Comscore Tracker

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benar

Ikuti langkah-langkahnya

Peliharaan favorit di dunia ini suka kebersihan. Kucing, bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilat sekujur tubuhnya dengan lidahnya. Namun, seringkali tubuh kucing kita terlalu kotor akibat debu, lumpur dan kotoran sehingga kita perlu memandikannya.

Memandikan kucing tidak bisa sembarangan, lho! Intip dan terapkan langkah-langkah di bawah ini!

1. Potong kuku kucing sebelum dimandikan

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarprettylittercats.com

Sebelum mulai memandikan, ada baiknya jika kamu memotong kuku kucing terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalkan rasa panik dan tegang kucing saat terkena air. Bisa jadi, kucing tiba-tiba memberontak dan mencakar kita. Luka yang diakibatkan cakaran kucing bisa membekas dan memicu infeksi di kemudian hari.

Setidaknya, potong kuku kucing beberapa jam atau 1-2 hari sebelum dimandikan. Ini bertujuan supaya kucing punya waktu untuk menenangkan diri. Namun, kamu harus super hati-hati agar tidak memotong kuku terlalu pendek sehingga bisa menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.

2. Selanjutnya, sikat bulu kucing

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarbustle.com

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menyikat bulu kucing. Menyikat berguna untuk menyingkirkan bulu yang kusut dan simpul yang lebih sulit dilepaskan dan lebih menyakitkan ketika dalam kondisi basah.

Ada beberapa kucing yang suka ketika disikat bulunya dan mereka justru tertidur karena merasa nyaman. Namun, ketika kucing cenderung memberontak ketika disikat, berikan snack sebagai treat bagi kucing. Ingat, jangan melewatkan langkah ini, ya!

3. Gunakan sampo untuk kucing

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarcatster.com

Karena ketidaktahuannya, beberapa orang akan memberikan sampo manusia untuk memandikan kucing. Padahal, formula dan bahan yang ada di dalamnya tidak cocok untuk kucing! Menggunakan sampo manusia membuat bulu kucing rontok, kulitnya jadi mengering dan bahkan menjadi racun bagi kucing!

Tenang, sampo kucing gampang diperoleh, kok! Cukup kunjungi toko kebutuhan hewan (petshop) terdekat. Baca petunjuknya sebelum memandikan kucing. Oh ya, memakai sampo anjing untuk kucing juga tidak disarankan! Lebih baik, memandikan dengan air saja daripada dengan produk yang bisa membahayakan kucing.

4. Buat kucing lelah, sehingga mereka tidak memberontak ketika dimandikan

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarsoftpaws.com

Kapan waktu yang pas untuk memandikan kucing? Disarankan agar memandikan kucing dalam keadaan mereka lelah sehabis bermain. Ini supaya kucing tidak memberontak, menggigit atau kabur saat dimandikan. Kamu juga bisa memandikan kucing setelah mereka kekenyangan sehabis makan.

Jika kucing masih bertenaga, bermainlah dengan mereka sampai kucing kehabisan energi. Lalu, kamu bisa membawanya ke kamar mandi untuk dimandikan. Kamu juga bisa menaruh mainan di bak mandi, sehingga kucing fokus untuk bermain. Lalu, perlahan-lahan masukkan air ke dalam bak tanpa kucing sadari.

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'

5. Siapkan bak mandi dan gunakan air hangat

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarpetmd.com

Selanjutnya, mari kita siapkan bak mandi. Pertama, beri alas kain atau handuk di bagian bawah bak mandi. Ini berguna supaya bagian alas tidak licin bagi kucing dan mencegahnya dari risiko tergelincir. Selain itu, alas berguna supaya kucing merasa lebih aman dan nyaman.

Lalu, isi bak mandi dengan air hangat. Pastikan suhunya aman untuk kucing, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Mengisi bak mandi dengan air lebih dulu berguna supaya kucing tidak kabur ketika kita memasukkannya ke dalam bak mandi. And then, balurkan air perlahan-lahan ke tubuh kucing. Setelah basah, beri sampo pada kucing.

6. Pijat-pijat lembut untuk membuatnya nyaman

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarmedium.com/DrWink

Sejatinya, memandikan kucing lebih mudah jika ada 2 orang. Satu orang bertugas memegang kucing supaya tidak memberontak, satu orang lain bertugas memandikan, memberi sampo dan membasuh kucing. Apalagi, jika kucingmu berukuran besar dan bertenaga kuat, satu orang mungkin akan kewalahan memandikan kucing seorang diri.

Lalu, setelah membalurkan air ke tubuh kucing, berikan sampo dan pijat-pijat lembut tubuh kucing. Ini berguna supaya membuat mereka merasa nyaman. Sampo bisa digunakan di bagian leher, tubuh, kaki, perut dan ekor. Sementara, untuk bagian kepala, gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air, lalu bersihkan bagian mata dan hidung apabila ada kotoran.

7. Jangan lupa mengeringkan bulu kucing!

Wangi dan Makin Gemesin, Ini 7 Cara Memandikan Kucing dengan Benarcatcareofvinings.com

Setelah usai dimandikan, kini saatnya mengeringkan kucing. Ambil handuk dan lingkarkan ke tubuh kucing. Tepuk-tepuk handuk supaya air menyerap dan mengeringkan bulu kucing yang basah. Ganti dengan handuk yang baru ketika handuk sudah basah dan kucing belum kering.

Jika kucingmu berbulu pendek, maka mengeringkannya dengan handuk sudah cukup. Tetapi, jika kucingmu berbulu panjang, maka perlu gunakan pengering rambut (hair dryer) dan atur dengan suhu hangat. Sambil dikeringkan dengan hair dryer, kamu bisa menyisir bulu kucing supaya tidak kusut.

Nah, itulah 7 langkah-langkah memandikan kucing yang benar. Kamu bisa terapkan untuk memandikan kucing manis kesayanganmu.

Baca Juga: Kucing 101: 5 Cara Memandikan Anak Kucing dengan Benar

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya