Comscore Tracker

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Ini

Kendalikan percakapannya

Manusia sebagai makhluk sosial memerlukan kemampuan untuk membangun percakapan dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari, baik secara verbal maupun media lainnya. Seringkali karena ego, kita ingin memenangkan percakapan dan berakhir menjadi perdebatan.

Padahal tanpa harus berdebat, kamu bisa menguasai percakapan itu lho. Kamu bisa menguasai percakapan bahkan bersama orang menyebalkan dengan 6 cara ini!

1. Mulai dengan sebuah pujian

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Iniicebreakerideas.com

Pujian yang spesifik adalah hal terbaik untuk memulai percakapan. Ini akan membuat lawan bicaramu merasa dihargai. Misalnya kamu memulai dengan memuji penampilannya atau prestasi terbarunya.

2. Hargai percakapan-percakapan sederhana

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Inipsychologytoday.com

Percakapan sederhana akan membuka jalan lebih mudah untuk percakapan yang lebih berat. Banyak kok topik sederhana yang bisa kamu angkat seperti makanan atau film favoritnya, bahkan cuaca saat itu.

3. Ajukan banyak pertanyaan

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Inird.com

Kalau kamu ingin menggiring ke percakapan yang lebih berbobot, kamu perlu mengajukan banyak pertanyaan. Mengajukan pertanyaan juga akan membuatmu mengetahui sudut pandangnya dan alasannya, tanpa mengharuskanmu berdebat.

Baca juga: Inilah 7 Cara Tersantai untuk Menghadapi Orang yang Arogan

4. Selalu jaga kesopanan

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Iniprialto.com

Tingkat keakraban yang kamu anggap pada lawan bicaramu belum tentu berlaku sama sebaliknya. Selalu perlakukan temanmu yang seakrab apapun dengan sopan, karena senyum dan gestur terbuka itu selalu dibutuhkan dalam percakapan berkualitas.

5. Biarkan lawan bicaramu yang banyak bicara

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Inird.com

Kalau kamu banyak mengutarakan pendapatmu, justru kamu gak akan menguasai percakapan karena lawan bicaramu akan bosan. Ajukan pertanyaan yang membuat ia berbicara banyak dan karena ia yang mengatakannya sendiri, kamu bisa menggarisbawahi omongannya. Misalnya kamu bertanya, "tapi menurutmu salahmu di mana?" bukannya mengatakan, "kamu itu salah dalam hal ini dan itu."

6. Biarkan percakapan tetap berlangsung ringan mengalir

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Inifotoventasdigital.com

Biarkan topik-topik ringan mengalir begitu saja sampai pada pembahasan utama yang ingin kamu sampaikan. Kalau belum apa-apa kamu sudah membicarakan keluhan, curhatan atau opinimu terhadap sesuatu, besar kemungkinan kamu akan berusaha dihindari.

Trik Kuasai Percakapan Apapun, Gunakan 6 Cara Ampun Initalaera.com

Jadi dengan menguasai 6 trik ini, kamu gak perlu lagi capek bersilat lidah dengan lawan bicaramu. Coba mulai praktikkan cara-cara ini ke kawan-kawan terdekatmu. Setelah itu kamu bisa terapkan ke orang baru, kenalan baru, rekan kerja, partner bisnis, dan siapapun untuk tetap mendapat respek dan tetap menguasai percakapan.

Baca juga: 7 Cara Terbaik untuk Menghadapi Orang yang Negatif Melulu

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You