Comscore Tracker

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working Parents

#IDNTimesLife Kerja sama menyelesaikan urusan rumah tangga

Banyak orangtua bekerja atau working parents memilih memperkerjakan asisten rumah tangga (ART). Namun beberapa working parents lebih memilih untuk tidak memperkerjakan ART, antara lain karena ingin berhemat atau mau menangani sendiri.

Tetapi ini bukan hal mudah karena orangtua bekerja harus membagi perhatian pada pekerjaan, mengurus anak, dan menangani pekerjaan rumah tangga. Urusan rumah tangga bisa sangat memusingkan dan bikin stres.

Untungnya, kemajuan teknologi bisa sangat membantu menyelesaikan urusan rumah tangga yang kadang menguras energi. Bagi kamu, orangtua yang tidak memiliki ART, simak strategi dari Grab Indonesia, yaitu tips urusan rumah tangga lancar tanpa ART.

1. Lakukan belanja bulanan secara online

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working ParentsIlustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mengelola waktu lebih efektif, lakukan belanja bulanan online. Kamu bisa mendapatkan bahan makanan segar dengan harga terjangkau.

Apalagi kalau kita punya segala macam hal yang harus diurus di rumah. Kamu bisa order langsung barang-barang yang kamu butuhkan melalui berbagai macam aplikasi yang menawarkan jasa untuk membeli keperluan sehari-hari.

2. Gunakan jasa laundry kiloan

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working ParentsIlustrasi usaha laundry. (IDN Times/Shemi)

Salah satu tugas yang menyita waktu adalah mencuci dan menyetrika. Manfaatkan jasa laundry kiloan saja. Terlebih, beberapa laundry kiloan kini menawarkan jasa antar jemput cucian.

Pastikan terlebih dahulu jumlah cucian yang kita berikan sama dengan saat dikembalikan. Jangan lupa juga untuk memisahkan pakaian yang sering kita gunakan, seperti seragam sekolah atau kantor karena biasanya jasa laundry butuh waktu sekitar 2-3 hari kerja.

3. Berbagi tugas dengan anggota keluarga

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working ParentsIlustrasi membersihkan rumah (pexels.com/Gustavo Fring)

Dalam menyelesaikan urusan rumah tangga, semua orang di dalamnya harus saling bekerja sama dan disiplin. Karena itu, kamu bisa membuat daftar pekerjaan, lalu bagi tugas tersebut dengan anggota keluarga yang lain, seperti pasangan atau anak.

Sebagai pengingat, kamu bisa menaruh daftar tugas tersebut di tembok ruangan yang jadi lalu lalang anggota keluarga agar semua orang dapat melihatnya dengan jelas. Jangan lupa juga untuk memberi reward pada anak yang sukses melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: 5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

4. Gunakan pembersih dengan teknologi mutakhir

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working Parentsmi.co.id

Dewasa ini, banyak sekali teknologi mutakhir yang bermunculan guna meringankan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah vacuum cleaner robot yang mampu membersihkan rumah tanpa harus diawasi atau dikendalikan, mesin cuci piring, dan lainnya.

5. Bersihkan rumah dengan cleaning service

5 Tips Anti Repot Urusan Rumah Tangga untuk Working ParentsIlustrasi membersihkan rumah (pexels.com/Nathan Cowley)

Cobalah jasa cleaning service selama seminggu atau sebulan sekali saat diperlukan. Buat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, jasa cleaning service mudah dicari melalui internet.

Itulah beberapa tips anti ribet dan stres agar pekerjaan rumah tangga tetap lancar meskipun tanpa ART. Rumah jadi nyaman dan bersih meskipun orangtua sibuk bekerja.

Baca Juga: 5 Hal Soal Rumah Tangga yang Pantang Kamu Tanyakan ke Teman

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya