Comscore Tracker

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu Tahu

Jangan sampai terjebak dengannya!

Banyak orang baik, tapi banyak pula yang bersikap baik karena ada maunya. Salah satunya adalah tipe penjilat.

Seorang penjilat akan melakukan apa saja demi mendapatkan apa yang ia inginkan, entah itu dengan cari perhatian di depan orang-orang, pura-pura baik dan peduli, atau setuju dengan opini banyak orang hanya agar disukai meski opini itu buruk sekalipun.

Berikut ini beberapa ciri-ciri penjilat agar kamu bisa lebih waspada, simak ya!

1. Selalu setuju dengan opini orang lain

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu TahuPexels.com/Fauxels

Ciri pertama dari seorang penjilat adalah dia akan selalu setuju dengan apa yang banyak orang katakan demi disukai. Ia bersikap selalu setuju untuk menunjukkan ia berpihak pada mereka dan mendapat perhatian dan pengakuan yang ia mau. Bahkan seorang penjilat tidak akan peduli jika opini atau hal yang disetujuinya itu buruk, lho.

Baca Juga: 5 Hal Tetap Harus Kamu Prioritaskan Meski sedang Menjalin Hubungan 

2. Saat bersama dengan orang penting ia selalu ingin terlihat paling baik dibanding yang lain

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu TahuPexels.com/Fauxels

Saat kumpul bersama teman, atau bersama rekan kerja yang juga menyertakan atasan atau orang penting dalam acara, maka seorang penjilat akan berusaha terlihat sebagai sosok yang paling baik dibanding yang lain. Baik itu dengan menyombongkan diri, atau menyepelekan orang lain agar dirinya terlihat lebih baik.

3. Memuji dan bersikap manis saat ada maunya

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu TahuPexels.com/Mental Health America (MHA)

Berlebihan dalam memuji dan bersikap manis juga merupakan salah satu ciri dari seorang penjilat, dan biasanya ia melakukan itu jika sedang ada yang diinginkan. Jadi dia berusaha mendapatkan hatimu dulu baru dia akan memanfaatkanmu. 

4. Menyebarkan rumor untuk kepentingan sendiri

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu TahuPexels.com/Fauxels

Segala jenis rumor dan gosip sangatlah disukai oleh mereka yang merupakan seorang penjilat, terutama jika gosip atau rumor itu menyangkut hal pribadi orang di sekitarnya. Sebab dia bisa menggunakannya untuk kepentingan pribadi, entah itu dengan menyebarluaskan rumor itu atau bahkan menyudutkan pihak lain.

5. Hanya berani berargumen dengan kata-kata pintar

Waspada, Ini 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Kamu TahuPexels.com/Fauxels

Ciri kelima dari seorang penjilat ialah dia hanya berani berargumen dengan kata-kata yang menunjukkan kepintaran tanpa ada bukti nyata dari sikapnya. Alias, ia menggunakan kata-kata agar dirinya terlihat pintar dan punya prinsip. Akan tetapi jika dihadapkan pada hal yang lebih besar, maka ia pasti diam saja karena takut mengambil risiko.

Itulah lima ciri seorang penjilat yang bersikap baik cuma karena ada maunya. Waspadalah saat bertemu dengan orang atau kolega seperti ini.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh afifah hanim di IDN Times Community dengan judul 5 Ciri Seorang Penjilat yang Harus Diwaspadai, Jaga Jarakmu Ya!

Baca Juga: Menyendiri Ternyata Punya Manfaat, Ini 5 Diantaranya...

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya