TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Barang yang Harus Kamu Siapkan sebelum Mengadopsi Anabul, Penting! 

Tips penting untuk calon dog owner

Seorang anak dan seekor anjing (www.pexels.com/Katrin Bolovtsova)

Mengadopsi anabul bisa menjadi salah satu pengalaman paling memuaskan dalam hidup. Tapi, sebelum kamu terlalu tergoda sama tingkah lucu mereka, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk melakukan adopsi.

Satu hal penting yang harus kamu tau, memelihara anjing bukan hanya soal memberikan kasih sayang, tetapi juga tentang tanggung jawab besar untuk memastikan mereka memiliki lingkungan yang aman dan nyaman, makanan yang cukup, perawatan yang memadai, dan cinta yang tak terbatas.

Jadi, sebelum kamu resmi menyandang gelar sebagai 'orang tua,' yuk, siapin 7 barang-barang penting ini biar kamu dan si anabul bisa enjoy bareng tanpa ribet!

1. Makanan yang berkualitas

Makanan adalah kebutuhan pertama dan utama buat si anabul. Pastikan kamu memilih makanan anjing yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan usia, ukuran, dan kebutuhan kesehatannya.

Jangan lupa untuk rajin konsultasi sama dokter hewan buat memastikan pilihan makananmu tepat!

Baca Juga: Mengenal Consecotalephobia, Rasa Takut Terhadap Sumpit

2. Tempat makan dan minum

Kamu perlu menyediakan mangkuk khusus untuk makanan dan air. Pilih mangkuk yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Ada baiknya kamu pilih mangkuk stainless steel atau keramik karena lebih higienis dan tahan lama dibandingkan plastik.

3. Tempat tidur yang nyaman

Anabul juga butuh tempat tidur yang nyaman. Pilih yang empuk dan ukurannya sesuai dengan anjingmu. Jangan lupa buat beli tempat tidur yang bisa dicuci, karena kadang mereka bisa kotorin tempat tidur mereka sendiri.

Tempat tidur yang nyaman akan membantu anabul merasa aman dan tidur dengan nyenyak.

4. Kalung dan harness

Tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris, kalung dengan tag yang mencantumkan nama anabul dan kontak pemilik bisa menjadi hal sangat penting untuk menjaga keamanan anjing kamu apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain kalung, harness juga menjadi barang yang wajib dimiliki. Sebisa mungkin, pilih harness yang nyaman dan sesuai ukuran si anabul biar kamu bisa mengendalikan anjingmu dengan baik ketika sedang beraktivitas diluar ruangan.

5. Kandang dan pet carrier

Kandang bisa menjadi tempat ideal bagi anjing, terutama saat kamu lagi gak bisa awasi mereka. Kandang juga bisa jadi tempat aman buat mereka beristirahat.

Selain kandang, kamu juga harus siapin pet carrier yang berguna ketika kamu perlu membawa mereka ke dokter hewan atau bepergian.

6. Peralatan grooming

Perawatan bulu adalah bagian penting dari kesehatan anabul. Selalu sediakan sisir, sikat, gunting kuku, dan sampo khusus anjing.

Peralatan grooming ini akan membantu menjaga bulu anabul tetap bersih dan sehat, serta mengurangi kerontokan bulu di rumah.

7. Mainan anjing

Barang lain yang tentunya gak kalah penting buat si anabul adalah mainan. Mainan bisa membantu mereka tetap aktif dan selalu terhibur.

Beli mainan yang aman dan tahan lama, seperti bola atau mainan kunyah. Mainan juga bisa membantu mengurangi kebosanan dan kecemasan anabul pas kamu lagi gak ada di rumah.

Sebelum adopsi, pastikan rumah kamu aman. Simpan benda berbahaya di tempat yang aman. Buat zona khusus untuk barang-barang berharga yang gak boleh dijangkau anjing. Gimana? Sudah siap mengadopsi anabul? Jangan lupa siapkan barang-barang di atas ya!

Baca Juga: 4 Jenis Fobia Langka yang Jarang Disadari, Kamu Wajib Tahu!

Verified Writer

Bimantara

ga bisa terbang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya