Comscore Tracker

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan 

#IDNTimesLife Jangan sampai putus salatnya

Salat tarawih merupakan salah satu ibadah istimewa di bulan Ramadan. Meskipun bersifat sunah tetapi sangat penting untuk dilaksanakan. Yusuf Kalasi, S.Ag dalam portal gorontalo.kemenag.go.id menyampaikan detail anjuran mengerjakan salat tarawih.

Bersumber dari Sayyidina Ali bin Abi Tholib, berikut ini beberapa keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. Yuk, simak!

1. Keutamaan tarawih malam pertama hingga keenam

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan IDN Times/Dwi Agustiar

Malam pertama tarawih, kamu akan kembali seperti saat dilahirkan oleh ibumu. Pada malam kedua, diampuni segala dosa dan juga kedua orang tua, jika keduanya mukmin.

Sementara pada malam ketiga, seorang malaikat berseru di bawah ‘Arsy: "Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat". Lanjut malam keempat, kamu akan memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur'an.

Pada malam kelima, Allah SWT memberikan pahala seperti pahala orang yang salat di Masjidilharam, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjidilaqsa. Sedanglan pada malam keenam, Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang bertawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.

2. Keutamaan di malam ketujuh hingga keduabelas melaksanakan salat tarawih

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Malam ketujuh, seolah-olah kamu mencapai derajat Nabi Musa As dan kemenangannya atas Firaun dan Haman. Pada malam kedelapan, Allah Ta’ala memberi apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim As. Malam kesembilan, seolah-olah kamu beribadah kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadahnya Nabi Muhammad SAW.

Allah Ta’ala mengaruniaimu kebaikan dunia dan akhirat pada malam kesepuluh. Sedangkan, pada malam kesebelas, kamu akan keluar dari dunia seperti saat dilahirkan dari perut ibu. Pada malam kedua belas, kamu akan datang pada hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan di malam purnama.

3. Keutamaan di malam ketiga belas hingga kedelapan belas salat tarawih

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan IDN Times/Anjani Eka Lestari

Pada malam ketiga belas, kamu akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan. Malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian bahwa kamu telah melakukan salat tarawih, maka Allah tidak menghisab pada hari kiamat.

Pada malam kelima belas, kamu didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi. Malam keenam belas, Allah menerapkan kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.

Malam ketujuh belas, kamu akan diberi pahala seperti pahala para Nabi. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, "Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah rida kepadamu dan kepada ibu bapakmu."

4. Keutamaan di malam kesembilan belas hingga kedua puluh empat

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan freepik.com/Rawpixel

Sementara keutamaan salat tarawih pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat dalam surga Firdaus. Malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan orang-orang yang saleh.

Sedangkan, malam kedua puluh satu, merupakan awal dari lingkur ketiga, yakni penghapusan dosa, di mana Allah membangun untukmu sebuah gedung dari cahaya. Pada malam kedua puluh dua, kamu akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.

Malam selanjutnya, malam kedua puluh tiga, Allah akan membangun untukmu sebuah kota di dalam surga. Malam kedua puluh empat, kamu akan memperoleh dua puluh empat doa yang dikabulkan. 

5. Keutamaan di malam kedua puluh lima hingga ketiga puluh

Keutamaan 30 Hari Salat Tarawih di Bulan Ramadan, Penuh Ampunan IDN Times/Feny Maulia Agustin

Lalu, pada malam kedua puluh lima, Allah Ta’ala menghapuskan azab kubur. Malam kedua puluh enam, Allah mengangkat pahala selama empat puluh tahun. Sedang, malam kedua puluh tujuh, kamu akan dapat melewati shirat pada hari kiamat bagaikan kilat yang menyambar.

Pada malam kedua puluh delapan, Allah mengangkat seribu derajat dalam surga. Malam kedua puluh sembilan, Allah memberi pahala seribu haji yang diterima, dan pada malam ketiga puluh, Allah berfirman: "Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu dan engkau hambaKu."

Itulah keutamaan salat tarawih yang penuh berkah dan ampunan sehingga sayang apabila tak dilaksanakan. Salat tarawih juga tidak harus dilaksanakan di masjid tetapi juga bisa di rumah terutama saat masa pandemik ini. Semoga amal dan ibadah kita diterima Allah SWT.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber: Sedekah Subuh Dahsyat Kabulkan Semua Hajat

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya