu saya jika ada informasi lain yang dapat saya berikan untuk saat ini.

Salam.

7. Jangan ragu untuk mem-follow up jika tidak mendapatkan kabar

7 Tips Sukses Wawancara Via Telepon, Job Seeker Wajib Tahu!Pexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu tidak mendapat kabar selanjutnya dari wawancara yang telah dilalui dalam seminggu atau lebih, jangan ragu untuk mem-follow up untuk mengetahui hasil wawancara kamu kemarin. Bisa jadi, perusahaan mungkin masih melakukan wawancara dengan kandidat lain sehingga belum menelfon anda kembali.  

Dengan mem-follow up bisa jadi nama kamu kembali diingat dan masuk dalam list orang-orang yang dipertimbangkan.

Sebelum memulai wawancara, jangan lupa juga berdoa dan pertolongan dari Yang Maha Esa ya. Semoga berhasil dan lancar wawancara dengan 7 tips di atas.

Selamat berjuang para job seeker!

Baca Juga: 9 Potret Memikat Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Unik di Samarinda

Puteri rii Photo Community Writer Puteri rii

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya