Comscore Tracker

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding 

Ruangan terlihat lebih atraktif

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekoruma

Ruang yang lebar, seperti apartemen studio atau rumah dengan model open space alias tanpa penyekat membutuhkan kreativitas untuk memilih penyekat ruangan yang tepat dan menimbulkan kesan rumah yang lebih dinamis.

Ruangan yang luas, terbuka, dan hanya diisi oleh furnitur bisa tampak datar dan membosankan. Maka dari itu, penyekat ruangan bisa menjadi aksen penting untuk menghidupkan suasana rumah. 

Penyekat ruangan yang tepat tidak hanya berfungsi untuk memisahkan antar area, tapi juga mempercantik ruangan, menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang lain, dan memberikan kesan ruangan yang lebih luas, dinamis, dan rapi. 

Maka dari itu, buat kamu yang suka dengan kepraktisan dan estetika yang dibawa oleh penyekat ruangan, Dekoruma punya lima inspirasi penyekat ruangan yang bisa digunakan di rumahmu. 

1. Rak buku

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding vicoinstitute.org

Buat kalian para bookworm yang punya koleksi buku banyak, gunakan rak pemisah atau yang dikenal dengan shelf divider. Dengan menggunakan rak buku ini, kalian bisa memisahkan antar ruang, misalnya ruang keluarga dengan ruang makan. Di saat yang bersamaan, koleksi buku beserta barang-barang dekoratif lain diletakkan di penyekat ruangan ini untuk lebih menghidupkan ruangan. 

2. Tembok tanaman

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding botanicadesign.ru

Tak hanya buku dan dekorasi, kalian bisa memenuhi rak pemisah dengan tanaman dalam ruangan. Kalau kamu sibuk dan tidak sempat merawat tanaman dengan rutin, gunakan tanaman palsu.

Rak tersebut akan bertransformasi menjadi tembok tanaman yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain. Ruangan pun akan terlihat lebih segar dan alami dengan dominasi warna hijau dari tanaman yang digunakan.

3. Penyekat gaya Jepang

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding archzine.it

Ingin menghadirkan penyekat bernuansa Jepang? Coba yang satu ini! Ada aneka model yang bisa dipilih, seperti panel penyekat yang bisa dilipat dan berdiri atau langsung pakai model pintu panel geser dengan aksen Jepangnya yang ikonik.

Penyekat dengan model ini akan jadi aksen yang menarik dan standout untuk rumahmu. Juga, hampir semua gaya dekorasi interior cocok apabila menambahkan penyekat jenis ini. 

Baca Juga: Desain Cerdas Rumah Mini Seluas 90 m yang Punya Konsep Bernuansa Bali

4. Tirai

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding home-designing.com

Tirai lazim dipakai sebagai pemisah antar ruangan, tapi banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan tirai. Jangan sampai salah memilih model tirai karena bisa jadi mirip tirai pemisah di kamar rumah sakit.

Gunakan rel tirai yang punya nilai estetika, begitu juga tirainya sendiri. Tirai dengan warna putih atau abu-abu translucent, tirai dengan warna yang terang dan menonjol, atau tirai dengan motif yang elegan. 

5. Batangan bambu atau kayu

Intip 5 Penyekat Ruangan Rumah, Tak Melulu dari Dinding docplayer.es

Untuk aksen natural lain, cobalah memakai penyekat ruangan dari batangan bambu atau kayu yang disusun sedemikian rupa. Pengrajin-pengrajin bambu dan kayu hingga perusahaan furnitur besar juga memiliki partisi ruangan jenis ini dalam berbagai ukuran, model, dan jenis kayu atau bambu yang berbeda-beda. Selain kesan alami, penggunaan penyekat model ini memberikan suasana elegan pada ruangan.

Jadi sudah kebayang mau sekat rumahmu dengan apa? Pastikan sekat ruangan juga sesuai dengan dekorasi rumahmu.

Baca Juga: 8 Ide Kreatif Menyulap Garasi Rumah Menjadi Ruang Favoritmu

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You