Comscore Tracker

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Teh

Dari diare hingga osteoporosis

Kopi dan teh. Dua minuman ini umum diseruput kala pagi dan sore hari. Khusus teh, memang memiliki banyak fungsi dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, ternyata terlalu banyak mengonsumsi teh juga dapat memberikan efek buruk, lho!

World Health Organization (WHO) pun menyarankan asupan teh maksimal empat cangkir per hari. Jika lebih dari itu, bisa jadi malah efek buruk yang didapat. Di antaranya seperti di bawah ini.

1. Bisa membuat kamu anemia

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/nils-art

Kebanyakan minum teh bisa menyebabkan anemia bagi sebagian orang yang punya masalah dalam penyerapan zat besi. Berdasarkan sebuah penelitian milik Colorado State University, teh mengandung tanin yang dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 60 persen jika dikonsumsi terlalu banyak.

2. Jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu osteoporosis

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/Skitterphoto

Teh memiliki sifat diuretik atau membuat kita lebih sering buang air kecil, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Minum teh kebanyakan dalam sehari bisa meningkatkan kemungkinan kalsium terbuang dari tubuh melalui air seni.

Sedangkan, tubuh membutuhkan banyak kalsium untuk tulang. Jika kalsium banyak terbuang melalui urin, maka bisa memicu terjadinya osteoporosis.

3. Tak hanya kopi, minum teh juga membuatmu susah tidur

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/Foundry

Tak hanya kopi, teh juga mengandung kafein yang cukup tinggi. Meski lebih sedikit dibanding kopi, tetapi secangkir teh hijau atau teh hitam mengandung sekitar 40 miligram kafein.

Jika terlalu sering dan mengonsumsi teh dalam jumlah banyak, maka risiko kesulitan tidur bisa terjadi. Kalau sudah kecanduan, kamu bisa mengalami insomnia.

Baca Juga: 10 Jenis Teh yang Membawa Dampak Baik bagi Tubuh, Ada Favoritmu?

4. Mengandung kafein yang bikin ketergantungan

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/StockSnap

Ketergantungan bermula dari kebiasaan. Kandungan kafein dalam teh merupakan zat candu yang menyebabkan ketergantungan.

Jika kamu terbiasa minum teh, maka akan sangat sulit mengurangi jumlah konsumsimu atau berhenti sama sekali. Ketergantungan minum teh juga menyebabkan tubuh mengalami berbagai hal, seperti sakit kepala, lemas, dan beberapa efek lainnya.

5. Terlalu banyak minum teh juga sebabkan gelisah

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/congerdesign

Sejumlah orang terkadang memang membutuhkan asupan kafein untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, kafein juga memiliki dampak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering.

Kafein dalam teh pun demikian. Tubuh setiap manusia memiliki batas masing-masing untuk menerima asupan kafein. Kegelisahan, cemas, dan tidak tenang bisa dialami beberapa orang yang tidak terbiasa mengonsumsi terlalu banyak teh.

6. Dapat mengundang sakit diare

Awas! Ini 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Tehpixabay.com/congerdesign

Salah satu akibat yang terjadi jika berlebihan mengonsumsi teh adalah diare. Kandungan kafein pada teh memiliki efek pencahar bila dikonsumsi terlalu banyak.

Apalagi kalau kamu mengonsumsi teh hijau berlebihan. Minum teh kebanyakan dapat meningkatkan volume air, sehingga menyebabkan feses jadi encer. 

Nah, itulah beberapa efek buruk ketika kamu kebanyakan minum teh. Tetap jaga asupanmu ya, karena semua yang berlebihan akan berdampak buruk.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Kopi yang Cocok Menurut Zodiak, Ada Kesukaanmu?

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya