Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik 

Jangan dimarahi, jangan pula dimanjakan

Menjadi orangtua bukan hal gampang. Menghadapi anak yang menangis, rewel, dan mengamuk di tempat umum seringkali membuat emosi orangtua memuncak. Belum lagi tatapan sinis orang-orang di sekitar pasti semakin membuat geram.

Menjadi pusat perhatian pada saat seperti itu, tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Kondisi anak mengamuk ini disebut juga tantrum. Umumnya, tantrum terjadi pada anak di berbagai macam usia.

Anak usia 1-3 tahun paling sering mengalami tantrum karena dalam tahap perkembangan sosial dan emosional. Di bawah ini merupakan beberapa metode hadapi anak mengamuk di publik.

1. Tetap tenang

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik Pixabay/Olichel

Menjadi perhatian orang karena si kecil yang rewel, pasti membuat orangtua tidak nyaman dan terkadang menjadi panik. Rasa panik ini yang biasanya membuat orangtua ingin mengambil langkah cepat dengan menuruti semua keinginan si buah hati.

Dengan menuruti keinginan si buah hati, harapannya semua masalah selesai. Padahal, hal seperti ini membuat anak merasa dapat mengontrol orangtua untuk menuruti semua keinginannya dengan mengamuk.

2. Ajak anak bicara dengan nada lembut

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik Pixabay/Bill Kasman

Semakin anak mengamuk, semakin halus orang tua berbicara. Ketika anak mengamuk, jangan balik memarahinya dengan nada tinggi. Ajak ia berdiskusi mengenai alasannya mengamuk dan apa yang diinginkan.

Menggunakan tutur kata yang jelas, akan memancing anak untuk mengedepankan kata-kata yang akan ia sampaikan. Lantas, ini akan mengalihkan perhatiannya dari tangisan yang cenderung memengaruhi emosi.

3. Biarkan anak mengeluarkan emosinya

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik Pixabay/mandyme27

Ketika anak terus mengamuk saat sudah diajak berbicara, biarkan ia mengeluarkan emosinya. Ketika keadaan tantrum, anak tidak bisa berpikir jernih dan dirinya sudah termakan emosi.

Yang harus dilakukan orangtua adalah diam dan perhatikan buah hati secara diam-diam. Jangan mengeluarkan reaksi negatif ataupun positif! Pada saat seperti ini, anak hanya mencari perhatian. Pada akhirnya, ia akan berhenti ketika emosinya sudah keluar.

Baca Juga: Mengenal Sosok Liliek Sulistyowati, Pahlawan bagi Anak-Anak ODHA

4. Peluk anak

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik Pexels/Josh Willink

Sentuhan akan memicu hormon oksitosin yang dapat menenangkan. Ketika anak rewel, beri ia pelukan yang cukup erat. Biarkanlah anak menangis dalam pelukan! Ini akan membantu meredakan emosi serta mengurangi rasa cemas dan frustasi.

5. Jangan manjakan anak ketika tantrum

5 Cara Menghadapi Anak yang Mengamuk di Area Publik Pixabay/Mabel Amber

Saat anak tantrum, orangtua jangan cepat menyerah dan memanjakan anak agar mereka berhenti mengamuk! Memanjakan anak hanya akan membentuk karakter negatif.

Anak akan selalu menuntut dan jika tidak mendapat apa yang diinginkannya, ia akan mengamuk. Di sinilah, peran orangtua harus tegas dan konsisten untuk membentuk karakter anak menjadi lebih baik.

Baca Juga: 11 Arti Nama Unik Anak-anak di Keluarga Besar Kardashian

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya