Comscore Tracker

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digital

Sesuaikan kemampuan diri dengan jobdesk yang ada

Perkembangan dunia digital masa ini memang berpengaruh pada segala aspek kehidupan sosial kita, termasuk minat untuk bisa bergabung ke dalamnya. Begitu besar harapan dan impian anak millenial agar bisa menjadi bagian dari perkembangan era digital saat ini.

Oleh sebab itu, kini anak millennial lebih suka bekerja di sebuah platform digital yang membebaskan diri untuk berekspresi dan menuangkan kreativitas. Yuk, cari tahu dan asah kemampuan dan mental diri kamu sendiri agar siap bergabung dengan para pekerja di dunia digital!

1. Kemampuan berbahasa asing

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digitalpexel.com/pixabay

Dunia digital erat kaitannya dengan kemajuan teknologi yang didasari oleh kata-kata asing. Pekerja di industri digital umumnya sudah sangat akrab dengan penulisan dan bacaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris.

Kamu bisa memulainya dengan membuat Curiculum Vitae menggunakan bahasa Inggris. Meski terkesan sepele, hal ini bisa meningkatkan penilaian diri kamu.

2. Aktif berselancar di sosial media

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digitalpexels.com/Tracy Le Blanc

Sebagai calon pekerja kreatif di industri digital, kamu harus update tentang sosial media. Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, sampai Blog harus kamu kuasai.

Setidaknya kamu gak ketinggalan informasi tentang segala hal yang sedang hype. Sehingga, ketika dibuthkan informasi dengan sigap kamu bisa menjawab semua permasalahan yang sedang dihadapi oleh kantor kamu.

3. Memiliki kemampuan menulis

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digitalpexel.com/Bruce Mars

Kemampuan menulis sangat diperlukan di industri digital, karena hampir sebagian besar pekerjaan memfokuskan pada ide kreatif dan inovatif. Menulis, menggambarkan kemudian barulah menuangkan dalam berbagai visual.

Mulailah untuk melatih diri dengan membiasakan menulis, misalnya kegiatan kamu sehari-hari, mimpi-mimpi yang ingin kamu raih atau hal menarik lainnya. Lagi pula, sekarang sudah banyak lho pekerja lepas di industri digital. Tak perlu terikat dengan peraturan perusahaan, kamu bisa menjadi bos untuk dirimu sendiri.

Baca Juga: Serunya Bermain di 'teamLab', Ada Bunga hingga Binatang Digital!

4. Memahami jenjang karier industri digital

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri DigitalPexels.com/Helena Lopes

Menguasai ilmu desain bisa menjadi salah satu trik sukses terjun di dunia kerja digital. Pada dasarnya keindahan dalam sebuah wajah industri digital bermula dari tangan-tangan terampil dan pemangku ide yang siap memberikan sajian menarik yang tak pernah bosan dipandang.

Bahkan kamu harus bersiap dengan istilah-istilah baru dalam dunia industri digital di antaranya: digital marketer, data scientist, business intelligence, frontend engineer, ataupun backend engineer.

5. Menguasai ragam software dan aplikasi

Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digitalpexels.com/Marek Levak

Sepertinya benar ungkapan bahwa 'generasi millenial harus melek teknologi'. Hal ini menjadi kunci keberhasilan sebuah industri digital untuk bisa menarik pengguna digital. Bila tampilan yang diberikan menarik tentu akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Setidaknya kuasai terlebih dahulu, McAfee stinger, Adobe Reader, AutoCAD dan masih banyak lagi.

Itulah hal-hal yang harus kamu miliki dan persiapkan sebelum memulai karier di industri digital. Percaya diri adalah kunci dari semua hal tersebut, teruslah belajar dan mencari tahu tentang potensi yang kamu miliki.

Baca Juga: IDN Times Campus Roadshow: Serunya Kerja di Dunia Digital

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You