Comscore Tracker

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui 

Kekayaan budaya masyarakat Kalimantan

Samarinda, IDN Times - Indonesia kaya dengan budaya dan adat istiadat yang khas tersendiri. Seperti di Kalimantan Timur (Kaltim) yang memiliki berbagai macam alat musik dengan bentuk dan cara memainkannya berbeda-beda.

Dalam ulasan ini, kami akan membahas beragam alat musik asal Kaltim. Simak ulasan ini lebih lanjut.

1. Alat musik genikng

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui Masyarakat Suku Dayak di Kalimantan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa

Genikng merupakan alat musik yang terlihat seperti gong, cara memainkannya pun sama dengan gong. Anda perlu memukul genikng agar menghasilkan suara.

Biasanya genikg digunakan untuk mengiringi suatu upacara atau tarian tradisional. Memainkan genikng dilakukan bersama dengan alat musik jatung utang.

Baca Juga: 6 Travel dari Samarinda ke Balikpapan yang Perlu Anda Tahu!

2. Alat musik tawek

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui suarasintang.com

Sama seperti genikng, tawek merupakan alat musik yang memiliki gong besar dengan tinggi 20 cm dan garing tengah 60 cm.

Tawek digunakan untuk memberikan pengumuman bila ada suatu kejadian tertentu, seperti terjadinya kebakaran, kematian seorang warga, dan pengumuman penting lainnya.

3. Alat musik uding atau uring

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui Event internasional digelar di wilayah Kalimantan Tengah. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww

Alat musik yang satu ini memiliki diameter 2-3 cm dan panjang sekitar 20 cm. Cara penyebaran alat musik uding melalui suku-suku yang sering berpindah tempat.

Biasanya alat musik ini lebih sering ditemukan di sekitar suku-suku yang tinggal di sekitar laut atau di pesisir laut.

4. Alat musik angkong

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui IDN Times/Sunariyah

Selanjutnya terdapat angkong yang terlihat seperti gong keil dengan tinggi 8 cm dan diameter 40 cm. 

Berbeda dengan alat musik pada umumnya, angkong tidak digunakan untuk menghasilkan bunyi, melainkan digunakan sebagai tempat duduk untuk orang tua laki-laki yang berasal dari golongan bangsawan.

5. Alat musik gemer

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui news.unair.ac.id

Terdapat gemer sebagai alat musik yang terbuat dari kayu di bagian yang dilubangi, serta ditutupi dengan kulit binatang di bagian tempat pukulnya.

6. Alat musik suliikng

Suliinkng terbuat dari batang bambu yang diberikan beberapa lubang agar dapat menghasilkan nada-nada suara.

7. Alat musik gambus

Gambus merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di petik. Alat musik tradisional yang satu ini berasal dari Timur Tengah.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Bengkel Mobil di Balikpapan, Lengkap dan Terjangkau

8. Alat musik lulung

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui Peragaan tari Dayak simbol masyarakat asli di Kalimantan. Foto istimewa

Lulung merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara di petik. Lulung sering dimainkan oleh wanita Dayak Kenyah.

9. Alat musik lutong

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui ilustrasi suku Dayak Ngaju (blog.ling-go.net)

Lutong merupakan alat musik yang terbuat dari kayu adau atau bambu. Cara memainkan lutong dengan cara dipetik.

10. Alat musik jatung adau

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui https://www.borneotoday.net/wp-content/uploads/2017/03/dayak-kali.jpg

Jatung adau merupakan alat musik dengan jenis membrafon yang memiliki ukuran garis tengah 45 cm, panjang 250 cm, serta lebar dibagian ekor sekitar 25 cm.

11. Alat musik jatung utang

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui www.reckontalk.com

Jatung utang merupakan alat musik yang dimainkan pada saat adanya acara tertentu, seperti upacara atau seni tari daerah.

12. Alat musik sampek

Sampek merupakan alat musik yang memiliki 3 buah senar dan digunakan saat adanya upacara adat yang disertai dengan seni tari tradisional.

13. Alat musik ketipung

Terdapat ketipung yang berbentuk gendang kecil dan terbuat dari kayu, kulit binatang, dan rotan. Biasanya dimainkan untuk mengiringi seni tari tradisional, seperti tari jepeng.

14. Sluding atau klentangan

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui netralnews.com

Sluding atau klentangan merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan sepasang batang kayu.

15. Alat musik kadire

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui Pembalap sepeda MTB Hungaria Attila Gerely (kedua kanan) menirukan tarian Dayak dihadapan dua pemain Prancis Quentin Schrotzenberger (kanan), Madison Boisseire (kedua kiri), Senin (29/8/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp

Ini adalah alat musik masyarakat Kaltim yang cukup unik. Kadire namanya. Alat musik ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan terbuat dari bahan bambu, labu, dan tempurung kelapa.

Untuk memainkannya, kamu perlu meniup bagian yang terbuat dari labu. Bagian penghasil suara adalah bagian yang terbuat dari tempurung kelapa. Alat musik ini sering kali dimainkan untuk mengiringi acara-acara tradisional masyarakat tradisional. 

16. Gong Dayak

Inilah 16 Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang Perlu Anda Ketahui Alat musik tradisional gong Suku Dayak. Foto Instagram lensa.dayak

Masyarakat Suku Dayak juga punya alat musik yang mirip gamelan di kelompok masyarakat Suku Jawa lho. Seperti contohnya, gong Suku Dayak. 

Banyak yang menyebutkan, ini merupakan benang merah pertalian antara kerajaan-kerajaan di zaman dahulu antara di Jawa dan Kalimantan. 

Pada prosesnya, gong Dayak dipergunakan dalam mengiringi tarian adat dan ritual-ritual adat bagi masyarakat Dayak Kalimantan. 

Mengejutkan kan, kekayaan budaya negeri kita ini? Pastinya, bikin takjub deh. 

Baca Juga: 10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya