Comscore Tracker

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meeting

#IDNTimesLife Jangan lupa lihat ke arah kamera, ya

Hidup di masa pandemik memang penuh tantangan. Berbagai perubahan terjadi dalam kehidupan kita termasuk dalam sistem kerja. Adaptasi dilakukan antara lain dengan memberlakukan sistem kerja secara remote atau jarak jauh tidak harus di kantor, sehingga makin banyak rapat online yang digelar.

Dalam artikel kali ini, IDN Times akan memberikan tips tampil lebih percaya diri saat online meeting. Penasaran apa saja tips dan triknya?

1. Siapkan background yang rapi

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@artempodrez

Agar tampil lebih profesional, kamu juga perlu mempersiapkan hal-hal kecil seperti background. Cari tempat yang nyaman, terlihat rapi, dan minim distraksi atau hal-hal yang mengalihkan perhatian orang.

Fokus utamanya bukan untuk memamerkan seberapa indah dekorasi ruangan yang kamu miliki. Ini lebih pada bagaimana latar meeting tersebut tidak menciptakan distraksi lain di dalam meeting kalian.

Kalau gak sempat beres-beres ruangan sebelum rapat, kamu juga bisa gunakan virtual background. Biar tetap profesional, kamu bisa pilih background yang netral ya! 

2. Duduklah dengan postur yang tegap

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Melalui postur duduk yang tegap, kamu tampak lebih percaya diri lho! Untuk itu, kamu bisa membeli laptop atau computer stand. Atau, kamu pun bisa menggunakan kursi dengan sandaran yang menyokong bagian belakang tubuhmu.

Kebiasaan duduk yang baik juga membuatmu lebih sehat. Dilansir purewow.com, Dr. Kellen Scantlebury dari Fit Club Physical Therapy and Sports Performance Center mengatakan bahwa sangat penting untuk menjaga pandangan ke arah depan demi menghindari gestur menekuk leher dan membungkukkan bahu terlalu sering.

Selain kurang nyaman dilihat, kedua hal tersebut bisa mengarah kepada sakit punggung jangka panjang dan permasalahan postur tubuh. Nah, jangan dibiasakan ya!

3. Berdandan agar wajah terlihat fresh dan pilih lipstik berwarna cerah

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@moose-photos-170195

Tips ini mungkin terkesan simpel, tapi tetap gak kalah penting lho! Saat kamu merasa nyaman dengan penampilanmu sendiri, hal itu juga akan memancarkan pesona kepercayaan diri yang tinggi.

Millie Morales, Hairstylist dan Makeup Artist, menyarankan untuk menggunakan lipstik berwarna cerah saat Zoom meeting.

"Trik kecil ini bisa membuatmu tampil lebih rapi dalam waktu sekejap, sebelum video call pakailah lipstik merah cerah. Wajah dan gigimu akan tampak lebih cerah tanpa perlu makeup tebal," tuturnya pada purewow.com.

4. Persiapkan lighting yang memadai sebelum memulai rapat

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@divinetechygirl

Persiapan teknis lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengatur lighting. Kalau kamu punya ruangan yang berjendela besar, kamu bisa duduk di depan jendela. Cahaya dari jendela akan membuat wajahmu cerah.

Kamu juga bisa menggunakan pencahayaan tambahan dari lampu belajar atau ring light yang kamu miliki. Jika kamu berkacamata sebaiknya atur agar cahaya lampu tidak jatuh langsung di kacamatamu sehingga menimbulkan relfeksi.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sering Bikin Orang Terintimidasi, Tegas Banget!

5. Tampil stylish dengan pakaian yang rapi dan nyaman

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@marcus-aurelius

Biar tetap bersemangat saat rapat online, kamu bisa siap-siap dengan pakai atasan kerja yang rapi dan nyaman. Hal ini akan membuatmu tampil lebih profesional dan pastinya penuh rasa percaya diri.

Biar gak mendistraksi peserta rapat lain, kamu bisa gunakan kemeja dengan motif dan warna yang netral. Dijamin kesan yang kamu bawa pun lebih berwibawa serta profesional.

6. Bicara dan tersenyum dengan melihat ke kamera

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@ketut-subiyanto

Perbandingan yang sering orang lakukan antara pertemuan virtual dan offline adalah kurangnya kebersamaan. Agar komunikasi yang kalian lakukan tetap terasa akrab dan hangat, kalian bisa saling mengaktifkan kamera dan tersenyum menghadap webcam.

Dengan menatap dan tersenyum ke arah webcam laptop atau kamera ponsel, kamu juga otomatis akan terlihat lebih percaya diri. Hal ini bisa kamu lakukan saat presentasi atau menyampaikan opini saat diskusi.

Dilansir presencetraining.co.uk, seperti saat mengobrol langsung dan menjaga kontak mata, sikap ini juga membuat lawan bicaramu jadi merasa lebih terkoneksi denganmu. Yuk, kita coba!

7. Persiapkan topik meeting dan bicaralah dengan lugas serta tenang!

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online Meetingpexels.com/@karolina-grabowska

Sebelum rapat dimulai, kamu bisa melakukan riset tentang topik diskusi terlebih dahulu. Dengan modal wawasan tersebut, kamu pasti akan merasa lebih percaya diri untuk menyampaikan pandangan saat diskusi.

Selain itu, kamu juga perlu belajar menyampaikan opini dengan suara yang lugas dan tenang. Karena seperti yang ditulis oleh presencetraining.co.uk, kebanyakan orang punya kebiasaan berbicara lebih cepat saat online meeting akibat merasa gugup.

Dari artikel yang dipublikasi oleh Forbes, kamu perlu memerhatikan perubahan nada bicaramu. Usahakan berbicara sejelas mungkin agar omonganmu mudah dimengerti.

8. Posisikan kamera sejajar dengan mata

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online MeetingUnsplash/Jeroen den Otter

Salah satu hal yang penting adalah meletakkan kamera baik webcam ataupun kamera HP yang kamu gunakan untuk meeting pada posisi sejajar dengan mata. Hal ini untuk menghindarimu menunduk sehingga menampakkan double chin atau wajah terlihat bengkak. 

Jika kamu menggunakan webcam yang melekat pada laptop, berikan sandaran misalnya tumpukan buku atau benda lainnya yang stabil di bawah laptop sehingga posisi kamera webcam laptop sejajar dengan mata. Jika kamu menggunakan kamera HP atau webcam portable, kamu bisa menggunakan tripod untuk mengatur ketinggian kamera.

9. Pilihlah ruangan yang hening tanpa gangguan suara lain atau orang lain yang berseliweran

9 Tips Tampil Memesona dan Percaya Diri ketika Online MeetingUnsplash/Chris Montgomery

Sebaiknya kamu melakukan meeting online di ruangan khusus yang tenang sehingga tidak mengganggu konsentrasimu saat mengikuti rapat.

Suara lain yang terdengar saat meeting atau orang lain yang mondar-mandir dan terlihat di kameramu akan membuat anggota rapat lainnya ikut terganggu. 

Itu dia 9 tips untuk tampil lebih memesona dan percaya diri saat rapat online. Meskipun tak berjumpa secara langsung tetaplah persiapkan dirimu agar orang lain pun senang dan nyaman melihatmu, serta dapat menerima pesan yang kamu sampaikan dalam rapat dengan baik

Baca Juga: 5 Cara Taklukkan Pacar yang Keras Kepala, Pakai Logika Bukan Emosi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya