TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Jitu Mencegah Pertengkaran dengan Teman Kos

Perlu buat aturan agar sama-sama nyaman dan kondusif

Menghindari konflik teman kos (pexels.com/Liza Summer)

Samarinda, IDN Times - Hidup bersama dalam satu rumah kos sering kali menghadirkan tantangan tersendiri, terutama dalam mengelola hubungan dengan sesama penghuni. Konflik kecil yang muncul dari hal-hal sepele bisa menjadi pemicu ketegangan jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi setiap penghuni kos untuk selalu berkomunikasi dengan baik dan belajar memahami satu sama lain.

Membangun suasana yang harmonis di rumah kos bisa dilakukan dengan antisipasi dan tindakan pencegahan konflik. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mencegah dan mengatasi konflik dengan teman-teman kos.

1. Buat jadwal harian

Memiliki jadwal harian yang mengatur tugas-tugas seperti menyapu lantai, membersihkan dapur, menguras bak mandi, hingga jadwal memasak adalah langkah penting untuk menciptakan disiplin dan keteraturan di rumah kos.

Jadwal ini memastikan bahwa semua penghuni kos berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal, serta menghindari beban tugas yang hanya ditanggung oleh beberapa orang saja.

2. Bikin aturan di awal

Hidup bersama dalam satu atap yang sama tentu rentan terhadap konflik. Untuk mengantisipasi hal ini, penting untuk membuat daftar aturan dan tata tertib kos yang disepakati bersama.

Aturan ini bisa mencakup batasan waktu pulang, kebijakan penghematan listrik dengan mematikan lampu saat tidak digunakan, dan lain sebagainya. Kesepakatan yang jelas akan membantu menciptakan lingkungan kos yang lebih tertib dan nyaman bagi semua penghuni.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kafe dengan View Cantik di Sentul, Cocok untuk Bersantai

3. Atur penyimpanan pribadi

Barang-barang yang berserakan di ruang bersama sering kali menjadi pemicu konflik kecil antar penghuni kos. Jika barang-barang pribadi tidak muat di dalam kamar masing-masing, menyediakan rak penyimpanan tambahan bisa menjadi solusi.

Penghuni kos dapat patungan untuk membeli rak sederhana yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi di ruang bersama. Pastikan setiap orang memiliki ruang khusus untuk menyimpan barang-barang mereka sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

4. Jaga komunikasi

Komunikasi yang baik adalah kunci dalam mengelola hubungan dengan teman-teman kos. Jangan biarkan ketegangan muncul hanya karena kurangnya komunikasi. Usahakan untuk selalu menyapa teman kos, bahkan jika hanya sekadar lewat di depan kamar. Hal ini bisa mencegah munculnya prasangka buruk dan menjaga hubungan tetap harmonis. Selain itu, manfaatkan grup chat di media sosial untuk berdiskusi mengenai hal-hal ringan atau sekadar bercanda agar suasana tetap akrab.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, rumah kos yang harmonis bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Kunci utamanya adalah komunikasi yang baik, saling memahami, dan komitmen untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua penghuni.

5. Libatkan pemilik kos

Membawa teman lawan jenis di kos dan tidak membersihkan sampah sehingga menimbulkan bau memang membuat anggota kos terganggu dan tidak nyaman. Langkah utama yang harus dilakukan adalah menegur secara baik-baik orang yang bersangkutan

Apabila teman kos yang bersangkutan tidak menggubris dan tetap melakukan hal yang sama, kita bisa melaporkan pada ibu kos. Pemilik kos bisa menjadi penengah yang bijak dan dapat memberi jalan tengah atas permasalahan yang terjadi.

Dengan mengantisipasi konflik yang mungkin terjadi kita dapat menciptakan lingkungan kosan yang harmonis. Semoga dengan pemahaman ini, kita dapat tinggal bersama dengan lebih nyaman dan membangun hubungan persahabatan yang kuat.

Baca Juga: 7 Kuliner di Mal Living World Denpasar, Beragam Jenis

Verified Writer

Mega Ansav

Waspada dahulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya