Comscore Tracker

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampion

Apa ya, makna barongsai?

Perayaan Imlek sarat dengan tradisi yang unik dan menarik. Menjelang dan saat imlek kita akan temukan lampion, pertunjukan barongsai hingga warna merah dan emas yang menonjol. 

Namun,  tahukah kamu makna dari semua simbol imlek tersebut? Berikut merupakan macam-macam simbol imlek dan maknanya!

1. Angpau

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionthehoneycombers.com

Memberi angpau sudah menjadi tradisi dalam perayaan imlek. Tradisi ini mengartikan harapan agar penerima angpau dijauhkan dari roh jahat. Selain itu, memberi angpau juga menjelaskan keberkahan dari orangtua yang dilanjutkan untuk anak-anaknya.

Angpau juga melambangkan nasib baik dan mengusir energi negatif. Pemberinya adalah orang yang sudah menikah, sedangkan penerimanya adalah anak-anak atau orang yang belum menikah.

2. Warna merah dan emas

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionunsplash/Drahomír Posteby-Mach

Warna merah dan emas identik dengan perayaan imlek. Bagi masyarakat Tionghoa, merah merupakan lambang kebahagiaan sedangkan emas merupakan lambang keberuntungan. 

3. Tempelan kertas

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionunsplash/Light L

Kita juga sering melihat aksara mandarin dalam sebuah kertas saat perayaan imlek. Kertas biasanya bertuliskan kata-kata bijak yang ditempelkan di pintu atau jendela. Kata-kata ini bermakna doa dan harapan agar hal-hal yang baik masuk ke rumah.

4. Barongsai dan naga

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionpexels/Vladislav

Siapa yang suka menonton pertunjukan barongsai saat imlek? Pertunjukan barongsai dan naga bertujuan untuk mengusir makhluk buas agar tak mengganggu. Dalam Tionghoa, naga juga merupakan simbol kekuatan.

Baca Juga: 7 Resep Makanan Khas Imlek, Makin Seru Masak Bareng Keluarga

5. Pangsit dan jeruk mandarin

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionunsplash/Charles

Saat perayaan Imlek, kamu bakal banyak menemukan makanan pangsit dan jeruk mandarin. Makanan sehat ini melambangkan harapan akan kesehatan yang baik di tahun mendatang.

6. Petasan

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionpexels/Designecologist

Layaknya pergantian tahun baru umum, perayaan Imlek juga kerap ditandai dengan petasan. Dalam imlek, petasan berhubungan dengan cerita kuno tentang makhluk buas bernama 'nian' yang berhasil diusir berkat petasan. Oleh karena itu, petasan menjadi lambang harapan nasib baik selama satu tahun ke depan.

7. Lampion

7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampionpexels/mentatdgt

Perayaan Imlek juga identik dengan dekorasi lampion. Umumnya lampion ini dibuat dari kertas berwarna merah. Akhirnya, nyala lampion akan memancarkan cahaya merah. Nyala merah lampion inilah yang menjadi simbol pengharapan akan keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan di tahun yang akan datang.

Demikian macam-macam simbol imlek beserta maknanya. Selamat merayakan tahun baru Imlek 2571, yang jatuh pada 25 Januari 2020 ini. 

Baca Juga: 15 Kata Bahasa Inggris Ini Bertemakan Imlek lho, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya