Comscore Tracker

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliah

Kamu harus pandai melihat peluang di depan mata!

Usai lulus dari kampus, tentu besar harapan bagi para fresh grraduate diterima di kantor terbaik, gaji besar dan kehidupan super nyaman. Berandai-andai boleh saja, tak ada yang melarang. Namun, kehidupan setelah lulus dari kuliah gak semudah itu.

Ada saja halangan serta rintangan yang harus kamu hadapi. Kedewasaanmu akan semakin diuji, berikut gambaran nyata kehidupan setelah lulus kuliah!

1. Bakal dihadapkan dengan sejumlah pilihan yang membingungkan

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliahpixabay.com/pixource/

Sebagian orang akan merasa bingung setelah lulus mau ngapain? Mau kerja atau menikah? Mau lanjut kuliah lagi untuk jenjang magister?

Saking banyaknya pilihan, kamu akan merasa sulit banget untuk memilihnya. Terjadi kebingungan untuk menuruti kata hati atau menentukan pilihan berdasarkan tuntutan zaman.

2. Persaingan ketat dalam dunia kerja bakal membuat kamu stres

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliahunsplash.com/@jonathanborba

Saat kamu memutuskan masuk dalam dunia kerja. Maka, siap-siap saja sebab kamu akan berperang melawan sekian ribu lulusan yang juga mencari pekerjaan. Persaingan ketat seperti ini, bisa membuat kita panik dan stres. Kalau sudah berkali-kali mendapatkan penolakan, stresnya bisa sampai luar biasa!

3. Bakal gak percaya diri saat melihat teman lebih sukses, sementara kamu masih merintis

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliahpixabay.com/free-photos/

Tatkala melihat kawan satu angkatan lebih sukses, maka rasa tidak percaya mulai menjalar bak virus. Ada yang sudah menikah punya mobil sendiri, rumah sendiri, terus bisa jalan-jalan di luar negeri.

Rumput tetangga itu memang akan selalu terlihat lebih hijau. Padahal, gak jauh beda lho! Teman-teman lainnya pasti pernah merasa tidak percaya diri melihat nasib teman yang lainnya lagi.

Baca Juga: Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Dulu!

4. Kondisi tak percaya diri itu kemudian berbuah rasa iri, saat melihat kawan lebih enteng menjalani hidup

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliahunsplash.com/@laughayette

Si A sudah diterima di perusahaan X, si O mau lanjutin beasiswa di luar negeri, dan sejumlah prestasi lainnya. Rasa minder dan kurang percaya diri itu akhirnya berbuah rasa iri, apalagi kehidupan kamu biasa saja.

Ingin sekali rasanya bertukar nasib dengan mereka. Apalagi ketika ditanya, “Sudah kerja di mana?” dan ia punya jawaban yang pasti. Sementara kamu, ini menjadi pertanyaan berat untuk dijawab oleh mereka yang belum kerja.

5. Nekat melamar posisi apa pun saat putus asa karena lamaran kerja belum diterima

Menguji Kedewasaanmu, Ini 5 Gambaran Kehidupan Setelah Lulus Kuliahunsplash.com/@priscilladupreez

Mencoba idealis dalam memilih pekerjaan itu, boleh saja. Namun, ketika tak kunjung diterima bekerja, banyak yang melamar pekerjaan di posisi apa pun yang tak sesuai dengan jurusannya. Mereka lelah untuk menunggu dan mencoba. Pokoknya, dapat gaji dan gak malu-maluin waktu ditanya orang saja.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Karier untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliah

Itulah gambaran kehidupan setelah lulus kuliah. Kelihatan menyeramkan, namun kamu tak perlu takut! Selalu ada jalan terbaik tersedia di depan mata, pandai melihat peluang dan persiapkan diri dengan baik menangkap kesempatan tersebut. Semangat, ya!

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya