Comscore Tracker

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!

Singkirkan kebiasaan yang gak penting

Gajian merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pekerja. Mendapatkan hasil jerih payah usai menjalani rutinitas pekerjaan setiap harinya. Biasanya gaji dipergunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup selama satu bulan penuh.

Namun bagi millennials, mendapatkan gaji adalah hal yang paling ditunggu sekaligus juga paling menyedihkan. Kok bisa? Kebiasaan yang kerap terjadi di kalangan pekerja adalah gaji seakan numpang lewat saja. Lalu, sebenarnya apa sih penyebabnya?

1. Berprinsip belanja dulu nabungnya belakangan

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!pexels.com/rawpixel

Keinginan untuk membeli ini dan itu rupanya kerap melampaui batas kemampuan keuanganmu, sehingga gaji sering sekali keluar begitu saja. Hal ini pula yang menjadi alasan terbesar keuangan sering seret di pertengahan bulan, rasanya gaji tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan penuh.

Biasakan untuk menyisihkan uang yang akan ditabung, baru belanjakan sisanya. Jangan menabung hanya jika ada uang. Jika prinsip ini yang dipegang, maka kamu gak akan pernah bisa menabung sampai kapan pun.

2. Memberi penghargaan pada diri sendiri karena sudah bekerja keras sih boleh saja, tapi jangan kebablasan

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!pexels.com/rawpixel

Lelah karena telah bekerja keras rupanya sering membuat kamu salah kaprah. Pikiran kamu dipenuhi oleh penghargaan yang harus diberikan pada dirimu sendiri. Misalnya pemikiran, 'tak apalah bila harus membeli sepatu lagi kan sudah kerja keras', atau 'bulan ini saja kok bulan besok gak lagi', nyatanya bulan besok dikerjakan kembali dan terus menerus begitu.

3. Gesek sana sini di awal bulan, setelah itu baru bingung dengan tagihan kartu kredit yang membengkak

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!pexels.com/Bruce mars

Sebagai generasi millennials yang modern, penggunaan kartu kredit sudah menjadi suatu hal yang sangat biasa. Demi memenuhi keinginan kamu kerap memakai kelonggaran kartu kredit, tanpa disadari tagihannya sudah melampaui limit yang dimiliki. Kebiasaan buruk ini juga yang memengaruhi kenapa gajimu makin tak terasa keuntungannya.

Baca Juga: Dinilai Kalap, 5 Zodiak yang Harus Rajin Menabung Tahun 2019 ini

4. Mendewakan hobi di atas segalanya, masa iya rela kelaparan demi beli skincare atau gundam baru?

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!pexels.com/Markus spiske

Bagi kamu yang memiliki hobi dengan budget yang fantastis bersiaplah untuk berdamai dengan situasi dan kondisi. Bukan lagi cerita belaka, bila hobi kamu menjadi salah satu penyebab gaji makin gak terasa. Misalnya, kamu memaksakan membeli lensa demi memenuhi hobi fotografi, padahal uangnya belum cukup.

Bijaklah dalam mempergunakan uang yang kamu miliki. Bukan berarti tidak boleh punya hobi tapi cobalah memikirkan baik-baik saat ingin mengeluarkan uang.

5. Gaji pas-pasan, tapi gaya hidup bak sosialita atas nama pertemanan

 5 Penyebab Gajimu Hanya Numpang Lewat Saja, Yuk Introspeksi!pexels.com/pixabay

Semakin bertambah usia seharusnya kamu bisa memilah pergaulan mana yang membawa keuntungan atau kebangkrutan. Misalnya, setiap hari menghabiskan waktu nongkrong di kafe dan memesan menu-menu mahal.

Tiada hari tanpa nge-mall, dan pergaulan yang bikin kantong kamu kempes. Coba lebih bijak dalam memilih teman yang bisa memberikan banyak manfaat dalam hidupmu terutama keberlangsungan dompet kamu.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan kenapa gajimu sekadar numpang lewat saja. Yuk, coba untuk perbaiki pemasukan dan pengeluaran mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Tipe Orang Saat Menabung, Kamu Termasuk yang Mana?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya