Comscore Tracker

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari Psikolog

#IDNTimes Kamu sedang stres atau gak, cek di sini

Stres bisa dialami oleh banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang menyadari dirinya stres. Sebenarnya ada sejumlah tanda yang muncul saat seseorang sedang stres baik dari segi fisik maupun mental. 

Dalam acara "Time and Stress Management During Pandemic" yang diselenggarakan oleh Forum Jurnalis Perempuan Indonesia, Sabtu (12/12/2020), Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengungkapkan tanda kalau kamu stres tapi gak menyadarinya. Kira-kira apa saja ya?

1. Tubuh

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari PsikologPsikolog Rosdiana Setyaningrum dalam Forum Jurnalis Perempuan Indonesia. 12 Desember 2020. IDN Times/Klara Livia

Kamu bisa menilai apakah sesungguhnya kamu mengalami stres terselubung dengan melihat perubahan pada tubuhmu sendiri. Tubuh akan menunjukkan gejala-gejala stres yang kamu alami.

"Biasanya badan mulai bertingkah. Misalnya, sering sakit kepala, rambut rontok, bagian pundak dan punggung pegal-pegal," ungkap Rosdiana.

2. Emosi

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari Psikologhancinema.net

Umumnya, mereka yang mengalami stres bakal lebih sensitif, mengalami emosi tak stabil, dan sering tak merasa percaya diri. Di satu sisi, mereka juga bisa menyingkirkan emosinya dengan bertindak apatis.

"Bisa jadi cuek atau terlihat lebih dingin, seakan gak merasa peduli dengan apa pun di sekitarnya," papar lulusan magister psikologi Universitas Indonesia ini.

Baca Juga: 5 Tips Saling Menghargai meski Sudah Putus dari Mantan

3. Pikiran

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari Psikologhancinema.net

Umumnya, mereka yang mengalami stres sulit untuk memiliki pemikiran tenang dan positif. Kepalanya penuh dengan kekhawatiran dan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

"Kalau sudah overthinking, jadi labil, sulit untuk memutuskan. Sering kali, pemikiran-pemikiran ini terbawa dalam mimpi buruk sewaktu tidur," terang Rosdiana. 

4. Tindakan

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari Psikologhancinema.net

Apakah akhir-akhir ini kamu rawan mengalami bahaya karena tindakanmu sendiri? Apakah kamu menjadi tak nafsu makan? Atau mungkin kamu kesulitan tidur di malam hari?

Semua gejala tersebut merupakan tanda stres terselubung berikutnya. Tanpa sadar, kamu mengalami perubahan tindakan untuk menyesuaikan kondisi mentalmu.

"Kalau teman kamu ada yang bilang tindakanmu berubah, tapi kamu gak menyadarinya, ini bisa jadi tanda kalau kamu stres," ungkapnya lagi.

5. Trik sederhana untuk melepaskan stres

Kamu Stres tapi Gak Menyadarinya, Ini Tips dari Psikologdok. Rosdiana Setyaningrum

Tentu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres. Namun, kalau kamu ingin metode yang sederhana dan bisa dilakukan kapan saja, kamu bisa meniru metode dari Jepang ini. Kamu cukup menekan jari-jarimu bergantian lho!

"Lakukan ini setiap malam, atau setiap merasa stres, nanti bisa berangsur-angsur pulih. Kalau misal gak pulih juga, kamu mungkin perlu ke psikolog untuk mengetahui akar masalah stres lebih dalam," kata Rosdiana.

Itulah kamu mengalami tanda-tanda di atas? Bisa dicoba tuh tips praktis cara melepaskan stres. Tetaplah bersyukur, segera selesaikan sumber masalah penyebab stres, dan lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk meredakan ketegangan.

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 5 Tips agar Merasa Lebih Baik setelah Putus Cinta

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya