Comscore Tracker

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopat

Orangtua perlu hati-hati mengasuh anak

Psikopat kejam tak hanya ada di film, tetapi juga di dunia nyata. Sebenarnya apa yang membuat seseorang menjadi psikopat yang tak punya perasaan?

Adakah kebenaran ilmiah di balik karakter ini? Kamu bisa tahu lebih lengkap di sini!

1. Penelitian ini menantang banyak asumsi tentang psikopat yang sudah beredar sebelumnya

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopattheatlantic.com

Penelitian ini juga menguraikan 2 definisi dasar pembentukan psikopat yang menyangkut orangtua mereka dan pola asuhnya. Ini hasil penelitian Aina Gullhaugen dan timnya dari Norwegian University of Science and Technology, yang dipublikasi di International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology pada tahun 2011. Penelitiannya dilakukan pada kriminal psikopat di penjara Norwegia.

2. Gullhaugen menyatakan di tahun 2012 bahwa tanpa pengecualian, semua psikopat pernah terluka meski dalam pengawasan orang yang merawatnya

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopatsbs.com.au

Menurut Gullhaugen, lebih dari setengah psikopat yang ia teliti ternyata mengalami pola asuh yang ekstrim dalam berbagai tingkatan. Baik mereka tinggal di lingkungan yang penuh kekerasan dan mengharuskan mereka tunduk serta dikontrol total, maupun lingkungan di mana gak ada yang peduli sama sekali.

Baca juga: Ini 8 Alasan Ilmiah Kenapa Beberapa Orang Menghindari Senggama

3. Utamanya ini disebabkan karena si anak merasa ditolak oleh lingkungan tumbuh kembangnya

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopatnytimes.com

Pada tingkatan yang lebih parah, ada juga orangtua otoriter yang membahayakan kemauan dan kemandirian anaknya. Para periset mengungkapkan bahwa ini bisa membentuk pribadi psikopat, yang menjadikan mereka bisa bertindak tak kenal ampun ke orang lain. Kurang lebih sadar secara sadis untuk mendapatkan apa yang ia butuhkan.

4. Teori penelitian ini menyatakan bahwa psikopat itu bukan hanya soal alami, tapi juga hasil diajari

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopatau.be.yahoo.com

Kombinasi dasar biologis (DNA), kepribadian, kerentanan individu dan komponen penting lainnya membentuk itu semua. Tentunya gak semua perilaku kelewat batas itu merupakan hasil dari pola asuh yang buruk, tapi perlu diingat bahwa kita juga gak bisa menurunkan kualitas kepribadian seutuhnya ke anak kita. Itulah inti penelitian ini.

Pola Asuh seperti Ini Terbukti Berpotensi Menjadikan Anak Psikopatawesomejelly.com

Pola asuh bisa berhubungan dengan pembentukan psikopat, sehingga orangtua perlu lebih hati-hati dalam bertindak. Selain itu kita juga jadi bisa memahami bahwa kehidupan emosional para psikopat itu lebih kompleks daripada yang mungkin kita alami. 

Baca Juga: Ada Alasan Ilmiah Kenapa Pria Perlu Masturbasi Setidaknya 21x Sebulan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya