Comscore Tracker

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal 

Waktu yang berlalu tak akan kembali lagi

Menua itu pasti, tak ada yang bisa lolos dari proses alam tersebut. Meski begitu ada orang yang menikmati masa tuanya dengan bahagia, namun ada pula yang larut dalam penyesalan. Perasaan menyesal itu karena sebenarnya kesusahannya di masa tua bisa dihindari sejak ia muda.

Supaya kita tidak termasuk di dalamnya, penting sekali untuk mengenal, apa saja hal-hal yang mesti kita jauhi dari sekarang, supaya masa tua nanti bisa dijalani tanpa rasa sesal. Apa saja?

1. Tidak menjaga kesehatan

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal pexels.com/@kampus

Saat muda, kita sering merasa bisa melakukan apa saja. Badan masih sehat, gerak masih lincah, energi pun selalu ada. Tapi sering tidak disadari, semakin usia kita bertambah, maka fungsi tubuh pun menurun. Dan apabila kita tidak menjaga tubuh ini dengan seharusnya, akan sangat mungkin masa tua dihabiskan dengan bolak-balik ke rumah sakit.

Jika diberi pilihan, menjalani masa tua dengan sehat, ke mana-mana tak harus ditemani anak atau cucu, dibanding dengan tua sakit-sakitan. Tidak hanya membuat repot anak menantu, tapi juga membuat kacau kondisi finansial.

Tentunya kita ingin opsi yang pertama, bukan? Bisa sehat terus sehingga tak perlu bergantung sana-sini dan menikmati masa tua dengan sehat.

Untuk itu, sedari sekarang, yuk terapkan pola hidup sehat! Mulai dari rutin berolahraga, perbanyak minum air putih, batasi minuman dan makanan manis, perbanyak makan buah dan sayur, batasi makanan berlemak dan pangan olahan, serta cukup istirahat.

2. Bertahan dalam pekerjaan yang dibenci

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal Pexels.com/Yan

Apakah kamu pernah menemui orang tua yang sudah puluhan tahun bekerja di kantor, tapi tampak sekali tak ada gairah dalam menjalani profesinya. Sungguh menyedihkan, bukan?

Faktanya memang tidak semua orang bisa bekerja berdasarkan passion-nya. Jika hal itu yang terjadi, maka cobalah untuk mencintai pekerjaan yang sudah ada.

Tapi kalau kondisinya bukan tak hanya bisa memberi kebahagiaan, malah kamu membenci pekerjaan itu, maka cobalah keluar dari zona nyaman dan cari pekerjaan lain yang kamu suka, mumpung masih muda!

3. Mengabaikan keluarga dengan alasan mencari nafkah

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal pexels.com/@ketut-subiyanto

Dengan dalih demi memenuhi semua kebutuhan keluarga, banyak orang usia produktif yang menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan bekerja. Tanpa berusaha menyeimbangkan kehidupan pribadi, yakni memberi waktu untuk keluarga.

Mungkin saja mereka akan sukses, kaya raya, rumah megah, tanah di mana-mana. Tapi sisi lain hidupnya gak beres. Rumah tangga penuh pertengkaran, anak menjadi nakal karena kurang asuhan dan kasih sayang, dan sebagainya.

Banting tulang untuk keluarga memang wajib, tapi yang perlu disadari, kebutuhan manusia tak hanya lahir saja, tapi batin juga.

Anak yang diasuh dengan orangtua yang penuh kasih sayang, mereka pun tumbuh dewasa dengan rasa hormat dan cinta pada orangtuanya. Orangtua juga kok, yang nantinya akan untung, karena tidak akan ditelantarkan anak sendiri ketika sudah lanjut usia.

Baca Juga: Ladies, Ini 7 Tanda Pacarmu Layak Jadi Suami Idaman

4. Foya-foya

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal pexels.com/@olly

Mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar, tak serta merta membuat seseorang kaya dan aman finansial. Jika gaji yang besar itu hanya dihabiskan untuk foya-foya dan sama sekali tidak dialokasikan untuk investasi atau tabungan, maka ketika hal tak terduga terjadi, ia bisa miskin seketika.

Kita mengambil hikmah dari masa pandemik yang hingga kini masih berlangsung. Tak ada yang menyangka bahwa pandemik ini akan berjalan sangat lama. Akibatnya, banyak perusahaan (termasuk yang besar sekalipun), gulung tikar. Menyebabkan jutaan orang di dunia ini terkena PHK.

Oleh sebab itu, sejak dari sekarang, persiapkan kondisi finansialmu dengan matang. Selain mencegah bangkrut saat hal tak terduga terjadi, kamu pun bisa menjalani masa tua dengan mandiri, tanpa harus menengadahkan tangan pada anak atau saudara.

5. Menunda-nunda ibadah

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal pexels.com/@hamza-habib-1301613

Muda foya-foya, mati masuk surga. Ini adalah contoh pola pikir ngawur dan tak bisa diterima akal sehat. Ada hikmahnya kenapa Tuhan merahasiakan umur tiap orang. Hal itu membuat manusia jadi berhati-hati dalam berperilaku.

Selagi badan sehat, usia masih muda, dan masih bernapas, hendaknya kita berusaha menjadi manusia yang baik, di mata Tuhan maupun di mata manusia. Karena tak akan ada yang menjamin detik berikutnya kita masih hidup. Jadi, yuk siapkan bekal sebanyak-banyaknya buat tabungan nanti di akhirat! Jangan lagi menunda-nunda ibadah ya.

6. Menuruti orang lain dan mengabaikan kemauan diri sendiri

Hindari 6 Hal Ini Agar Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal pexels.com/@samerdaboul

Saat masih muda, kita cenderung mengikuti kemauan orang lain, supaya diterima dalam pergaulan. Namun tak selamanya apa yang baik di mereka, akan baik pula di kamu. Karena tiap orang punya karakter, latar belakang, serta hasrat yang berbeda-beda.

Cobalah kejar apa yang kamu mau dan menjadi diri kamu sendiri, selagi ada waktu. Jangan sampai tua nanti, terus hidup berandai-andai karena dulunya lebih mendengarkan kata orang dibanding kata hati sendiri.

Saat hari tua tiba, tentunya kita ingin hidup bahagia dan sejahtera. Manfaatkan masa mudamu untuk mempersiapkan masa tuamu untuk menghindari penyesalan kemudian, karena waktu tak kan berulang kembali.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh L A L A di IDN Times Community dengan judul Ingin Masa Tuamu Bebas Rasa Sesal? Hindari 6 Hal Ini Sejak Sekarang!

Baca Juga: Yuk, Cintai Diri Sendiri dengan The Five Love Language

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya