Comscore Tracker

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampah

Nomor 9 bisa ternyata!

Sampah yang semakin menggunung tentu mengkhawatirkan. Upaya penyelamatan lingkungan dan pengurangan sampah terus dilakukan. Kini, makin banyak orang yang memikirikan cara untuk menghasilkan pembuangan atau limbah sesedikit mungkin. Semua demi hidup yang lebih efisien. Makin efisien jika sesuatu bisa digunakan ulang terus-menerus.

Ada lho benda rumahan yang seperti itu. Melansir onegreenplanet.org, ini 10 di antaranya!

1. Wadah kaca, kontainer atau kaleng

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampaherg.com

Kaca dan logam mudah didaur ulang, tapi kamu bisa lho menggunakannya berkali-kali. Wadah kaca dan kaleng bisa digunakan untuk tempat penyimpanan perlengkapan dapur, vas, celengan, alat tulis kantor, ataupun alat untuk di kamar mandi.

2. Galon, botol soda plastik dan wadah plastik lainnya

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahmerlinpackaging.com

Gunakan kembali galon untuk menyimpan biji-bijian atau sesuatu yang lain. Botol soda plastik juga bisa jadi pot tanaman, untuk menyimpan makanan burung, atau benda kecil lainnya. Selain itu, plastik juga bisa gunakan berkali-kali. Misalnya botol shampo, sabun, dan wadah-wadah dari plastik lainnya bisa terus dipakai berulang-ulang.

3. Koran, majalah dan tas kertas

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahpinterest.co.uk

Terlalu banyak kertas-kertas di tempatmu? Kamu bisa memanfaatkannya menjadi hiasan kamar dengan cara klipping dan di pigura.

Kamu juga bisa membuat amplop-amplop unik darinya, untuk berbagai keperluan. Selain itu, jika kalau kamu memang sangat niat, kamu bisa menyulapnya menjadi wallpaper ruanganmu jika kamu menemukan gambar-gambar yang cocok.

4. Baju, handuk dan perlengkapan tempat tidur

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahhuffingtonpost.com

Jangan pernah membuang semua ini kecuali karena sebab tertentu seperti habis digunakan untuk menangani orang yang terkena penyakit menular. Kamu selalu bisa berkreasi dengan semua jenis kain bekas baik dalam bentuk baju, handuk ataupun perlengkapan tempat tidur. Dari barang-barang tersebut, kamu bisa membuat jenis barang-barang yang sama juga, seakan memiliki sesuatu yang baru. Handuk bekas bisa dijadikan keset, atau baju bekas bisa diolah kembali menjadi tas, busana dari kain perca, atau kreasi lainnya.

5. Biji-bijian

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahcenterforfoodsafety.org

Selalu kumpulkan biji-bijian ketika kamu habis memakan sesuatu yang berbiji. Cari tahu cara mudah untuk menanamnya. Kalau sukses, kamu jadi memiliki kebun kecil-kecilan sendiri, kan?

Yang bisa jadi makin besar dan membuatmu gak harus belanja buah lagi. Kamu juga bisa membuat berbagai macam hiasan ruangan dari biji-bijian lho!

Baca juga: 10 Korban Pembunuhan Ini Berhasil Menyelesaikan Kasus Mereka Sendiri

6. Buangan laundry

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahbusinessinsider.com

Kamu juga bisa perhatikan buangan laundry. Kadang kamu akan menemukan benang, kancing yang terlepas dan masih banyak buangan laundry lainnya di penyaringan mesin cucimu. Jangan dibuang! Karena kamu masih bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal.

Benang akan menjadi aksen yang sangat indah untuk membuat kertas daur ulang. Sedangkan sampah laundry lainnya bahkan bisa menjadi penghias pot tanamanmu baik bagian luarnya, maupun dalamnya (jika potnya transparan).

7. Tas plastik

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahsmashedpeasandcarrots.com

Ketika kotak serealmu sudah habis, simpan kantong di dalamnya. Cuci dan keringkan supaya bisa terus kamu gunakan ulang.

Kamu bisa menggunakannya untuk membungkus makanan lagi untuk bekal, untuk menampung kotoran hewan, atau untuk pelapis tempat sampah. Apabila cukup besar, kamu bahkan bisa menjadikannya sebagai kantong belanja sayur, buah dan daging yang higienis.

8. Barang kamar mandi

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahquaydental.com.au

Sikat gigi yang sudah lama bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian perabot rumah/barang elektronik yang susah dijangkau, membersihkan barang-barang pribadi seperti sepatu bahkan untuk membantu mengoleskan cat rambut. Tempat pasta gigi kosong bisa kamu cuci dan digunakan untuk membuat frosting/icing pada kue.

9. Barang pecah belah yang rusak

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahsmallbiztrends.com

Kumpulkan pecahan barang pecah belah untuk digunakan ulang sebagai penghias perabot, pot tanaman, jalan setapak di pekarangan atau pembatas di kebun rumahmu. Kamu juga bisa menyulap pecahan tersebut menjadi seperti batu perhiasan dengan proses yang tepat. Cangkir bekas pun bisa kamu gunakan untuk menanam tanaman kecil yang menjadi pemanis mejamu.

10. Perabot lama

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahsydneyrubbishservices.com.au

Percantik dan perbaiki perabotan lamamu, jangan membuangnya. Gunakan lagi dengan menambahkan elemen baru, atau membongkarnya dan menggunakan bagian-bagiannya untuk keperluan lain. Gantung laci di dinding untuk membuatnya menjadi rak atau kotak/papan serbaguna.

10 Benda yang Bisa Kamu Gunakan Berulang Kali, Kreasi Kurangi Sampahpersonalcreations.com
 
Mulailah peduli lingkungan dan tak asal membuang barang. Pikirkan apa fungsi lain dari benda yang kamu buang itu. Jika memang masih bisa dipakai dan kamu tak memerlukannya bisa kamu sumbangkan atau memberikannya kepada pihak yang bisa mendaur ulang sampahmu agat tetap berguna.

Baca juga: 32 Hal Ini Biasa Bagi Orang Rusia tapi Dijamin Bikin Kamu Melotot

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya