Comscore Tracker

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama Ramadan

#RamadanDiRumah Manfaatkan bulan Ramadan penuh berkah ini

Seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia saat ini tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Semua orang ingin melakukan kebaikan dan memperoleh berkah di bulan paling suci ini.

Apalagi selama Ramadan terdapat malam paling istimewa yang dikenal dengan Malam Seribu Bulan atau Lailatulqadar. Artinya, pahalanya setara dengan ibadah selama seribu bulan.

Lalu, apa saja amalan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda selama bulan Ramadan ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Berpuasa

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama Ramadanarchive.boston.com

Selain salat lima waktu, ibadah bulan Ramadan paling utama dan hukumnya wajib adalah berpuasa. Rasulullah SAW besabda: "Barang siapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Berpuasa tidak hanya menahan haus, lapar, serta nafsu yang lainnya. Kita juga mesti menjauhkan diri dari kegiatan maksiat. Ketika berpuasa, pahala dari amalan ibadah yang menyertainya juga otomatis akan dilipatgandakan.

2. Membaca Al-Qur'an

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama Ramadanfreepik.com

Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu amalan berlipat yang sayang dilewatkan selama Ramadan. Meskipun hanya satu huruf, membacanya akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Al-Qur'an sendiri, juga diturunkan pada bulan Ramadan. Kesadaran membaca Alquran tertera jelas pada salah satu firman Allah SWT: "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil." (QS. Al-Baqarah: 185).

Semakin banyak kita membaca ayat suci, semakin mudah rezeki yang akan diperoleh. Allah juga akan memudahkan segala urusan serta menenangkan pikiran dan hati.

3. Salat malam

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama Ramadanfreepik.com

Salat sunah pada saat bulan Ramadan yang dianjurkan Rasulullah SAW bukan hanya Tarawih dan Witir, tetapi juga salat Tahajud. Salat Tarawih yang dilaksanakan hanya pada bulan Ramadan ini memiliki keutamaan, yakni rahmat, maghfirah atau pengampunan dosa, serta pembebasan dari api neraka. 

Baca Juga: Makin Diberkahi, Ini 5 Manfaat Hebat dari Sedekah dalam Hidupmu

4. Bersedekah dan membayar zakat fitrah

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama Ramadannu.or.id

Nabi Muhammad selalu menganjurkan kita bersedekah atau beramal jariyah, terutama saat Ramadan. Rasulullah bersabda: "Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun." (HR. Ahmad)

Membayar zakat fitrah bertujuan untuk melengkapi dan menebus kesalahan yang dilakukan selama berpuasa di bulan Ramadan. Rasulullah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan diri dari kesia-siaan dan kata-kata keji, dan memberi makan fakir miskin.

"Barang siapa menunaikannya sebelum salat hari raya, maka zakatnya diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah salat, maka itu dimaknai sebagai sedekah biasa." (HR. Abu Daud)

5. Makan sahur dan menyegerakan buka puasa

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama RamadanIDN Times/Rizka Yulita

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari makan sahur. Badan jadi lebih kuat dan memberi energi selama puasa. Dalam hal kesehatan, makan sahur akan menghindarkan kita dari diabetes dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Rasulullah bersabda: "Lakukanlah santap sahur, karena dalam santap sahur terdapat keberkahan." (HR.Bukhari dan Muslim)

Selain itu, pahala sederhana lainnya pada bulan Ramadan yang berlipat lain adalah menyegerakan berbuka puasa. Rasulullah bersabda: "Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka." (HR.Bhukari).

6. Ibadah umroh

Pahala Ibadah dan Amalan Ini Dilipatgandakan selama RamadanJemaah umrah melakukan tawaf di Masjidil Haram (IDN Times/Mela Hapsari)

Amalan lain yang bisa dilakukan bagi yang mampu yakni melaksanakan umroh selama Ramadan. Rasulullah bersabda: "Umroh pada bulan Ramadan sama pahalanya seperti melakukan haji."

Ibadah ini sangat besar pahalanya jika dilakukan pada bulan puasa, sehingga disejajarkan dengan ibadah haji. Meski begitu, ibadah umroh tidak bisa serta merta menggantikan ibadah haji.

Jadi itulah beberapa amalan ibadah yang mengandung pahala berlipat ketika dilaksanakan pada bulan Ramadan. Yuk, perbanyak ibadah dan amalan di bulan suci ini!

Baca Juga: Ladang Pahala, Ini 5 Salat Sunah yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya