Comscore Tracker

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikan

#IDMTimesLife Sesuai kebutuhan zaman

Pendidikan tinggi menjadi jalan untuk mendapatkan peluang karier dan profesi yang diinginkan. Kuliah adalah jenjang lebih tinggi dalam menuntut ilmu. Yang dipelajari pun akan lebih spesifik, sesuai dengan jurusan yang kita minati. 

Beberapa tahun belakangan, banyak profesi baru seperti influencer, YouTuber, makeup artist, dan banyak lagi. Mengikuti perkembangan tersebut, dunia pendidikan pun punya beberapa jurusan kekinian dengan prospek karier yang menjanjikan.

Jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan teman tanpa tahu jurusan yang dipilih, berikut IDN Times akan memberikan beberapa jurusan kuliah kekinian yang prospek kariernya menarik!

1. Jurusan Digital Media and Communication

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/pixabay

Mengikuti Revolusi Industri 4.0, tentu jurusan ini sangat diminati. Kreativitas menjadi hal penting dalam mengembangkan sebuah media digital dengan diiringi komunikasi yang baik.

Kamu akan belajar dan menggali ilmu mengenai dunia media (khususnya media digital), sosial ekonomi, budaya, dan inovasi dalam dunia digital. Belajar menulis dan komunikasi secara visual pun diajarkan di jurusan ini.

2. Jurusan Bisnis

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/Christina Morillo

Dunia bisnis kini menjadi semakin maju. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari kreativitas di dunia bisnis, cara memaksimalkan produk, dan memberikan pelayanan jasa ke konsumen.

Kamu juga akan mempelajari penciptaan produk yang inovatif supaya karyamu diminati konsumen. Karenanya, lulusan jurusan ini punya peluang menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

Baca Juga: Selain Beasiswa, Begini 5 Cara Dapat Dana Bantuan untuk Biaya Kuliah

3. Jurusan Tata Rias

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/Cleyder Duque

Makeup dan skincare semakin diminati oleh banyak orang. Untuk kamu yang memiliki minat akan hal tersebut, cocok banget untuk memilih jurusan ini! Nantinya kamu akan menjadi MUA (Make Up Artist) yang profesional.

Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini, antara lain jenis alat kecantikan, struktur wajah, teknik merias wajah dengan benar, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga akan memperoleh ilmu menata rambut dan perawatan kulit.

4. Jurusan Perfilman atau Filmografi

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/Martin Lopez

Profesi baru seperti vlogger, membuat jurusan ini pas buat yang memiliki minat dan cita-cita menjadi bagian dari profesi tersebut. Jurusan ini mengajarkan ilmu kreativitas, seni visual estetika, serta teknologi dan model grafis untuk film. Dengannya, kamu akan mahir dalam menggunakan kamera dan mengedit video.

5. Jurusan Fashion Design

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/cottonbro

Jurusan Fashion Design diminati karena fashion selalu mengalami perubahan. Prospek karier dari profesi ini juga cukup bagus di zaman sekarang.

Kamu akan belajar mulai dari  merancang busana, menggambar desain pakaian, memotong pola, hingga cara menjahit baju yang benar. Ketika lulus, kamu pun siap  menciptakan pakaian-pakaian yang modis dan kekinian.

6. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/Anthony Shkraba

Hampir semua bidang perusahaan dan industri, membutuhkan orang yang mahir dalam bidang desain komunikasi visual. 

Menarik saja gak cukup, lho! Oleh karena itu, dalam jurusan ini, kamu akan mendapat ilmu mendesain melalui software maupun secara langsung. Kamu juga diajarkan membuat  sebuah desain yang tepat sasaran dengan kondisi target konsumen.

Selain itu, kamu akan mempelajari berbagai soft skill lain yang sekiranya menunjang pekerjaanmu di bidang apa pun, seperti ilmu dasar komunikasi.

7. Jurusan Sastra Inggris

Kekinian, 7 Jurusan Kuliah Ini Prospek Kariernya Menjanjikanpexels.com/Rebrand Cities

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di berbagai negara untuk berkomunikasi. Saat ini, banyak perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia.

Bahasa Inggris pun menjadi bahasa utama yang dipakai dalam keperluan bisnis tersebut. Biasanya, lulusan sastra Inggris memiliki prospek menjadi penerjemah, komunikator dengan klien atau tim ahli dari luar negeri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itu dia beberapa jurusan kuliah yang kekinian dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Potensi kariernya pun menjanjikan. Kamu sendiri tertarik kuliah di jurusan apa?

Baca Juga: Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di Kampus

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya