Comscore Tracker

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!

Manfaatnya banyak, lho!

Balikpapan, IDN Times - Kulit jeruk mengandung nutrisi yang tak kalah dengan bulir jeruk. Pada kulit jeruk terdapat vitamin C, potasium, kalsium dan magnesium yang masing-masing nutrisi berperan penting untuk tubuh, rambut dan kulit. 

Vitamin C melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas hingga meningkatkan kesehatan kulit. Potasium membantu menghidrasi kulit sambil memastikan kelembaban alami kulit tetap terjaga. Kalsium mengobati kulit kering, gatal, dan bersisik.

Magnesium dapat menangkal penuaan dini. Kulit jeruk sebagai bahan body care bisa kamu coba perawatan di rumah nih! Istilahnya, do it yourself (DIY).  

Bisa langsung dicoba, berikut ini cara mengolah kulit jeruk untuk body care.

1. Mencuci jeruk

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi jeruk (freepik.com/yaroslavdanylchenko)

Sangat disarankan untuk menggunakan jeruk yang ditanam secara organik untuk membuat bahan body care karena jeruk yang ditanam dan diberi pestisida dan bahan kimia dapat menghilangkan manfaat dari kulit jeruk. Oleh karena itu gunakan jeruk kualitas organik atau idealnya produksi lokal.

Bilas kulit dengan benar dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran, pestisida, dan kotoran lain yang menempel di permukaannya. 

2. Potong kecil-kecil

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi kulit jeruk (freepik.com/azerbaijanstockers)

Gunakan pisau tajam atau jari untuk mengupas jeruk. Cobalah untuk memasukkan lapisan while albedo (bagian putih kulit jeruk) karena itu adalah bagian paling bergizi dari kulit jeruk.

Potong kecil-kecil kulit jeruk agar mempermudah pengeringan.

3. Keringkan kulit jeruk

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi kulit jeruk mengering (freepik.com/freepik)

Sebarkan semua kulitnya di atas nampan dan letakkan di bawah sinar matahari hingga kering. Pastikan menutupi baki dengan jaring atau kain tipis untuk mencegah serangga dan debu bersentuhan dengannya.

Bisa dibutuhkan waktu 4 - 5 hari agar kulit jeruk ini benar-benar kering di bawah sinar matahari langsung atau di musim panas, sebenarnya tergantung cuaca. Jika ingin mendapatkan proses yang lebih cepat, gunakan oven atau dehidrator.

Untuk mempercepat proses pengeringan bisa menggunakan oven dengan api kecil serta berhati-hatilah agar kulit jeruk tidak gosong Tergantung pada oven, dibutuhkan sekitar 1 - 2 jam pada suhu 35°C (95°F) hingga kering merata.

Biarkan pintu oven sedikit terbuka agar uap air keluar.

4. Blender kulit jeruk

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi blender (freepik.com/yuliiaka)

Setelah kering, pindahkan potongan kulit jeruk ke dalam blender, penggiling, atau alat lainnya yang dapat mengubah kulit jeruk menjadi bubuk. Kamu bisa menggunakan saringan besar untuk menyaring dan memisahkan bubuk yang masih kasar.

Jika telah mencapai konsistensi bubuk yang diinginkan, cukup pindahkan bubuk kulit jeruk ke dalam wadah kedap udara agar tidak lembab, ini bertujuan mempertahankan warna dan aromanya lebih lama. Bubuk kulit jeruk ini dapat bertahan hingga enam bulan.

Baca Juga: Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di Balikpapan

5. Sebagai kondisioner

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi creambath (pexels.com/rodnaeprod)

Kulit jeruk dapat digunakan pada kulit kepala untuk mengurangi ketombe dan kondisi berminyak. Kulit jeruk yang diolah menjadi hair mask dapat membantu untuk mengondisikan rambut dan membersihkan kulit kepala. Berikut bahan campuran dan cara membuatnya.

Bahan :

  • Bubuk kulit jeruk
  • Yogurt

Cara membuat :

  • Tambahkan bubuk kulit jeruk ke dalam yogurt dan buat menjadi pasta
  • Gosokkan campuran ini dengan baik ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama beberapa jam
  • Cuci dengan air dan sampo hingga bersih

6. Membasmi ketombe

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!Ilustrasi pria bercermin (freepik.com/pimnana)

Kulit jeruk mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menurunkan peradangan serta mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan gejala ketombe. Butiran bubuk kulit jeruk membantu mengelupas serpihan kulit mati yang menempel di kulit kepala. Berikut ini cara menggunakannya :

  • Tambahkan 1 sdm kulit jeruk yang baru digiling ke minyak rambut (kelapa/zaitun) dan aduk rata
  • Pijat campuran dengan lembut ke seluruh kulit kepala
  • Biarkan selama 1-2 jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut dan air biasa.

7. Melembabkan bibir

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi wanita memakai lipstick (pexels.com/yaroslavshuraev)

Miliki resep mudah untuk pelembap bibir beraroma harum yang efektif dan mudah dibuat. Bahan-bahan campuran lain seperti minyak almond dan gula ampu menambah khasiat dari DIY pelembab bibir berikut ini.

Sediakan wadah dan campurkan bubuk kulit jeruk, gula dan minyak almond secara bersamaan. Pastikan jumlah gula sama dengan jumlah bubuk kulit jeruk. Setelah tercampur, oleskan pada bibir selama 20-30 menit, lalu bersihkan. 

8. Face scrub

Mengolah Kulit Jeruk untuk DIY Body Care, Mudah dan Hemat!ilustrasi wanita menggunakan scrub wajah (pexels.com/polinakovaleva)

Campuran scrub yang terbuat dari santan, gula, dan bubuk kulit jeruk ini dapat berfungsi sebagai eksfoliator alami yang membantu mengangkat sel kulit mati hingga komedo putih. Berikut ini cara membuat dan mengaplikasikannya.

  • Campurkan dua sendok makan bubuk kulit jeruk, gula, dan santan untuk membuat pasta kasar
  • Oleskan scrub ke wajah dan leher
  • Gosok perlahan dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kulit mati dan terkelupas
  • Cuci scrub dan oleskan pelembab wajah
  • Ulangi seminggu sekali

Menggunakan kulit jeruk untuk perawatan tubuh ini selain mudah, kamu juga bisa hemat uang saku nih! Langsung cobain aja deh!

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

Shasya Khairana Photo Community Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya