Comscore Tracker

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannya

Bisa jadi masalah serius

Masalah keuangan merupakan salah satu masalah yang paling penting  dalam keluarga. Meski materi bukan tolok ukur kebahagiaan dalam keluarga, namun jika tidak terbuka tentang masalah keuangan pada pihak keluarga bisa menimbulkan masalah serius.

Terutama jika kamu memiliki keluarga besar yang setiap anggota keluarganya membutuhkan dukungan finansial. Berikut lima masalah yang bisa membuat kamu terperangkap jika tidak terbuka masalah keuangan.

1. Beberapa anggota keluarga akan selalu bergantung padamu

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannyaunsplash/Jessica Rockowitz

Ketika kamu memiliki pekerjaan tetap, keluarga akan menganggap keuanganmu selalu aman dan stabil. Tak heran jika banyak dari mereka yang menganggap kamu memiliki banyak uang. Membantu keluarga memang hal yang utama. Namun jika tidak memprioritaskan membantu dalam yang penting dan dalam batas wajar, maka akan memecah hubungan persaudaraan. 

2. Sulit menganggarkan tabungan

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannyafool.com

Menabung sangat penting untuk mengatasi hal-hal yang tak terduga. Adakalanya kita harus menyediakan dana darurat. Jika sudah menganggarkan keuangan dengan bijak, namun pengeluaran banyak teralihkan pada hal yang kurang penting, perlu dievaluasi. Keuangan yang seharusnya ditabung, bisa teralihkan oleh hal-hal yang sebenarnya bukan menjadi kewajibanmu. Misalnya, membelikan anggota keluarga barang demi tren semata.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Kamu Mulai Terbuka Soal Keuangan Sejak Pacaran 

3. Kesehatan fisik dan mentalmu dipertaruhkan

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannyathriveglobal.com

Tidak memiliki keamanan finansial bisa menjadi salah satu penyebab kamu mengalami stres. Anggota keluarga akan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pendapatan yang selama ini kamu rahasiakan. Lelah fisik maupun mental bisa kamu alami dikarenakan tertekan akan kondisi keuangan yang selalu dituntut untuk menghasilkan pendapatan sebanyak-banyaknya. 

4. Prioritas terabaikan

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannyasowetanlive.co.za

Kondisi keluarga bisa mendesak kita untuk berutang. Tanpa mengetahui sumber pendapatan, keluarga bisa mengasumsikan bahwa pengeluaran tersebut berasal dari pendapatanmu seutuhnya. Misalnya, ketika memiliki utang yang seharusnya diprioritaskan untuk dilunasi malah teralihkan dengan desakan keluarga yang sebenarnya tak terlalu penting atau hanya demi memenuhi gaya hidup.

5. Timbul komunikasi yang tidak terarah

Tak Bijak Merahasiakan Keuangan dari Keluarga, Ini Alasannyapexels.com/nappy

Dengan terbuka soal keuangan, keluarga akan memahami bahwa tak selamanya keuanganmu selalu stabil. Ketika kamu memilih merahasiakan kondisi finansialmu, asumsi yang berkebalikan dari pihak keluarga bisa membuat kalian berdebat. Jika keluarga mau memahami, maka mereka akan mengerti dan tidak menuntut banyak hal darimu. 

Itu dia masalah yang akan timbul jika kamu merahasiakan perihal keuanganmu terhadap keluarga.

Baca Juga: 5 Lifestyle Hack Agar Keuanganmu Tetap Aman, Nabung Jadi Lancar Deh!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akbar di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Merahasiakan Keuangan dari Keluarga Itu Gak Bijak

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya